Tutup Tahun 2024, Shopee Berhasil Jual 1 Miliar Produk UMKM Lewat Fitur Live

Tutup Tahun 2024, Shopee Berhasil Jual 1 Miliar Produk UMKM Lewat Fitur Live
E-Commerce

Tutup Tahun 2024, Shopee Berhasil Jual 1 Miliar Produk UMKM Lewat Fitur Live

Tutup 2024, Shopee Berhasil Jual 1 Miliar Produk UMKM Lewat Fitur Live

Tutup 2024, Shopee Berhasil Jual 1 Miliar Produk UMKM Lewat Fitur Live # Sumber : Pixabay

GadgetDivaShopee membeberkan pencapaiannya selama tahun 2024. Salah satunya ialah berhasil menjual lebih dari 1 miliar produk UMKM lewat fitur Shopee Live.

Data tersebut juga diperkuat dengan kenaikan jumlah kreator hingga 50% lebih banyak dibandingkan dengan tahun 2023. Hal ini menunjukkan bahwa fitur tersebut berdampak positif terhadap penjualan produk UMKM.

Lebih lanjut, data internal tersbeut juga menunjukkan bahwa fitur interaktif live streaming tersebut telah digunakan oleh berbagai penjual maupun kreator. Tercatat Shopee Live telah ditonton sebanyak 735 juta jam sepanjang tahun 2024.

Di sisi lain, sepanjang tahun 2024, Shopee juga berhasil mengembangkan program Ekspor Shopee dan kanal Shopee Pilih Lokal. Lewat program-program tersebut, e-commerce ini berhasil mengekspor produk lokal ke berbagai negara di Asia Tenggara, Asia Timur dan Amerika Latin.

Kegiatan ekspor tersebut mengalami peningkatan hampir 50% jika dibandingkan dengan tahun 2023. Adapun beberapa kategori yang diminati seperti Fesyen Muslim, Fesyen Wanita serta Fesyen Bayi dan Anak.

Laporan tersebut juga mencatat adanya lonjakan sebesar 200% penjualan produk lokal di kanal Shopee Pilih Lokal jika dibandingkan dengan tahun 2023. Perusahaan juga telah membantu sekitar 1.000 usaha lokal untuk mengantongi sertifikasi halal melalui kolaborasinya bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal.

"Program-program ini mendorong pemerataan pertumbuhan usaha lokal secara berkelanjutan. Di tahun 2024, UMKM dari Aceh Besar, Sinjai, Pohuwato, Pakpak Bharat dan Pekalongan mencatatkan peningkatan penjualan tertinggi dalam melayani Pembeli di berbagai penjuru negeri," ungkap Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto dalam pernyataan resminya dikutip Senin (23/12).

Kemudian, tahun ini, Shopee juga berinovasi dalam meningkatkan pengalaman berbelanja yang lebih baik. Tepatnya lewat program Garansi Tepat Waktu yang berkolaborasi dengan mitra jasa kirim seperti AnterAja, JNE, Pos Indonesia dan SiCepat.

Melalui program ini Pembeli dapat menikmati layanan
pengiriman yang lebih baik, termasuk voucher pengganti jika pesanan tiba melebihi waktu yang dijamin. Inisiatif ini meningkatkan kepercayaan pembeli sebelum mereka melakukan transaksi.

"Kami juga memahami bahwa Pembeli selalu membaca review produk sebelum melakukan pembelian. Kami berpikir apakah ada cara baru untuk membantu Pembli bisa mendapatkan review produk yang lebih efisien," ungkap Christin.

Kampanye tematik juga terus menjadi andalan bagi Penjual dalam melayani pembeli. Kampanye 12.12 Birthday Sale yang baru saja usai berhasil membantu meningkatkan penjualan produk lokal dan UMKM hingga 7 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan hari biasa.

Shopee juga menghadirkan beberapa fitur yang mendukung kebutuhan gaya hidup penggunanya sperti fitur Al-Qur'an dan Kiblat yang tersedia pada kanal Shopee Barokah. Kanal tersebut kini telah digunakan oleh lebih dari 25 juta kali hingga tahun 2024.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Belanja Hemat di Lazada 12.12: Diskon 90% dan Penawaran Rp12.000

author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Satu Tahun Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong Pendapatan UMKM 95%
E-Commerce

Satu Tahun Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong Pendapatan UMKM 95%

Berdasarkan riset bersama Tempo Data Science pada 2024, sinergi kedua platform ini meningkatkan pend..

Belanja Hemat di Lazada 12.12: Diskon 90% dan Penawaran Rp12.000
E-Commerce

Belanja Hemat di Lazada 12.12: Diskon 90% dan Penawaran Rp12.000

Lazada 12.12 hadir dengan diskon 90%, produk mulai Rp12 ribu, dan voucher jutaan rupiah. Nikmati pen..

Blibli Histeria 11.11 Tawarkan Diskon Gila Hingga 90% dan Voucher hingga 1,1 Juta!
E-Commerce

Blibli Histeria 11.11 Tawarkan Diskon Gila Hingga 90% dan Voucher hingga 1,1 Juta!

Pada event puncak Histeria ini, pelanggan bisa menikmati berbagai promo menarik, termasuk voucher di..

Ide Rayakan Hari Ayah Bersama Keluarga Ala Tokopedia
E-Commerce

Ide Rayakan Hari Ayah Bersama Keluarga Ala Tokopedia

Menuju hari Ayah nasional tepat pada 12 November 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia memberikan ide ak..


;