Cara ganti password akun Tokopedia agar tak dibobol, tak bisa hapus kartu kredit

0
ganti password tokopedia

Hacker meretas 15 juta akun pengguna Tokopedia. Netizen pun bergejolak dan meminta pengguna untuk menyelamatkan akun dengan ganti password Tokopedia. 

Informasi ini diungkap akun Twitter @underthebreach. Disebutkan peretasan terjadi Maret 2020, mempengaruhi 15 juta pengguna meskipun hacker mengatakan ada lebih banyak data yang dimiliki. Sedangkan imbauan untuk mengganti password datang dari netizen @GilangHamidy dalam membalas cuitan tersebut.

Netizen itu menyarankan pengguna untuk mengganti password karena ditakutkan informasi yang diberikan benar-benar bisa dibobol. Begini cara mengganti password di akun Tokopedia

  1. Pada halaman Akun Saya, klik ikon Setting di sisi kanan atas.
  2. Kemudian pilih Akun
  3. Selanjutnya pilih kata Sandi
  4. Masukkan kata sandi lama dan kata sandi baru kamu, lalu klik Simpan.
  5. Jika lupa kata sandi, kamu bisa lakukan reset kata sandi

Selain itu, pengguna juga diimbau untuk mengaktifkan two factor authentication (TFA).

  1. Pasang Google Authenticator, yang bisa di download di PlayStore.
  2. Buka situs Tokopedia
  3. Klik menu ‘Pengaturan’
  4. Pilih tab ‘Google Authenticator’
  5. Kik tombol ‘Aktifkan Google Authenticator’
  6. Akan muncul tampilan kode QR dan 16 digit kode aktivasi, berikut kolom untuk memasukkan enam digit kode otentikasi.
  7. Untuk mendapatkan kode otentikasi, buka aplikasi Google Authenticator yang telah dipasang dan pindai kode QR tersebut. Bisa juga memasukkan deretan kode aktivasi tadi jika kamera gagal memindai kode.

Sebenarnya hal yang paling krusial adalah melakukan penghapusan informasi pada sistem pembayaran. Sayangnya, saat Gadgetdiva mencoba, informasi kartu kredit yang menjadi rekening utama pembayaran di Tokopedia, tak bisa dihapus. Yang bisa dihapus hanyalah informasi rekening tambahan yang ada di akun tersebut.

Sedangkan untuk sistem pembayaran lain, seperti Ovo atau Gopay, bisa dihapus dengan cara mengklik tombol ‘Stop Hubungkan Akun’.

  1. Masuk ke Pengaturan
  2. Pilih opsi Pembayaran
  3. Pilih metode yang biasa anda gunakan
  4. Lalu ke Pengaturan akun dengan mengklik ikon ‘Gerigi’
  5. Klik Stop Hubungkan Akun

Sekali lagi, mekanisme penghapusan informasi pembayaran ini tidak bisa dilakukan untuk menghapus info kartu kredit ‘Rekening Utama’ yang sudah tersambung dengan akun kita di Tokopedia.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan