Friday, 18 June 2021
More

    Latest Posts


    Bantu belanja online, Facebook buat fitur Shop untuk Facebook dan Instagram

    Dalam rangka membantu para pengguna untuk belanja online, sekaligus membantu bisnis kecil semasa COVID-19, Facebook kabarnya akan meluncurkan fitur Shop untuk Facebook dan Instagram. Kabar tersebut disampaikan pada hari Selasa (19/5/2020).

    Fitur Shop untuk Facebook dan Instagram ini merupakan e-commerce yang dirancang untuk terintegrasi dengan kedua platform tersebut. Fitur ini nantinya dapat membuat pengguna menghabiskan waktu lebih lama menggunakan Facebook dan Instagram. Fitur ini akan diluncurkan hari ini (20/5/2020).

    Tujuan Facebook membuat fitur Shop ini agar para pengguna nantinya dapat berbelanja tanpa harus meninggalkan kedua platform miliknya, sekaligus membantu bisnis kecil. Untuk menggunakannya, pengguna cukup kunjungi halaman bisnis Facebook atau Profil Instagram. Hal tersebut menjadi salah satu langkah yang tepat untuk Facebook, mengingat banyaknya masyarakat yang berbelanja mengguanakan e-commerce selama pandemi.

    Fitur ini menguntungkan Facebook karena mereka dapat menghasilkan uang melalui iklan yang dipasang oleh para pebisnis tersebut. Pengguna juga nantinya dapat berbelanja melalui aplikasi pesan milik Facebook. Yaitu, Messenger, WhatsApp dan Direct Messege Instagram.

    Selanjutnya, pengguna juga dapat melacak pesanan mereka melalui Direct Messege atau Messangerm juga mereka dapat menemukan toko melalui iklan atau Stories. Fitur ini juga memungkinkan pengguna memposting foto dan gambar yang dapat hilang secara otomatis dalam 24 jam.

    Sebelumnya, Facebook sudah memiliki fitur khusus bisnis online yang dinamakan fitur Marketplace. Fitur tersebut memungkinkan para pengguna membeli dan menjual barang-barang baru dan bekas. Sementara, Instagram juga memiliki fitur Checkout, dimana para pengguna dapat membeli barang-barang yang ditampilkan dalam sebuah postingan.

    Nah, perbedaannya dengan Facebook Shop adalah para pebisnis dapat membuat satu toko yang muncul di seluruh aplikasi yang dimiliki Facebook agar lebih mudah dikelola. Para pemilik toko juga dapat menyesuaikan tampilan laman toko online mereka dengan mengubah cover image dan warna yang berbeda.

    Pengguna yang mengunjungi Facebook Shop dapat membeli dari beebrapa toko online di situs web mereka atau langsung di Facebooka maupun Instagram, jika mereka telah mengkatifkan Facebook Pay atau Checkout. Strategi ini adalah cara Facebook dalam membangun “ekosistem terbuka yang kuat” dari alat bisnis, kata Mark Zuckerberg.

    Baca juga, Instagram tambahkan fitur panduan baru untuk kesehatan

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR