Blibli hadirkan solusi untuk peritel fashion jalankan bisnis di Jawa Timur

0
262
Festival Belanja Cantik

E-commerce Blibli kali ini menghadirkan berbagai solusi untuk peritel fashion agar dapat tetap menjalankan bisnis di tengah pandemi terutama di Jawa Timur untuk menopang pemulihan ekonomi Indonesia.

Berdasarkan data BPS Jawa Timur, propertumbuhan ekonomi di Jawa Timur Triwulan II-2020 menurun hingga -5,9% karena pandemi telah mempengaruhi permintaan pasar dan kinerja berbagai industri, terutama ritel.

Melalui kategori Fashion Wanita, Blibli mendorong ekonomi regional dengan menopang keberlanjutan industri ritel fashion di Jawa Timur yang terpukul oleh pandemi.

Kategori Fashion Wanita pun melihat hadirnya celah pasar yang bisa dipergunakan oleh pengusaha fashion Jawa Timur untuk tidak saja mempertahankan usaha mereka, namun juga mengembangkannya.

“Dengan go online di platform Blibli, pengusaha fashion Jawa Timur bisa terus berjualan dan memperluas pasar ke seluruh Indonesia tanpa harus banyak terganjal oleh pembatasan protokol operasional. Kami pun melihat bahwa new normal telah membuka berbagai peluang baru untuk produk-produk fashion yang menunjang aktifitas kerja dan santai, seperti tote bag dan sepatu PVC yang multifungsi” kata Desey Muharlina Bungsu, Vice President Fashion Wanita Category Blibli.

Desey juga melanjutkan bahwa Jawa Timur adalah pasar ketiga terbesar bagi kategori Fashion Wanita. Berbagai inisiatif Blibli bersama seller mampu memicu penjualan di Jawa Timur. Khusus provinsi ini, Fashion Muslim menjadi sub-kategori dengan pertumbuhan penjualan terkuat sebesar 2 kali lipat di Semester 1–2020 secara tahun-ke-tahun. Selain itu, sub-kategori pakaian dan sepatu juga menunjukkan peningkatan signifikan masing-masing sebesar 1.5 kali lipat di periode yang sama.

Pertumbuhan penjualan didukung oleh kenaikan seller dari Jawa Timur sebanyak 50% di Semester 1-2020 secara tahun-ke-tahun. Kategori Fashion Wanita tetap bisa merekam pertumbuhan karena telah meluncurkan inisiatif baru selama pandemi, termasuk berkolaborasi dengan brand lokal ternama seperti Heaven Lights, Puru Kambera, dan Calla The Label. Hal ini sejalan dengan komitmen terhadap pengusaha lokal sesuai kampanye #KarenaLokalNo1.

“Sebagai bagian dari inisiatif Pejuang Lokal, Blibli juga ingin menggerakkan pelanggan untuk membeli produk dari pengusaha lokal. Dengan membantu membawa pemasukan bagi pengusaha lokal, pelanggan bisa menjadi bagian dari pemulihan ekonomi Indonesia,” lanjut Desey.

Untuk semakin menopang pengusaha lokal, Blibli menawarkan layanan Fulfillment by Blibli (FBB), yaitu dukungan logistik, mulai dari warehousing hingga delivery, yang akan membantu seller menghemat biaya operasional.

FBB didukung oleh 20 warehouse dan 32 Hub di seluruh Indonesia, termasuk 3 fasilitas yang terletak di Surabaya. Hadirnya warehouse Blibli di Jawa Timur juga menguntungkan bagi pelanggan karena mempercepat waktu pengiriman.

Untuk menjamin sanitasi semua produk yang dikirimkan, Blibli telah menerapkan prosedur sanitasi pada semua fasilitas Blibli dan menjalankan pengiriman tanpa kontak, atau Contactless Shipping untuk mengurangi kontak antara kurir dan pelanggan.

Sejalan dengan strategi bisnis perusahaan yaitu “Customer Satisfaction First”, Blibli juga menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care.

Baca juga, Di masa pandemi, Blibli hadirkan kurasi menu restoran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here