Peran Shopee dalam Menjaga Roda Ekonomi Indonesia di Tengah Pandemi

0
Peran Shopee

Dalam upaya menjaga roda ekonomi di tengah pandemi, Shopee membagi beberapa peran dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia agar tetap stabil. Salah satunya adalah dengan menawarkan metode logistik dan pembayaran berkualitas dalam Shopee 9.9 Super Shopping Day.

Selasa (1/9) kemarin, Shopee menggelar media gathering “Peran E-Commerce Jaga Roda Ekonomi di Tengah Pandemi”. Acara tersebut diisi oleh Handhika Jahja selaku Direktur Shopee Indonesia, Agus Supramanto selaku Menteri Perdagangan dan juga Robin Lo selaku CEO J&T Express dan mitra logistik Shopee.

Dalam acara tersebut, mereka membahas peran e-commerce dalam menjaga perekonomian Indonesia selama masa pandemi ini. Hal yang menjadi sorotan adalah bagaimana peran Shopee sebagai e-commerce dalam menjaga keamanan dan kenyamanan dalam platform sebagai bentuk upayanya menjaga perekonomian Indonesia.

Di awal acara, Shopee mengumumkan bahwa mereka meraih peringkat 1 untuk aplikasi e-commerce dengan pengguna aktif terbanyak, jumlah unduhan dan total waktu yang dihabiskan pada sebuah aplikasi di Android berdasarkan riset dari App Annie.

Dari segi transaksi, Shopee berhasil mencatat lebih darii 2,8 juta transaksi. Jika dibandingkan dari kuartal II tahun 2019 lalu, Shopee menyatakan bahwa adanya peningkatan lebih dari 130%.

Seperti yang kita ketahui, banyak perubahan yang terjadi selama masa pandemi, termasuk di bidang ekonomi. Handhika Jahja selaku direktur Shopee Indonesia, menyatakan bahwa selama kuartal II tahun 2020, perusahaan melihat adanya perubahan perilaku masyarakat yang berdampak terhadap pertumbuhan transaksi khususnya di e-commerce.

Peran Shopee

“Seperti yang kita ketahui, perubahan tersebut membawa kebiasaan dan anggapan baru akan mudahnya memenuhi kebutuhan melalui  e-commerce. Hal ini menjadi indikator positif bagi industri e-commerce seperti Shopee, yang terbukti tetap bisa menyokong kebutuhan masyarakat, dan yang paling penting terbukti berperan sebagai penjaga berputarnya roda ekonomi Indonesia di tengah masa pandemi,” jelasnya.

Maka dari itu, Shopee menghadirkan kembali kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day sebagai salah satu upaya dalam memulihkan kondisi ekonomi Indoensia.

Hal ini didasari oleh perlunya kerja sama yang strategis antar berbagai pihak guna menjaga sekaligus memulihkan perekonomian Indonesia agar kembali stabil.

Seperti yang dinyatakan oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, “Di saat seperti ini memang dibutuhkan sinergi dan kerjasama yang erat antara berbagai pihak untuk mewujudkan pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi. Contoh nyatanya adalah tersedianya fasilitas jual beli bagi masyarakat,” jelas Agus Suparmanto.

Menurutnya, berbagai pihak perlu menjaga kerja sama dan sinergi dalam menjaga roda perdagangan supaya dapat berjalan dengan baik. Tentunya melalui berbagai transaksi, baik di pasar rakyat maupun di platform online.

Agus berharap Shopee tetap berkomitmen untuk membantu pelaku UMKM di dalam negeri agar dapat memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas. Tak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri, khususnya di tengah situasi pandemi COVID-19 dan masa transisi menuju era adaptasi kebiasaan baru ini. 

Selama periode kampanye festival Shopee 9.9 Super Shopping Day, Shopee menghadirkan berbagai fitur dalam aplikasinya. Tujuannya untuk memaksimalkan pengalaman belanja dan juga memastikan transaksi berjalan dengan baik.

Tak hanya itu, Shopee juga menawarkan dan meningkatkan ekosistem logistik dan pembayaran yang kompeten. Shopee berkomitmen unutk memperkuat performanya, mulai dari pelayanan di gudang, menggandeng mitra terpercaya untuk meningkatkan penujalan dan kepuasan aktivitas belanja online para penggunanya.

Berikut adalah layanan dan inovasi Shopee untuk memaksimalkan pengalaman belanja pengguna dalam metode logistik, diantaranya:

  • Tim Customer Service: dapat dihubungi di berbagai kanal (e-mail, call center, Twitter dan Instagram) yang beroperasi selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.

  • Tim Fraud: melakukan pemantauan terhadap isu-isu yang sekiranya berpotensi merugikan pihak internal dan eksternal Shopee.

  • Mitra logistik terpercaya: yang menjamin pesanan sampai ke tangan pengguna dengan aman dan cepat. Saat ini Shopee telah bekerja sama dengan berbagai mitra logistik, salah satunya seperti J&T Express.

  • Dikelola Shopee: layanan one stop solution dikemas dan dikirim oleh Shopee yang mengedepankan kecepatan dan terpercaya dengan sistem keamanan 24 jam di gudang untuk mengelola berbagai produk, stock, dan pesanan dari para mitra brand dan penjual.

  • Shopee Xpress: layanan pengiriman milik Shopee dengan rata-rata pesanan dikirim 2 jam setelah pengguna menyelesaikan transaksi.

Sedangkan yang terbaru dari layanan metode pembayaran yang ditawarkan oleh Shopee, seperti:

  • ShopeePay: layanan e-money guna memberikan variasi metode pembayaran lain bagi pengguna, dimana telah dijamin keamanannya di bawah supervisi OJK dan Bank Indonesia. Hingga saat ini, ShopeePay mencatat pertumbuhan e-money terpesat di Indonesia menurut riset YouGov. Sejalan dengan ekspansi ShopeePay di pedagang online dan offline, ShopeePay sudah dapat digunakan di >500 kota dan ratusan ribu mitra merchant.

  • Cash on Delivery: menjadi salah satu solusi metode pembayaran pengguna yang nyaman dan aman selama berbelanja online. Tercatat adanya kenaikan hampir 2.5x lipat untuk penggunaan layanan Cash on Delivery selama kuartal II 2020.

Robin Lo, CEO J&T Express, selaku salah satu mitra logistik terpercaya Shopee mengatakan, ” Hingga saat ini, J&T Express terus mendukung setiap program besar Shopee dan menjadi mitra resmi Cash on Delivery (COD) Shopee di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, sebagai upaya kami untuk mendorong penjual tetap produktif dan semangat, kami menginisiasi program khusus penjual di Shopee, dimana penjual dengan pengiriman paket terbanyak menggunakan J&T Express dapat memenangkan berbagai Grand Prize.”

Baca juga, LinkAja hadirkan bantuan CSR untuk ratusan yatim di Indonesia


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan