Shopee Jadi Target Pajak 10 Persen di Indonesia

0
Pajak Shopee

Direktorat Jendral Pajak menambah daftar perusahaan teknologi yang kena pajak 10 persen di Indonesia, Shopee menjadi salah satunya. Saat ini, telah ada 28 perusahaan yang tercatat dalam daftar tersebut.

Daftar tersebut tercatat dalam laman resmi Ditjen Pajak. Terdapat 12 tambahan nama perusahaan yang akan dikenakn pajak seperti Shopee, Linkedin, McAfee, Microsoft, Mojang, NoviDigital (Disney+ HotStar), PCCW Vuclip, Skype Communication, Twitter, Asia Pacific, Twittter Internationa, Zoom dan JD.id.

Sebenarnya, aturan pajak ini telah diperkenalkan pertama kali pada bulan Juli 2020. Tujuannya untuk memberikan sumber pendapatan baru pascawabah COVID-19 untuk negara. Pajak tersebut berlaku untuk layanan digital yang beroperasi dan digunakan oleh ratusan juta penduduk Indonesia.

Sederet perusahaan yang telah masuk dalam daftar kedua perusahaan digital yang kena pajak adalah Google, Netflix dan Spotify. Sedangkan, pada daftar pertama telah ada 10 perusahaan digital lain. Mereka semua telah diwajibkan untuk membayar pajak sejak 1 September lalu.

Sementara itu, baru ada 12 perusahaan raksasa digital yang masuk dalam daftar sehingga totalnya menjadi 28 perusahaan yang harus membayar pajak mulai 1 Oktober nanti. Berikut adalah daftar lengkap perusahaan tersebut.

1. Facebook Ireland Ltd.
2. Facebook Payments International Ltd.
3. Facebook Technologies International Ltd.
4. Amazon.com Services LLC
5. Audible, Inc.
6. Alexa Internet
7. Audible Ltd.
8. Apple Distribution International Ltd.
9. Tiktok Pte. Ltd.
10. The Walt Disney Company (Southeast Asia) Pte. Ltd.
11. Amazon Web Services Inc.,
12. Google Asia Pacific Pte. Ltd.,
13. Google Ireland Ltd.,
14. Google LLC.,
15. Netflix International B.V.,
16. Spotify AB.
17. LinkedIn Singapore Pte. Ltd.
18. McAfee Ireland Ltd.
19. Microsoft Ireland Operations Ltd.
20. Mojang AB
21. Novi Digital Entertainment Pte. Ltd.
22. PCCW Vuclip (Singapore) Pte. Ltd.
23. Skype Communications SARL
24. Twitter Asia Pacific Pte. Ltd.
25. Twitter International Company
26. Zoom Video Communications, Inc.
27. PT Jingdong Indonesia First
28. PT Shopee International Indonesia

Baca juga, Shopee adakan festival belanja Online


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan