Begini cara sukses menjalankan bisnis ala Tokopedia di tengah pandemi

0
MLBB Birthday Bash

Paradiva sedang membangun bisnis di tengah pandemi? Atau ingin memulainya? Melalui aplikasi Tokopedia, paradiva bisa membuka toko untuk memulai bisnis secara mudah, gratis, di mana dan kapan saja, lho!

Untuk menambah wawasan para penggunanya, hari ini Tokopedia menggelar virtual media workshop yang mengangkat tema ‘Membangun Bisnis di Tengah Pandemi’ bersama Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Pipit Indrawati dan Pemilik Bisnis Alpukat ‘Avocadron’, Karlina Kurniawati.

Pipit Indrawati, selaku Merchant Education Senior Lead Tokopedia mengatakan bahwa Tokopedia konsisten mengakselerasi adopsi platform digital bagi pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring dapat tetap beroperasi di tengah pandemi lewat kanal daring.

Pipit menambahkan, “Siapa pun bisa menciptakan peluang bersama Tokopedia dan menjadi bagian dari lebih dari 9,4 juta penjual di Tokopedia.”

Nah, pada kesempatan ini Pipit dan Karlina bakal membagikan tips bagaimana membangun bisnis yang khususnya di tengah pandemi ini. Simak dibawah ini, ya paradiva!

Punya Produk

Hal paling mendasar adalah menentukan produk yang akan dijual. Produk bisa berupa hasil karya sendiri atau dimulai dengan menjadi reseller. Paradiva sebagai penjual bahkan bisa menerapkan sistem pre-order (PO) untuk memastikan terlebih dahulu jumlah permintaan.

Manfaatkan Marketplace

Paradiva yang memanfaatkan marketplace dapat mengakses pasar yang lebih luas. Melalui
Tokopedia, misalnya, saat ini layanan Tokopedia sudah menjangkau 98% kecamatan di
Indonesia. Di sisi lain, Tokopedia dikunjungi lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.

Ekosistem marketplace juga dinilai lebih cocok dan aman untuk mewadahi transaksi daring. “Selain membantu menjangkau pasar lebih luas, lewat Tokopedia, saya tidak perlu lagi melakukan pengecekan transaksi secara manual. Mulai dari menghitung ongkir dan pemilihan logistik, mengecek pembayaran dan lain-lain, semua sudah tersistem,” jelas Karlina.

Branding Itu Penting

Branding menjadi penting karena mencakup penentuan identitas produk atau toko. Mulai dari penentuan audiens, nama produk atau toko, fokus atau karakter, hingga logo dan tagline.

Kesatuan identitas ini akan menjadi pembeda dengan produk atau toko lain. Branding pun diperlukan untuk memperkuat daya saing demi mempertahankan kelangsungan bisnis.

Marketing Juga Penting

Paradiva dapat melakukan pemasaran sesuai dengan target pasar. “Mulai dari pemanfaatan media sosial untuk melakukan promosi hingga berbagai fitur di Tokopedia seperti fitur Dekorasi Toko, Voucher Toko, Rilisan Spesial, Broadcast, TopAds hingga Bebas Ongkir yang dapat membantu meningkatkan penjualan,” jelas Pipit.

Berikan Pelayanan Berkesan

Kunci meraih kesuksesan berbisnis di era digital adalah memberikan pelayanan terbaik dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Misalnya dengan memperhatikan kecepatan membalas pesan calon pembeli. Selain cepat, kualitas pesan sebaiknya diperhatikan dan bersifat proaktif.

“Kepuasan pelanggan adalah hal utama menjalankan bisnis Avocadron, maka kami selalu berusaha memberikan layanan dan produk terbaik sehingga dapat menjaga kepercayaan pelanggan,” ungkap Karlina.

Tokopedia juga menyediakan pendampingan dan akses terhadap materi edukasi dalam bentuk kelas online atau webinar bagi pebisnis baru atau yang sudah menjadi penjual di Tokopedia melalui Pusat Edukasi Seller.

Tema yang diangkat sangat beragam, mulai dari cara membuka toko, tips mendapat pesanan pertama, keuntungan berjualan online, membuat konten promo menarik dan lainnya.

Baca juga, Aplikasi Tokopedia masuk dalam kategori ‘Great on iOS 14’, diapresiasi Apple!


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan