Tokopedia X BBI Dorong Peningkatan Transaksi UMKM

0

Pandemi COVID-19 membuat aktivitas belanja online semakin jadi andalan masyarakat. Hal ini terbukti dari jumlah penjual dan pembeli di Tokopedia selama tahun 2020 yang memperlihatkan lonjakan yang signifikan.

“Per Desember 2020, 9,9 juta penjual yang hampir seluruhnya UMKM telah terdaftar di Tokopedia. Ada kenaikan sebesar lebih dari 2,5 juta dari 7,2 juta penjual sejak Januari 2020,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

“Jumlah pembeli pun mencatat kenaikan sebesar lebih dari 10 juta – dari 90 juta pada Januari 2020 – menjadi lebih dari 100 juta saat ini,” tambah Ekhel. 

Sepanjang tahun 2020, Tokopedia turut mendorong belanja masyarakat akan produk UMKM Indonesia melalui berbagai insiatif sebagai berikut.

#SatuDalamKopi

Merupakan salah satu kampanye yang dilakukan Tokopedia untuk menyelamatkan industri kopi. Kampanye ini menggandeng lebih dari 1.000 pengusaha kopi di seluruh Indonesia dan mampu meningkatkan transaksi produk kopi menjadi lebih dari 3x lipat dibandingkan dengan periode sebelum pandemi.

Tokopedia Nyam 

Kampanye ini bertujuan untuk mendorong penjual F&B beralih ke digital. Melalui Tokpedia Nyam, jumlah penjual makanan siap saji di Tokopedia meningkat hingga 3x lipat selama pandemi. Transaksi makanan ini juga tumbuh signifikan menjadi lebih dari 3x lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi.

Tokopedia Fashion Week (TFW)

Dalam rangka mendorong industri Fashion lokal, e-commerce ini menghadirkan Tokopedia Fashion Week (TFW). TFW diadakan secara vitrual pada Desember 2020 lalu.

TFW mengalami peningkatan penjualan lebih dari 5x lipat dibandingkan dengan TFW tahun sebelumnya. Jumlah transaksi tertinggi selama TFW 2020 diraih oleh merek-merek lokal, yakni Batik Kultur, Zaskia Mecca, Torch, Smith Berlin dan UBS Lifesyle.

Majukan UMKM dengan Bangga Buatan Indonesia (BBI)

Gerakan nasional BBI telah membawa dampak positif bagi banyak UMKM lokal di Tokopedia. Contohnya, Wateru dan Whitelab, dari kategori Kesehatan dan Kecantikan, yang mencatat kenaikan rata-rata transaksi bulanan lebih dari 4x lipat.

Don Bakeshop, dari kategori Makanan dan Minuman, di sisi lain mengalami peningkatan hingga lebih dari 9x lipat. Bahkan Stayhoops dari kategori Fashion berhasil mencatat kenaikan rata-rata transaksi bulanan menjadi 38x lipat dibandingkan sebelum bergabung dengan BBI.

Kerja Sama dengan Pemerintah Daerah Dukung UMKM Lokal

Melalui kolaborasi bersama pemerintah daerah sepanjang Q4 2020, Tokopedia telah mengakuisisi lebih dari 2.000 penjual baru, baik individu maupun pasar tradisional  di berbagai kota, seperti Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang dan Makassar.

Kedepannya, sejalan dengan inisiatif #SelaluAdaSelaluBisa, Tokopedia akan terus berkomitmen mendorong belanja masyarakat akan produk dalam negeri sekaligus memberikan dukungan kepada pegiat UMKM Indonesia, melalui sederet inisiatif dan inovasi digital, agar dapat bersama-sama memulihkan perekonomian nasional.

Baca juga, Dana umumkan Fitur Terbaru


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan