Kolaborasi Grab dan KEMENPAREKRAF Dukung UMKM melalui #BeliKreatifDanauToba

0

Hari ini (22/2), Grab Indonesia secara resmi mengumumkan kolaborasinya dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) dalam mendukung kampanye #BeliKreatifDanauToba dan mempercepat pemulihan ekonomi melalu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dukungan Grab akan difokuskan pada promosi perjalanan dan eksplorasi Danau Toba melalui layanan Grab, pelatihan peningkatan kualitas layanan bagi merchant dan mitra pengemudi, penyediaan paket promosi wisata yang menarik dan terjangkau, serta mendukung penerapan CHSE, protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan) dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) dari Kemenparekraf.

Inisiatif ini merupakan kelanjutan kerja sama kedua pihal untuk mendukung Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2021 dan mendukung 5 destinasi super prioritas.

“Sebagai salah satu dari 5 destinasi wisata super prioritas, Danau Toba memiliki potensi yang sangat besar,  baik dari segi pariwisata maupun dampaknya bagi masyarakat dan UMKM sekitarnya. Selain  pembangunan berkelanjutan, kemampuan sumber daya yang terampil dan penguasaan IPTEK juga dapat  menjadi motor penggerak pertumbuhan destinasi Danau Toba. Pelatihan dan dukungan dari Grab juga  berkontribusi dalam percepatan pembangunan dan mendorong keberhasilan program Bangga Buatan  Indonesia,” jelas Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi  Republik Indonesia.

Sandiaga Uno, selaku Menteri Kemnparekraf menyatakan bahwa program #BeliKreatifDanauToba bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif agar dapat bertahan dalam situasi yang penuh tantangan ini.

“Kami  berharap ini dapat meningkatkan lapangan kerja di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sehingga dapat  berkontribusi pada pemulihan ekonomi Indonesia. Peran pihak swasta seperti Grab merupakan salah satu  bagian penting dalam proses ini, dan kami menyambut baik dukungan berkelanjutan yang diberikan oleh  Grab kepada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air,” jelas Sandiaga.

Sebelumnya, pada bulan Januari lalu, Grab telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kemenparekraf sebagai komitmen berkelanjutan untuk mendukung pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif melalui pelatihan, pemberian informasi mengenai paket liburan yang  terjangkau, dan dukungan terhadap 5 destinasi wisata super prioritas.

 

Lebih lanjut, dukungan yang diberikan Grab akan difokuskan pada sejumlah inisiatif sebagai berikut:

  • Mempromosikan perjalanan dan eksplorasi tujuan wisata super prioritas melalui layanan Grab: Grab menyediakan layanan transportasi online melalui GrabCar Rental dari Medan dan Bandar Udara Kualanamu, serta layanan GrabCar Rental ke berbagai destinasi wisata di Medan  yang dilengkapi dengan booklet pariwisata Balige. Selain itu, Grab juga menyediakan paket  berlangganan untuk layanan transportasi seperti GrabCar dan GrabBike serta layanan pesan-antar  makanan, GrabFood. Dukungan ini merupakan kelanjutan dari peluncuran operasional Grab Toba  dan kerja sama strategis dengan Kemenparekraf RI melalui Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba  untuk mendukung sektor pariwisata Danau Toba dan sekitarnya yang diresmikan pada tahun 2019. 
  • Memberikan pelatihan peningkatan kualitas pelayanan dan keterampilan bagi merchant dan  mitra pengemudi di Danau Toba: Grab mengadakan dua program pelatihan untuk mendukung  #BeliKreatifDanauToba yaitu Grab ‘#TerusUsaha Akselerator’ Batch 2 untuk UMKM dan Pelatihan  Kualitas Layanan untuk UMKM dan mitra pengemudi. Melalui Grab ‘#TerusUsaha Akselerator’  Batch 2, UMKM Sumatera Utara binaan pemerintah terpilih akan mendapatkan edukasi yang  mencakup berbagai ruang lingkup bisnis (strategi pemulihan ekonomi, pemasaran, literasi  keuangan, serta branding dan public relations), sosialisasi platform digital, dan pembinaan bisnis.  Pada Pelatihan Kualitas Layanan, UMKM dan mitra pengemudi akan memiliki pemahaman yang  lebih baik tentang kebutuhan dan harapan pelanggan, cara mengelola persepsi pelanggan, dan  tingkat kepuasan pelanggan. Dengan adanya pelatihan ini, mereka dapat meningkatkan  keterampilan dan pengetahuan sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada  wisatawan. 
  • Menghadirkan informasi paket promo liburan yang menarik dan terjangkau: Grab bekerja  sama dengan berbagai mitra di bidang pariwisata seperti Agoda dan Klook untuk memberikan  informasi paket wisata bagi wisatawan mulai tanggal 15 Februari – 15 Maret 2021. Mereka dapat  menemukan penawaran terbaik dan kemudahan dalam mencari aktivitas di destinasi wisata sekitar  Danau Toba. Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat mendukung pelaku usaha pariwisata melalui  aktivitas-aktivitas menarik yang dapat ditemukan di aplikasi Grab seperti wisata sehari di Danau  Toba dari Medan dan wisata bersepeda dari Pulau Samosir dan Danau Toba. 
  • Dukungan Implementasi CHSE: Penerapan CHSE, protokol kesehatan berbasis Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia  sangat penting untuk kembali meningkatkan kepercayaan konsumen dan mendorong kunjungan  wisata Indonesia yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Grab mendukung implementasi ini  melalui peningkatan protokol GrabProtect di semua layanan GrabCar Rental di wilayah Medan dan  Danau Toba. GrabProtect sendiri adalah layanan transportasi Grab baik roda empat maupun roda dua yang dilengkapi dengan fitur keamanan dan peralatan kebersihan. Berbagai promo hotel juga  sudah bersertifikat CHSE untuk menjamin keamanan wisatawan selama berwisata. 

Ridzki Kramadibrata selaku President of Grab Indonesia juga menambahkan, “Beberapa destinasi  pariwisata menghadapi risiko penurunan ekonomi yang jauh lebih tinggi dan sangat penting bagi kita untuk  mendukung UMKM di bidang pariwisata dalam menghadapi krisis COVID-19.” 

Menurut Ridzki, hal ini dikarenakan destinasi wisata ini memerlukan pemulihan ekonomi yang lebih cepat. Melalui layanan kami dan dengan melatih UMKM dan mitra pengemudi Grab di toba. Ia berharap melalui layanan ini, Grab dapat melatih UMKM dan pengemudinya di Toba, serta dapat meningkatkan aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan tersebut.

Sekaligus, mendukung UMKM untuk bisa #TerusUsaha. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan dan ketahanan mereka sehingga dapat berkembang dan menjadi bagian dari pemulihan ekonomi serta mendukung program Bangga Buatan Indonesia 2021.

Kami optimis industri  ini akan segera pulih melalui upaya gotong royong antara pemerintah dan swasta untuk memastikan  dukungan kepada semua pihak,” tutupnya.  

“Disaat pandemi ini, usaha rumah makan saya pastinya terdampak. Namun, saya selalu berusaha  mematuhi protokol kesehatan agar konsumen bisa merasa aman. Saya sangat senang bisa mengikuti  pelatihan hari ini dan belajar bagaimana mengoptimalkan kualitas pelayanan untuk mendukung kami  terutama di situasi yang tidak menentu ini. Saya yakin pelatihan ini akan bermanfaat bagi kami untuk  memberikan layanan yang lebih baik kepada para wisatawan di daerah Danau Toba ini. Saya berterima  kasih atas dukungan dari Pemerintah dan Grab, semoga kondisi ini bisa cepat pulih dan kita semua bisa  kembali beroperasi seperti biasa,” jelas Ropil, Pemilik Rumah Makan Ayam Kejar di Balige, selaku mitra merchant GrabFood saat diwawancara oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada  program #BeliKreatifDanauToba. 

Baca juga, Unipin Gandeng Grab Indonesia Dalam Permudah Gamers Beli Voucher Games 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan