Zilingo Ungkap Lanskap Digital 2021 untuk Bantu UMKM Indonesia

0
322

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) menjadi salah satu sektor yang terganggu akibat Pandemi COVID-19. Di Indonesia, saat ini tercatat ada sekitar 64 juta pada tahun 2020. Angka tersebut telah mencapai 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi.

Dalam rangka membantu UMKM di Indonesia, Zilingo sebagai salah satu e-commerce di Indonesia membuat tiga produk digital. Yakni, Zilingo Trade, Zilingo Factory dan Zilingo Connect. Ketiga produk ini telah dikupas tuntas dalam sebuah acara press conference bersama media yang dilaksanakan pada hari Kamis (4/3) kemarin bersama Dhruv Kapoor, selaku Co-Founder & CTO, Zilingo Indonesia.

Sebelumnya, Zilingo sendiri merupakan e-commerce B2B. Di tahun 2015, perusahaan tersebut merupakan sebuah fashion e-commerce. Saat ini, Zilingo telah beroperasi di Indonesia, Hongkong, Thailand, Filipina, Australia, India dan Amerika Serikat.

Dalam acara tersebut, Dhruv membahas lanskap digital untuk UMKM Indonesia di tahun 2021. Yang pertama, mereka telah membuat Zilingo Trade. Yakni, sebuah produk digital yang menghadirkan ribuan produk grosir untuk pengadaan bisnis di Indonesia. Produk yang termasuk ialah fashion, lifestyle, beauty, elektronik dan lainnya.

Tujuan dari Zilingo Trade ialah untuk memudahkan bisnis UMKM dalam membeli produk secara grosir, menghubungkan UMKM dengan perusahan fintech. Tak hanya itu, Zilingo juga bekerja sama dengan financial services dalam menyediakan keuangan dengan lebih mudah.

Pada Zilingo Trade ini, perusahaan juga menghadirkan value edit services yang dinamakan Marketing as Services. Dimana melalui program ini Zilingo menyediakan sebuah platform marketing consultant bagi UMKM dalam menyediakan layanan seperti, foto katalog, explore digital marketing dan media sosial, juga KOL.

“Dalam Zilingo Trade ini, kita juga membantu UMKM untuk membuat katalog atau foto yang bagus dari produk hingga nantinya dapat diupload dalam media sosial untuk dijual secara online,” jelas Dhruv.

Dalam Zilingo Trade ini, perusahaan menyediakan berbagai layanan shipping seperti regular, express, next day dan same day delivery. Tak hanya itu, mereja juga bekerja sama dengan perusahaan logistik seperti sicepat, Indah Cargo dan Ninja Van.

Produk selanjutnya yang dibahas ialah Zilingo Factory. Yakni, sebuah paltform yang bertujuan untuk membantu proses sistem operasi dari berbagai pabrik menjadi lebih efisien. Platform ini telah tersedia di India, Vietnam dan Indonesia.

Salah satu contohnya adalah Nirwana Group yang merupakan pelaku retail di Bandung. Zilingo telah membantu mereka dalam membuat sistem operasi pabrik yang lebih efisien dengan menggunakan teknologi digital.

Produk selanjutnya adalah Zilingo Connect. Melalui platform ini, para UMKM dapat berjualan di berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Shopee dan lainnya dalam satu platfrom. Namun, platform ini masih tersedia dalam versi beta.

Baca juga, GoMart Gandeng Bulog untuk Hadirkan Pangan Berkualitas 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here