E-Commerce

Pecahkan Rekor Transaksi di Q1 2021, tiket.com Jadi Solusi Mudik Hari Raya

post-img

Source : gadgetDiva

Hari ini (19/4), tiket.com menggelar acara virtual yang membahas beberapa informasi terbaru terkait kinerja bisnis yang dilakukannya selama Q1 2021. Mengingat transaksi tiket pada platform tiket.com meningkat drastis di Q1 2021 sejak pandemi COVID-19.

Platform ini memasuki usia ke 10 tahun ini cetak banyak rekor performa di semua lini produk unggulan dalam aplikasi. Dalam siaran pers yang diterbitkan hari ini, tercatat bahwa pembelian tiket pesawat pada Q1 2021 meroket setinggi 331%, booking hotel juga naik tajam di angka 321% dan tiket TO DO juga meraih level popularitas baru dengan angka transaksi sensaional di angka 10.083%.

DANA Gelar Program “Ramadan Praktis Pakai DANA”, Banyak Penawaran Menarik!

Kemudian, pada Q1 2021 tiket.com juga mencatat pertumbuhan angka user sebesar 299% atau sekitar 3 kali lipat. Hal ini berarti masyarakat Indonesia menggemari rangkaian fitur baru yang diluncurkan, jajaran promo yang digencarkan, serta semakin mempercayakan tiket.com untuk segala kebutuhan perjalnanan mereka.

Angka ini tidak luput dari kontribusi beberapa kampanye seperti MTM (Malu Tanggal Muda) dan kampanye tanggal merah yang masih menjadi favorit masyarakat. Berasarkan data yang dihimpu, pesta diskon tahunan tiket.com Mendadak OTW (Online Tiket Week) yang digelar pada tanggal 5-11 April lalu berhasil memberikan push tambahan di awal Q2 2021.

Kontribusi kampanye Mendadak OTW sendiri mendorong angka pembelian tiket pesawat sebesar 81%, booking hotel sebesar 131% dan tiket TO DO sebesar 75%.

Ragam prestasi tersebut berhasil secara khusus oleh Mendadak OTW di antaranya adalah prestasi booking hotel harian yang lebih tinggi sejak januari 2020 (level-pandemi), rasio booking hotel harian di Jakarta capai titik tertinggi sejak tahun 2019.  Sedangkan, untuk pembelian tiket ke 5 TOP destinasi, prestasi Mendadak OTW sejajar dengan kampanye OTW LOKAL yang digelar di akhir tahun 2020.

“Kesuksesan Malu Tanggal Muda (MTM) dan Mendadak OTW menjadi alasan untuk menggelar THR. Kami melihat bahwa masyarakat sekarang sudah lebih strategis saat merencanakan liburannya. Hadirnya kampanye promo seperti Mendadak OTW ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk merencanakan liburan lebih matang dengan harga yang lebih terjangkau,” jelas Gaery Undarsa selaku Co-Founder & Chief Marketing Officer dari tiket.com. 

Gaery juga menyatakan bahwa angka transaksi yang meningkat tajam dalam reservasi hotel menjadi bukti keberhasilan tiket.com dalam mengajak masyarakat Indonesia untuk liburan baik dalam bentuk staycation, Work From Hotel, atau Liburan Dekat Rumah secara aman dan sesuai protokol kesehatan. 

Tak hanya itu, Mendadak OTW juga jadi langkah jitu dalma mendorong angka booking hotel di destinasi TOP seperti Bali dan Yogyakarta walaupun sedang low season dan dalam kondisi pandemi.

Kemudian, fitur tiket TO DO pun menjadi primadona pada Q1 2021 karena menjawab kebutuhan pelanggan untuk mengunjungi tempat atraksi dan playgroudn bagi keluarga, serta kebutuhan pelengkap perjalanan (travel essentials) tes COVID-19.

Sejak awal tahun, tiket.com bermitra dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendorong popularitas sekaligus mengajak masyarakat untuk berwisata yang patuh protokol kesehatan ke destinasi super prioritas.

Dari catatan tiket.com, TOP 5 destinasi domestik pada Q1 2021 berdasarkan penjualan hotel pada saat Mendadak OTW adalah Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta, sedangkan untuk tiket pesawat, sedangkan, TOP 5 destinasi favorit adalah Surabaya, Medan, Makassar, Bali dan Yogyakarta.

“Performa Q1 tiket.com jauh melampaui best case scenario yang kami susun. Kami sungguh berterima kasih kepada masyarakat Indonesia atas dukungan yang senantiasa diberikan dalam rangka pemulihan industri pariwisata. Sebagai salah satu pelaku industri pariwisata terbesar di Indonesia, kami sangat optimis bahwa kinerja tiket.com pada Q2 akan semakin tancap ngegas,” ungkap Gaery.

Gaery juga mengungkap bahwa pergerakan positif sektor pendukung utama seperti transportasi dan akomodasi menjadi tolok ukur dalam memonitor kondisi pemulihan saat ini. Sebagai OTA yang customer centric, tiket.com memiliki misi untuk memudahkan pelanggan dalam merencanakan perjalanannya, mulai dari tiket pesawat atau kereta api, booking hotel dan akomodasi, perlengkapan perjalanan (essentials), penyewaan mobil, hingga tiket masuk tempat wisata, yang telah dapat dipesan secara mudah di tiket.com, sehingga rencana liburan pun lebih matang dan tersusun lebih rapi.

Baca juga, Tips Berolahraga Selama Ramadan Dengan Menggunakan OPPO Band


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Ajak Masyarakat untuk Berbagi, ShopeePay Hadirkan Kampanye Big Ramadan Sale 2021
E-Commerce

Ajak Masyarakat untuk Berbagi, ShopeePay Hadirkan Kampanye Big Ramadan Sale 2021

ShopeePay membuat gerakan Berbagi Tanpa Batas selama Ramadan. Gerakan ini merupakan bagian dari k..

DANA Gelar Program “Ramadan Praktis Pakai DANA”, Banyak Penawaran Menarik!
E-Commerce

DANA Gelar Program “Ramadan Praktis Pakai DANA”, Banyak Penawaran Menarik!

Di bulan suci Ramadhan tahun ini, dompet digital DANA menggelar program “Ramadhan Praktis P..

Berkolaborasi dengan ShopeePay, ALODOKTER luncurkan Kampanye Puasa Sehat, Chat Dokter Hemat
E-Commerce

Berkolaborasi dengan ShopeePay, ALODOKTER luncurkan Kampanye Puasa Sehat, Chat Dokter Hemat

Sebagai bentuk dari kolaborasi dengan ShopeePay, ALODOKTER meluncurkan kampanye Puasa Sehat, Chat..

GoMart Perluas Layanan dan Fitur Terbaru, Mudahkan Para Penggunanya!
E-Commerce

GoMart Perluas Layanan dan Fitur Terbaru, Mudahkan Para Penggunanya!

Layanan belanja online Gojek, GoMart memperluas layanan dan fitur di masa pandemi ini dengan memu..


;