Hari Kartini: Tokopedia dan Market & Museum Bantu Perempuan Pegiat UMKM Lokal Hadapi Pandem

0
226
Tokopedia dan Market & Museum

Tokopedia kembali menghadirkan ‘Market & Museum at Home’ dalam rangka merayahan Hari Kartini dengan mengajak sejumlah pegiat usaha, termasuk perempuan pegiat UMKM lokal.

Falah Fakhriyah, selaku Head of Category Development (Fashion) Tokopedia, mengatakan bahwa kolaborasi dengan pegiat usaha di berbagai bidang industri lokal, mulai dari fesyen, rumah tangga hingga kebutuhan ibu dan anak adalah komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa mendukung siapa pun, termasuk perempuan, mempertahankan bisnis di tengah pandemi.

Market & Museum yang sebelumnya diselenggarakan sepenuhnya offline, mulai mengadakan event online untuk pertama kali pada Juni 2020 silam melalui Tokopedia dan konsisten menuai kesuksesan luar biasa.

Dikau di Market-Museum Tokopedia

 

“Pada Market & Museum at Home di Tokopedia Vol. 4 yang diselenggarakan pada Februari 2021 lalu, jumlah transaksi para pegiat usaha lokal meningkat 3x lipat jika dibandingkan dengan kegiatan online Market & Museum pertama pada Juni 2020 lalu,” jelas Falah.

 

Geluk Studio di Market-Museum Tokopedia

Pendiri Market & Museum, Namira Syarfuan dan Sara Tirtohadiguno mengungkapkan bahwa di tengah pandemi, para pelaku usaha harus semakin kreatif dalam mengembangkan bisnis.

Rollover-Reaction di Market-Museum Tokopedia

“Situasi pandemi menjadi peluang bagi pegiat usaha lokal untuk terus berinovasi dan berkolaborasi demi memastikan bisnis tetap berjalan, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi seperti Tokopedia. Ini merupakan ke-5 kalinya kami berkolaborasi dengan Tokopedia,” jelas Namira.

Sara menambahkan, “Sejak awal, kami melibatkan lebih dari 130 pegiat usaha lokal dari berbagai wilayah Indonesia. Kami pun merasakan peningkatan penjualan di Tokopedia hingga 3x lipat.”

Antusiasme masyarakat terhadap berbagai produk lokal turut mendukung peningkatan transaksi para pegiat UMKM di Tokopedia.

Salah satunya SOVLO, penghasil koleksi fesyen dengan sentuhan ilustrasi yang unik, dimana 70% penjualannya berasal dari Tokopedia.

Produk SOVLO di Tokopedia

Pemilik Usaha SOVLO, Lidya Valensia Lyanto, menyampaikan, “Inspirasi dari seluruh ilustrasi produk SOVLO berasal dari kekayaan budaya Indonesia, termasuk perjuangan perempuan Indonesia. Kami juga akan merilis koleksi khusus Hari Kartini yang bisa didapatkan di Tokopedia.”

Produk SOVLO di Tokopedia

Di sisi lain, Influencer and Owner of Dough Darlings, Ivan Mario, menuturkan, “Hari Kartini menjadi momen tepat untuk memperingati bahwa setiap pegiat usaha lokal, perempuan maupun laki-laki, punya peran dan kesempatan yang sama untuk berkontribusi pada pemulihan ekonomi.”

 

Glatuk di Market-Museum Tokopedia

Nah, paradiva bisa mendapatkan berbagi rilisan produk eksklusif dan promo menarik pada halaman khusus Market & Museum at Home di Tokopedia selama 23-27 April 2021. Tersedia juga berbagai produk fashion, produk dekorasi rumah tangga, perlengkapan ibu dan anak dan masih banyak lagi.

Selain itu, akan ada beragam promo menarik untuk belanja lebih hemat. Misalnya, cashback 20%, promo diskon, hampers spesial untuk menyambut momen lebaran hingga rilisan produk eksklusif dari berbagai pegiat usaha lokal.

Soleram di Market-Museum Tokopedia

Tokopedia juga mencatatkan peningkatan transaksi kategori Mom & Baby dan Kids Fashion sebesar hampir 2x lipat selama Q1 2021 jika dibandingkan dengan Q4 2020. Sedangkan kategori Home & Living mencapai lebih dari 2x lipat.

Baca juga, Tips Laris Manis Berjualan di Bulan Ramadhan ala Tokopedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here