E-Commerce

Fitur Wakaf Uang Tokopedia, Bantu Akselerasi Pemerataan Ekonomi Syariah

post-img

Source : gadgetDiva

Hasil kolaborasi bersama sejumlah lembaga, seperti Badan Wakaf Indonesia (BWI), Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat, Tokopedia resmi meluncurkan fitur Wakaf Uang di ekosistem Tokopedia Salam.

ShopeePay Big Ramadan Deals Hadir Saat Ramadan dan Lebaran

Astri Wahyuni, selaku Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia mengungkapkan bahwa peran teknologi menjadi semakin krusial untuk mempermudah berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk menjalankan ibadah. Mulai dari Rp10.000, kini siapapun bisa membantu meningkatkan kesejahteraan sesama melalui fitur Wakaf Uang di Tokopedia.

“Kami berharap fitur ini dapat mempermudah masyarakat berbagi kebaikan, khususnya selama Ramadan, sekaligus ikut mendorong pemerataan ekonomi syariah secara digital di Indonesia,” tambah Astri.

Kehadiran fitur Wakaf Uang ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan Tokopedia terhadap Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) yang digagas oleh pemerintah.

Ketua Badan Pelaksana BWI, Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA, mengungkapkan, “Selain menjadi salah satu bentuk ibadah, wakaf uang memiliki fungsi dan peran sosial ekonomi, terutama dalam membangun kemandirian ekonomi negara. Hal ini menjadi semakin mudah melalui kolaborasi antara BWI dan platform digital seperti Tokopedia. Juga sejalan dengan arah transformasi digital yang kita galakkan.”

Mohammad juga menambahkan bahwa dengan mewakafkan uang, masyarakat turut berperan dalam pembangunan ekonomi. Aksi gerakan wakaf berdampak sosial luar biasa.

“Kekuatan wakaf di kami dan kita. ‘Saya ini siapa? Yang saya miliki tidak ada apa-apanya.’ Hari ini mindset-nya harus diubah dari kompetisi menjadi sinergi. Mari kita membangun tradisi memberi untuk menjadi umat terbaik. Saya kira itu substansi perwakafan. Hasilnya adalah kesejahteraan, dakwah dan kemartabatan,” lanjutnya.

Selain Wakaf Uang, Tokopedia juga menghadirkan sederet fitur lain di Tokopedia Salam yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi kebaikan, seperti fitur Donasi, Zakat, Fidyah, Kotak Amal dan Qurban.

Inisiatif ini juga diapresiasi Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Ventje Rahardjo, “Platform digital seperti Tokopedia memegang peranan penting dalam menyosialisasikan industri halal sekaligus mendorong literasi wakaf di Indonesia. Semoga inisiatif ini bisa mempercepat pengembangan ekonomi syariah demi memperkuat ketahanan nasional.”

Selama Ramadan 2020 lalu, nilai transaksi Zakat Maal di Tokopedia meningkat 2x lipat dibanding Ramadan 2019. Di sisi lain, pengguna Tokopedia telah mengumpulkan hampir Rp80 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban sepanjang 2020.

“Tokopedia melalui Tokopedia Salam akan terus mendukung upaya pemerintah mewujudkan ekosistem ekonomi syariah yang semakin maju lewat pemanfaatan teknologi,” tutup Astri.

Baca juga, WIB Tokopedia Spesial Ramadan, Diskon Hingga 90% dan Bebas Ongkir Tiap Hari!


author-img_1

Jihan Nasir

Reporter

Artikel Terkait

Intip 5 Tips Dekorasi Rumah Ala Tokopedia Bareng Dekoruma
E-Commerce

Intip 5 Tips Dekorasi Rumah Ala Tokopedia Bareng Dekoruma

Tokopedia bersama Dekoruma pun membagikan inspirasi dan tips dekorasi rumah untuk menyambut silat..

ShopeePay Big Ramadan Deals Hadir Saat Ramadan dan Lebaran
E-Commerce

ShopeePay Big Ramadan Deals Hadir Saat Ramadan dan Lebaran

Saat bulan suci Ramadhan dan Lebaran, ShopeePay meluncurkan kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals ..

Peringati Hari Kartini, DANA hadirkan diskusi virtual “DANA Kartinian: Woman with Impact”
E-Commerce

Peringati Hari Kartini, DANA hadirkan diskusi virtual “DANA Kartinian: Woman with Impact”

Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April kemarin, DANA optimis menjadikan perempuan Ind..

WIB Tokopedia Spesial Ramadan, Diskon Hingga 90% dan Bebas Ongkir Tiap Hari!
E-Commerce

WIB Tokopedia Spesial Ramadan, Diskon Hingga 90% dan Bebas Ongkir Tiap Hari!

Selama Ramadan, festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) Tokopedia yang rutin diada..


;