Hari Donasi Online Nasional, GoPay Ajak Masyarakat Sedekah

0
Edukasi Hak Konsumen GoPay
Foto: doc. Gojek

Dalam rangka Hari Donasi Online Nasional (Hardolnas), GoPay mengajak masyarakat untuk berdonasi secara digital. Mulai dari 30 April hingga 7 Mei 2021 dalam platform Kitabisa.com. Paradiva, jangan sampai kelewatan ya karena hari ini terakhir!

Chief Product Officer, Kitabisa.com Vikra Ijaz mengatakan “Dalam tiga tahun terakhir, Hardolnas telah  menjadi ajang bagi sejumlah perusahaan untuk mengapresiasi para donatur yang berbagi lewat platform  Kitabisa.com. Di Hardolnas 2020 lalu, lebih dari 24 ribu orang baik telah berpartisipasi dan kami mencatat  lebih dari Rp1,8 miliar donasi berhasil terkumpul dalam jangka waktu satu minggu saja. Memasuki tahun  ke-3 Hardolnas, kami harap program ini dapat semakin mengajak lebih banyak orang baik berpartisipasi  untuk menciptakan dampak yang lebih luas pada para penggalang dana sehingga akan ada lebih banyak  pula orang yang terbantu lewat donasi.”

Pada Hardolnas kali ini, GoPay mendorong sekaligus memudahkan masyarakat dalam berdonasi secara digital. Platform tersebut secara gencar melakukan edukasi ke masyarakat mengenai program Hardolnas dan juga melipatgandakan setiap donasi yang masuk ke tiga inisiatif galang dana terpilih.

Head of Corporate Affairs GoPay, Winny Triswandhani mengungkapkan, “GoPay terus melanjutkan  komitmennya mengedukasi masyarakat luas mengenai kemudahan berdonasi secara digital, agar  masyarakat bisa lebih mudah membantu sesama. Harapannya, inisiatif ini dapat melipatgandakan  kebaikan yang tersalurkan ke mereka yang membutuhkan, serta menjadi pengingat bagi orang baik  lainnya untuk tetap saling membantu di masa sulit. Mengingat bahwa masih banyak orang yang belum  familiar dengan metode berdonasi digital pada momen kali ini, kami sekaligus mengajak masyarakat untuk  merasakan kemudahan dan kepraktisan berdonasi lewat GoPay di Kitabisa.” 

Donasi yang akan dilipatgandakan mulai dari Rp. 10.000 hingga maksimal Rp. 100.000. Tiga inisiatif ini dipilih karena dinilai merepresentasikan berbagai isu sosial yang paling membutuhkan bantuan masyarakat. Ketiga insiatif galang dana tersebut adalah:

  1. Warteg Gratis oleh Edho Zell (kitabisa.com/warteggratisramadhan) merupakan kegiatan galang dana berupa warteg dimana semua orang dapat datang dan makan dengan bayaran semampunya, bahkan hingga Rp0.
  2. Program Ramadan Bahagia oleh BAZNAS (kitabisa.com/kadoramadhanbahagia) adalah inisiatif  dari BAZNAS untuk membantu pekerja informal yang kesulitan lewat Kado Ramadhan Bahagia  yang berisi paket sembako dan peralatan sholat yang layak. BAZNAS bekerja sama dengan GoSend  untuk menyalurkan paket sembako ke penerima bantuan yang tersebar di Jabodetabek.
  3. Kado Al-Quran oleh Rumah Zakat (kitabisa.com/kadoalquran) mengajak masyarakat untuk  berdonasi dengan yang hasilnya akan digunakan untuk memberi kado berupa Al-Quran kepada  anak-anak di daerah yang membutuhkan.

Edho Zell, selaku penggagas dari Warung Gratis mengungkap bahwa dirinya berterima kasih atas kepercayaan masyarakat dan Gopay yang telah mendukung galang dana yang ia gelar.

“Inisiatif Warteg Gratis ini muncul dari pengalaman saya dulu ketika kesusahan, banyak orang yang memberikan  saya makanan dan membantu saya untuk bertahan hidup. Makanya sekarang saya ingin orang lain juga  merasakan hal yang sama. Semangat membantu sesama ini juga saya rasakan di GoPay dan Kitabisa.  Semoga semakin banyak yang ikut gerakan Hardolnas ini dan bersama, kita bisa bantu lebih banyak orang  lagi.” ujar Edho. 

Kolaborasi GoPay dan Kitabisa.com bukan yang pertama kali. GoPay telah menjadi salah satu metode pembayaran dalam Kitabisa.com selama tiga tahun terakhir.

Kedua platform ini juga bekerja sama untuk fitur GoGive pada aplikasi Gojek. Kolaborasi keduanya juga telah memunculkan tren micro-giving, yakni berdonasi dalam nominal kecil namun dengan frekuensi seiring dan dilakukan banyak orang. Sehingga, memberi dampak yang besar.

GoPay sendiri mencatat, transaksi donasi yang disalurkan lewat GoPay meningkat 2,5 kali lipat di 2020,  dengan total nilai donasi mencapai Rp136 miliar. Riset Digital Donation Outlook 2020 menunjukkan bahwa  rerata nilai per donasi digital naik sebesar 72% selama pandemi. Di bulan Ramadan ini, GoPay juga  mendorong donasi digital lewat dukungan Gerakan Cinta Zakat bersama Baznas. 

Baca juga, Gojek Targetkan Three Zeros di Tahun 2030


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan