Shopee Dukung UMKM Melalui Kampanye Big Ramadan Sale 2021

0
190
Usaha Online

Shopee Indonesia baru saja menurup kampanye Big Ramadan Sale 2021 dengan kemeriahan pada ketiga puncak kampanye. Tercatat kebih dari 130 juta produk berhasil terjual pada tanggal 23 April, 30 April dan 5 Mei.

Shopee Ramadan Big Sale 2021 hadir untuk masyarakat, dimana inisiatif ini merupakan upaya Shopee untuk memberi pengalaman unik belanja online yang dapat dinikmati oleh pengguna di seluruh Indonesia. Sekaligus menjadi wadah yang dapt memberi solusi bagi para pelaku usaha khususnya UMKM selama bulan Ramadan.

“Ramadan pada 2 tahun terakhir ini masih memiliki suasana berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini membawa ragam perubahan salah satunya tantangan dalam melakukan kegiatan usaha yang berpengaruh pada perekonomian. Melalui kampanye Big Ramadan Sale 2021 pada tahun ini, kami berupaya untuk memberikan sorotan dan jangkauan yang luas khususnya terhadap produk-produk lokal UMKM sebagai salah satu upaya kami untuk mendukung roda perekonomian Indonesia. Kami senang sekali melihat animo yang tinggi dari pengguna untuk memenuhi kebutuhan Ramadan, terlihat dari antusiasme pengunjung Shopee selama Ramadan yang kami inisiasi sebagai wadah untuk aktivitas online, seperti berbelanja berbagai kebutuhan, hingga alternatif kegiatan pelengkap melalui inovasi game yang tersedia untuk menemani kegiatan beribadah selama bulan Ramadan tahun 2021 ini, bahkan untuk jangkauan hingga ke daerah terpencil di Indonesia karena ekosistem online yang senantiasa dihadirkan. Hasil yang luar biasa ini juga tidak luput dari dukungan mitra brand dan para penjual yang telah berpartisipasi,” ujar Handhika Jahja selaku Direktur Shopee Indonesia.

Dalam upaya mendukung UMKM Indonesia selama Ramadan 2021, animo tinggi pengguna terlihat dari beberapa hal berikut:

  • Adanya dukungan dari pengguna terhadap produk-produk UMKM dari berbagai kategori, dimana Kategori Souvenir, Pakaian Muslim dan Pakaian Bayi & Anak menjadi peluang baik untuk perkembangan bisnis para penjual UMKM di Shopee Indonesia melalui Big Ramadan Sale.

○ Salah satunya, yaitu Souvenir, terlihat menjadi kategori dengan peningkatan produk terjual lebih dari 3 kali lipat. Pengguna memanfaatkan kategori ini untuk memenuhi kebutuhan dekorasi rumah dan melengkapi keperluan pengiriman parsel Lebaran untuk menyambung silaturahmi dengan keluarga.

○ Pengguna juga memanfaatkan kategori fesyen dalam Pakaian Muslim serta Pakaian Bayi & Anak untuk memenuhi kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri, dimana Pasmina Plisket, Baju Koko, dan Gamis Anak menjadi produk paling dicari dalam kategori tersebut.

  • Selain itu, Shopee Indonesia juga turut menghadirkan program inovatif menarik dari in-app gamification, salah satunya, Goyang Shopee, untuk alternatif pelengkap aktivitas guna menjawab antusiasme pengguna di platform e-commerce dengan hingga 600.000 jam dimainkan selama kampanye Big Ramadan Sale berlangsung.
  • Kampanye Shopee Big Ramadan Sale juga menjadi wadah efektif yang memberikan kemudahan berbelanja para pengguna melalui penerapan metode pembayaran digital. Terdapat peningkatan penggunaan ShopeePay hingga hampir 90% pada puncak kampanye Big Ramadan Sale 2021 berlangsung, dibandingkan hari biasanya.

Shopee turut merealisasikan peran dan fungsi sosialnya sebagai prasarana perpanjangan tangan untuk berbagi sesama secara virtual. Baik untuk donasi, maupun pembayaran zakat pada pihak yang membutuhkan.

Melalui program Berbagi Tanpa Batas bersama Shopee, sebanyak total Rp 1,128,461,180 zakat dan donasi telah terkumpul sejak awal kampanye Big Ramadan Sale hingga tanggal 5 Mei 2021. E-commerce ini juga berkolaborasi dengan berbagai mitra lembaga terpercaya seperti, Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Rumah Yatim dan Nu Care Lazisnu.

Bersama dengan Rumah Zakat, Shopee dan ShopeePay juga bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk menyalurkan sebagian total donasi mellaui salah satu program spesial kolaborasi bertajuk Pemberdayaan Ekonomi UMKM. Program ini diinisiasi sebagai perpanjangan tangan pengguna untuk dapat mmeberi pelaku UMKM bantuan untuk berkembang dalam bentuk pendanaan atau modal usaha, pendampingan dan edukasi wirausaha.

“Kami senantiasa membuka berbagai peluang baik demi terealisasinya komitmen kami untuk dapat selalu berbagi. Rumah Zakat sudah menjalankan kolaborasi bersama Shopee sejak Ramadan beberapa tahun lalu hingga saat ini, dan telah menerima antusiasme yang sangat positif dari para pengguna Shopee. Tahun ini, kami senang sekali berhasil menghadirkan kolaborasi spesial melalui program ‘Pemberdayaan Ekonomi UMKM’ bersama Shopee untuk dapat membantu dan menjaga keberlangsungan bisnis UMKM. Hasil donasi melalui Shopee, kami salurkan ke pelaku UMKM di berbagai wilayah desa berdaya di 285 kota/kabupaten dari 33 provinsi se Indonesia. Kami senang dapat selalu memberikan akses secara luas kepada masyarakat, khususnya pengguna Shopee yang ingin berbagi kebaikan dan berperan dalam memulihkan kembali ekonomi Indonesia khususnya di tengah pandemi saat ini. Kami berharap inisiatif baik ini dapat terus terlaksana, guna memberikan dampak positif di kemudian hari,” ujar Irvan Nugraha, Chief Marketing Officer Rumah Zakat.

Dalam tetap menghadirkan akses berbelanja dan sebagai wadah alternatif aktivitas online, pengguna masih bisa menikmati kampanye Big Ramadan Sale 2021 ini hingga 11 Mei dengan penawaran sehari-hari menjelang Hari Raya berupa Diskon Mulai dari 50% di tanggal 9 Mei, Diskon s/d 95% untuk Produk Digital di tanggal 8 Mei, dan Diskon s/d 90% untuk kebutuhan Fashion Muslim di tanggal 7 Mei, dengan kesempatan untuk berbagi kebaikan secara digital seperti zakat dan donasi, yang masih bisa dilakukan hingga 13 Mei 2021.

Baca juga, Lazada Berikan Solusi E-Commerce untuk UMKM Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here