Transaksi Produk Lokal di Tokopedia Melonjak Lebih Dari 6x Lipat Selama Kampanye BBI

0
194
Tokopedia

Selama kampanye Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) berlangsung yang ditetapkan pemerintah pada 5-13 Mei 2021 lalu, Tokopedia mencatat adanya kenaikan penjualan di sejumlah kategori produk lokal lebih dari 6x lipat.

Didukung oleh 72 platform e-commerce di Indonesia termasuk Tokopedia, ternyata meraih antusiasme sangat tinggi dari masyarakat.

Seperti yang disampaikan Ekhel Chandra Wijaya, selaku External Communications Senior Lead, Tokopedia, “Tokopedia, yang merupakan rumah bagi lebih dari 11 juta penjual, di mana hampir 100%nya UMKM lokal, mencatat adanya kenaikan penjualan di sejumlah kategori produk lokal selama kampanye BBI berlangsung.”

Makanan dan Minuman

Kategori Makanan dan Minuman masih tetap menjadi kategori favorit masyarakat, dilihat dari peningkatan transaksi sebanyak lebih dari 2x lipat selama kampanye berlangsung dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

“Kami mencatat paket dan parsel makanan, makanan ringan dan minuman sebagai produk favorit masyarakat di kategori ini selama kampanye hari BBI berjalan,” jelas Ekhel.

Jagapati, toko produk-produk makanan sehat produksi petani dan UMKM lokal, turut mencatat kenaikan transaksi hampir 2x lipat selama kampanye berjalan.

Ibu dan Bayi

Transaksi pada kategori Ibu dan Bayi juga mengalami peningkatan lebih dari 2x lipat. Di kategori ini, makanan dan susu bayi, produk perawatan bayi serta makanan dan susu ibu hamil menjadi produk paling diincar selama kampanye berjalan.

Kesehatan

“Produk kesehatan tentu masih menjadi kebutuhan penting masyarakat terutama selama pandemi. Kami mencatat adanya peningkatan hampir 3x lipat pada kategori Kesehatan saat Hari BBI 2021 berlangsung,” tambah Ekhel.

Pada Kategori Kesehatan, perlengkapan kebersihan, masker dan obat-obatan menjadi 3 produk paling dicari selama kampanye berlangsung.

Fashion

Ekhel menjelaskan bahwa walaupun banyak masyarakat yang masih harus beraktivitas dari rumah, kategori Fashion tetap diminati, dilihat dari transaksi yang melejit hingga lebih dari 6x lipat selama kampanye, jika dibandingkan dengan periode yang sama sebelum kampanye.

Seperti Dakara Indonesia, salah satu pegiat usaha lokal yang menjual berbagai produk fashion bermotif etnik Indonesia, ikut mengalami kenaikan transaksi hingga lebih dari 2x lipat berkat partisipasinya dalam kampanye Hari BBI 2021.

Elektronik Lokal

Antusiasme masyarakat akan produk elektronik buatan lokal pun meningkat berkat kampanye Hari BBI 2021. “Ada kenaikan hingga lebih dari 6x lipat pada kategori Elektronik Lokal selama kampanye,” kata Ekhel.

Produk elektronik seperti audio, lampu dan elektronik kantor menjadi 3 produk terpopuler pada kategori ini.

“Tokopedia berharap akan lebih banyak lagi kolaborasi seperti Hari BBI 2021 yang bisa memberikan panggung lebih luas kepada UMKM lokal dalam memperkenalkan produknya ke lebih banyak masyarakat Indonesia sekaligus mendorong rasa#BanggaBuatanIndonesia,” tutup Ekhel.

Baca juga, Tren Live Shopping Tokopedia Play Meningkat Selama Ramadan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here