Melalui Aplikasi blu dan Blibli, BCA Perkuat Ekosistem Digital untuk Indonesia

0
122

BCA Digital memulai debutnya sebagai anak perusahaan BCA dengan meluncurkan platform perbankan digital bernama ‘blu’, pada tanggal 2 Juli 2021 yang lalu. BCA Digital hadir sebagai bank tanpa cabang yang lahir sepenuhnya dalam ekosistem digital, dengan misi untuk menyediakan platform perbankan all-in-one yang dapat menjawab berbagai kebutuhan segmen nasabah modern.

BCA Digital mewujudkan keseriusannya dalam mengembangkan ekosistem digital di Indonesia dengan meluncurkan aplikasi perbankan digital “blu” sekaligus menggandeng e-commerce lokal terdepan, Blibli, untuk membentuk sinergi perdana lintas sektor.

blu menyediakan berbagai fitur inovatif, seperti pembukaan rekening secara online dan alokasi menabung ke 10 sub-rekening bluSaving yang berbeda, agar nasabah dapat memisahkan pendapatan sesuai dengan pos-pos kebutuhannya. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur bluGether, tabungan yang berfungsi seperti rekening bendahara, serta bluDeposit yang memudahkan nasabah membuka deposito yang bisa di top up.

Sejak diluncurkan, fitur seperti bluSaving dan bluGether telah mendapatkan respon hangat dari nasabah BCA Digital. Dari data yang ada saat ini, setidaknya 26,2% dari total top 5 bluSaving digunakan untuk alokasi budget belanja, disusul dengan 20,9% nasabah menabung untuk berlibur, 18,5% untuk persiapan dana pensiun, 17,2% untuk pembelian rumah, dan 17% untuk pembelian kado.

Sementara penggunaan fitur patungan bluGether terpopuler adalah untuk: patungan liburan bersama (35,4%), pembelian kado (19,9%), tabungan pernikahan dan donasi (15,2%), serta pembelian rumah (14,1%).

“Seiring dengan semakin eratnya fungsi bank digital dalam kehidupan sehari-hari, kami ingin punya andil untuk menghadirkan kemudahan dunia digital yang sesungguhnya. Oleh karena itu, di BCA Digital, kami berkomitmen mengembangkan platform yang dapat memenuhi kebutuhan finansial dan non-finansial nasabah, lewat ekosistem digital yang saling terkoneksi,” jelas Lanny Budiati, Direktur Utama BCA Digital.

Melalui integrasi antara blu dan Blibli, pelanggan dapat merasakan berbagai manfaat di platform Blibli, mulai dari membuka akun rekening bank digital secara mudah hingga melakukan transaksi pembayaran e-commerce. Pelanggan Blibli juga bisa melakukan transaksi secara praktis di aplikasi dengan menggunakan akun digital blu melalui fitur in-app payment ataupun QRIS yang dapat digunakan di luar ekosistem Blibli.

Selain komitmen kolaborasi, BCA Digital juga ingin menjadikan blu sebagai teknologi perbankan yang memberikan dampak positif bagi keberlanjutan bumi. Di tahun 2021 ini, blu menginisiasi kampanye pilot bertemakan #blubuatbaik. Pada kampanye ini, blu dan BCA Digital turun tangan dalam menjaga lingkungan dari ancaman sampah, khususnya sampah plastik, yang merusak ekosistem alam di indonesia.

ngan berbagai fitur, layanan, dan kemitraan yang akan terus ditingkatkan, BCA Digital melalui blu mendukung misi pemerintah untuk mewujudkan indeks inklusi keuangan sebesar 90% di tahun 2024. Selama tahun 2021, BCA Digital berencana untuk menjaring setidaknya ratusan ribu nasabah baru yang menikmati layanan aplikasi blu.

Baca juga : Gojek gandeng BCA luncurkan GoBiz PLUS, ini keunggulannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here