Tingkatkan Peluang Bisnis UMKM, GoTo Financial Hadirkan KONTAG

0
554

GoTo Financial memperkenalkan solusi terbaru untuk pengembangan kompetensi UMKM dengan meluncurkan KONTAG hari ini (25/8). KONTAG sendiri merupakan kepanjangan dari Komunitas Retail GoTo Financial.

Solusi komprehensif tersebut telah terbukti membantu pelaku usaha di mana ada tren kenaikan  positif transaksi mitra usaha yang bergabung di ekosistem GoTo Financial, yaitu Midtrans, Selly, Moka, dan GoStore. Sepanjang 2020, jumlah mitra usaha GoTo Financial meningkat hingga 3 (tiga) kali lipat jika  dibandingkan sebelum pandemi. Total transaksi juga meningkat hingga hampir 6 (enam) kali lipat. 

Inisiatif KONTAG ini khusus ditujukan kepada mitra usaha  kecil menengah dari berbagai industri mulai dari industri fesyen, handicraft, penyedia jasa kecantikan, hingga pedagang eceran. KONTAG menaungi mitra usaha gabungan Moka dan GoStore, Midtrans, Selly, serta GoSend dan GoShop. Komunitas ini merupakan bagian dari inisiatif Akademi Mitra Usaha (KAMUS)  yang telah melatih lebih dari 50.000 UMKM di seluruh Indonesia selama tahun 2021.  

“Misi kami tidak hanya untuk  memberikan solusi terbaik kepada konsumen, tetapi juga menghadirkan solusi bisnis lengkap bagi  pengusaha UMKM ritel untuk mengembangkan dan memperbesar skala usahanya di Indonesia. Mitra  usaha kami sangat istimewa, karena sebagai bagian dari ekosistem GoTo Financial, mereka bisa  mendapatkan akses tidak hanya ke solusi teknologi tetapi juga menjadi bagian dari komunitas mitra usaha  yang memiliki akses kepada berbagai pelatihan untuk meningkatkan peluang bisnis mereka. Tidak berhenti  di pengusaha kuliner dan penjual marketplace, kami juga mendukung pelaku berbagai bidang usaha  lainnya, dari penyedia jasa kecantikan, bengkel, pedagang eceran, hingga industri fesyen serta handicraft  agar kita semua bisa bangkit bersama, terutama di masa pandemi ini,” ujar Andra Soelistyo selaku CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial. 

KONTAG menghadirkan dua elemen penting dalam pengembangan usaha yang diharapkan dapat  membekali pelaku usaha dengan kompetensi yang lebih mumpuni, yaitu pendampingan melalui Bimbingan  Merchant dan wadah saling berbagi melalui Tamu Merchant. 

Novi melanjutkan, solusi teknologi dan non-teknologi GoTo Financial telah terbukti membantu mitra usaha  untuk beradaptasi dan bertumbuh sehingga bisa Bangkit Bersama di masa pandemi. Berdasarkan data  internal, solusi teknologi GoTo Financial mencatatkan angka pertumbuhan positif, seperti di bawah ini: 

  • Inovasi terbaru dari jaringan Point of Sale (POS) Moka melalui GoStore yang memfasilitasi UMKM  untuk membuat toko online sendiri,berhasil mencatat peningkatan jumlah mitra usaha empat (4)  kali lipat di Q2 2021. 
  • Payment Gateway terdepan Indonesia, Midtrans mencatat peningkatan transaksi non-tunai  hingga 75% sepanjang 2020. Selain itu, penggunaan fitur payment link untuk membantu toko  offline dalam menerima pembayaran non-tunai lewat aplikasi chat dan email meningkat hingga  empat (4) kali lipat sejak pandemi. 
  • Aplikasi keyboard multifungsi Selly berhasil mempermudah proses administrasi UMKM yang  mengandalkan penjualan di media sosial. Sejak pandemi, jumlah UMKM yang terdaftar pada  aplikasi Selly meningkat hampir dua (2) kali lipat. 

Dalam peluncuran yang digelar pagi tadi, GoTo Financial turut mengundang Oke Nurwan selaku Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan. Dirinya memberi apresiasi serta dukungan terhadap KONTAG.

 “Misi kami tidak hanya untuk  memberikan solusi terbaik kepada konsumen, tetapi juga menghadirkan solusi bisnis lengkap bagi  pengusaha UMKM ritel untuk mengembangkan dan memperbesar skala usahanya di Indonesia. Mitra  usaha kami sangat istimewa, karena sebagai bagian dari ekosistem GoTo Financial, mereka bisa  mendapatkan akses tidak hanya ke solusi teknologi tetapi juga menjadi bagian dari komunitas mitra usaha  yang memiliki akses kepada berbagai pelatihan untuk meningkatkan peluang bisnis mereka. Tidak berhenti  di pengusaha kuliner dan penjual marketplace, kami juga mendukung pelaku berbagai bidang usaha  lainnya, dari penyedia jasa kecantikan, bengkel, pedagang eceran, hingga industri fesyen serta handicraft  agar kita semua bisa bangkit bersama, terutama di masa pandemi ini,” ujar Oke. 

Sebagai bagian dari grup GoTo, GoTo Financial hadir untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia  melalui pembayaran, layanan keuangan dan solusi bisnis di dalam ekosistem ekonomi digital. GoTo  merupakan grup teknologi terbesar di Indonesia yang menggabungkan layanan on-demand, e-commerce,  serta layanan keuangan dan pembayaran melalui Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. Untuk bisnis dari  berbagai skala, mulai dari UMKM, perusahaan rintisan, hingga korporasi, GoTo Financial menawarkan  solusi bisnis lengkap melalui Midtrans (payment gateway terkemuka), Moka dan GoBiz Plus (jaringan Point  of Sales terbesar di Indonesia), hingga platform GoBiz dan Selly yang dapat meningkatkan efisiensi usaha online. 

“Melalui pengalaman kami dalam membantu jutaan UMKM melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), kami telah melihat  dan membuktikan pentingnya kehadiran komunitas dan pelatihan untuk membantu mereka  mengembangkan usahanya. Hal ini salah satunya ditunjukkan oleh 80% peserta komunitas yang merasa  materi yang diberikan bermanfaat untuk berjalannya bisnis mereka terutama di masa pandemi. Maka  melalui KONTAG, kami ingin semakin memperluas manfaat ini dengan merangkul berbagai lini pelaku  usaha yang tidak hanya terbatas pada sektor kuliner,” tutup Novi Tandjung selaku Head of Merchant Platform Business GoTo Financial. 

Baca juga, GoPay Jadi Opsi Pembayaran untuk Aplikasi MyBlueBird

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here