Optimalkan Transaksi Digital, DANA v.2.0 Bawa Tampilan Baru

0
DANA Gaming Community

Dompet digital DANA terus berinovasi, salah satunya dengan mengembangkan tampilan antarmuka (UI) versi terbaru untuk memperkaya pengalaman pengguna (UX) dalam bertransaksi digital melalui DANA v.2.0.

Dengan harapan, evolusi DANA v.2.0 mampu mengakselerasi teknologi yang inklusif untuk semua pengguna dan membawa perubahan yang progresif dalam memudahkan beragam aktivitas hingga memberdayakan pengguna ke kehidupan yang lebih baik.

Pengembangan tampilan antarmuka (UI) membawa peran besar dalam memberikan nilai di setiap pengalaman pengguna (UX) dalam bertransaksi digital.

Peranan ini diakui pula oleh beberapa studi seperti Forrester Research di tahun 2019 dalam laman websitenya yang menyatakan bahwa optimasi UI/UX sangat penting untuk sebuah aplikasi dalam mengantarkan pengguna pada tujuan mereka.

Dalam studi tersebut dikatakan pula apabila UI/UX yang optimal dapat mendorong keinginan transaksi pengguna sebesar 14,4% dan juga mampu mempertahankan retensi pengguna sampai 15,8%.

Oleh karena itu, pengembangan DANA v.2.0 merupakan upaya DANA dalam menjembatani dan memahami basis pengguna di era digital yang memiliki karakteristik unik dengan kebutuhan yang makin kompleks.

DANA v.2.0 juga menghadirkan sejumlah pembaruan pada beberapa aspek yang menjadi pilar DANA sebagai dompet digital yang aman dan tepercaya (trusted), bersahabat dan ramah pengguna (friendly), serta mudah dan selalu siap diandalkan (accessible).

Tampilan yang menyegarkan dari DANA v.2.0 ini dapat segera Paradiva temui pada tampilan depan DANA atau DANA Home. Tampilan antarmuka dalam versi teranyar ini menjadi lebih bersih dengan sajian informasi kontekstual yang lebih baik untuk setiap komponen.

Misalnya, kemunculan informasi aktivitas Paradiva pengguna DANA, menu ‘Hanya Untukmu’ untuk mengecek langsung kode referral, voucher, dan lainnya, hingga informasi DANA Protection agar Paradiva jadi bebas cemas dalam bertransaksi digital.

DANA juga menyederhanakan langkah-langkah dalam fitur Kirim Uang. Paradiva kini dapat dengan mudah memanfaatkan kolom pencarian untuk transfer yang lebih praktis.

Selain itu, pada tampilan barunya, DANA juga memajang deretan tujuan transaksi yang terakhir dilakukan. Kedua pilihan ini menjadi jalan pintas bagi Paradiva untuk mempercepat transfer pada tujuan yang sama baik sesama pengguna DANA ataupun rekening bank.

Nah, untuk menjadikan Paradiva merasa aman, nyaman dan terbantu pengelolaan transaksinya, DANA memperbarui fitur DANA Statement dengan menambahkan widget di iOS.

Melalui pembaruan ini Paradiva dapat dengan cepat melihat keseluruhan pengeluaran Kamu di DANA tanpa harus masuk ke aplikasi DANA. Selain itu dihadirkan pula fitur Daily Limit yang memungkinkan Paradiva mengatur batas pembelanjaan harian untuk setiap kartu sehingga pengunaan makin terkontrol dan terkendali.

DANA juga menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk kartu pengguna di dalam DANA. Pintarnya teknologi yang dimiliki DANA dapat dirasakan lewat fitur Smart Pay. Fitur ini membantu memberikan rekomendasi metode pembayaran terbaik untuk penggunanya.

Dengan demikian, Paradiva tidak perlu khawatir apabila saldo DANA tidak mencukupi untuk bertransaksi. Caranya pun mudah, Smart Pay dapat diaktifkan dengan mengakses halaman Me, lalu ubah pengaturan di Profile Setting, kemudian nyalakan Automatically Redirect Payment untuk mengaktifkan fungsi Smart Pay.

Peranan pengembangan UI/UX untuk mengakomodir kebutuhan sekaligus menjaga kepercayaan pengguna juga ditanggapi senada oleh Borrys Hasian yang dikenal sebagai Design Innovation Consultant & Design Sprint Expert. Menurutnya, setiap penyedia layanan keuangan harus selalu adaptif dalam menanggapi kebutuhan pengguna yang senantiasa berubah-ubah.

Anyway, peluncuran DANA v.2.0 di bulan Agustus yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional menjadi momentum bagi DANA untuk mengokohkan tekad dan upaya nyatanya dalam mendukung transformasi menuju masyarakat digital.

Selain mendukung visi jangka panjang terealisasinya cashless society yang makin kompeten, tekad dan upaya tersebut bagi DANA sangat penting guna mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi COVID-19 melalui pengembangan teknologi finansial.

DANA v.2.0 resmi diperkenalkan pada ajang DANA Tech Talk bertajuk ‘Gold Recipe in Building Experiences to Tens of Million Users’, forum diskusi para penggiat teknologi untuk membahas mengenai potensi teknologi dan inovasi dompet digital dalam memajukan ekonomi digital nasional.

Kegiatan ini akan digelar secara rutin dan diharapkan bisa menjadi sarana diskusi nan edukatif yang sekaligus menjaring ide-ide baru mengenai pemanfaatan teknologi guna mewujudkan ekonomi digital yang makin inklusif.

Baca juga, Gandeng Women’s World Banking, DANA Sediakan Program Edukasi Keuangan


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan