GoFood Bagikan Ribuan Tas Pengantaran Gratis untuk Driver

0
202
GoFood
Foto: Gojek

GoFood bagikan ribuan tas pengantaran gratis untuk driver. Tas yang dibagikan sejumlah 8.000 tas pengantaran untuk mitra ke sejumlah kota di Indonesia.

Upaya ini merupakan usaha GoFood dalam menjaga kualitas makanan agar tetap prima dan higenis sampai ke tangan pelanggan. Tak hanya  itu, program ini juga merupakan salah satu langkah konkret dari inisiatif GoGreener Gojek untuk  mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dalam kegiatan sehari-hari.

GoFood
Foto: Gojek

Hingga September 2021,  sebanyak lebih dari 75.000 tas pengantaran dan tas belanja ramah lingkungan telah didistribusikan baik  kepada mitra driver maupun mitra usaha.

Ichmeralda Rahman, Global Head Marketing GoFood, mengatakan “Fokus kami di GoFood adalah untuk  memberikan pengalaman kuliner terbaik bagi pelanggan. Di tengah pandemi seperti saat ini, kami paham  bagaimana kebersihan menjadi prioritas pelanggan, mitra usaha maupun mitra driver. Oleh karena itu,  selain menghadirkan sejumlah promo menarik, GoFood terus mendorong #ProteksiEkstra bagi seluruh  ekosistemnya, termasuk dalam menjaga kualitas makanan yang antara lain kami lakukan melalui distribusi  ribuan tas pengantaran GoFood kepada mitra driver.”

Ichmeralda menambahkan bagaimana tas pengantaran GoFood dirancang agar nyaman dan aman untuk  digunakan para mitra driver. Terbuat dari material tas yang tahan air (waterproof), tas pengantaran  GoFood mampu melindungi makanan dan minuman dari debu dan kotor, lapisan insulasi untuk menjaga  makanan dan minuman yang diantar tetap berada pada suhu optimal, membuat makanan/minuman tidak  mudah tumpah, praktis dan bisa dilipat, serta lebih ramah lingkungan.

Beragam inisiatif telah diluncurkan GoFood sejak awal pandemi COVID-19 untuk mendukung penerapan  protokol kebersihan dan kesehatan terdepan seperti mendistribusikan paket #ProteksiEkstra yang terdiri  dari kartu suhu tubuh, safety seal berlogo GoFood, masker kain, hand sanitizer, poster panduan protokol  kesehatan, dan box #ProteksiEkstra kepada mitra usaha. Hal ini sejalan dengan langkah proaktif GoFood  dalam menerapkan minimal tiga dari enam prokol kebersihan makanan sesuai arahan BPOM, yaitu:  penggunaan masker, penyemprotan desinfektan secara berkala, pengecekan suhu tubuh driver,  penggunaan segel makanan, sticker penjaga jarak kasir dan antrian, dan menyediakan tempat cuci tangan.

Komitmen GoGreener GoFood untuk Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Pembagian tas pengantaran ini juga sekaligus menggarisbawahi kelanjutan komitmen GoFood dalam  berperan aktif mengurangi penggunaan plastik sekali pakai yang sejalan dengan komitmen The Three  Zeros Gojek, khususnya Zero Waste (Nol Sampah). Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya perusahaan  untuk mencegah masuknya penggunaan plastik sekali pakai dalam ekosistem GoFood.

Selain pembagian gratis ribuan tas pengantaran kepada mitra driver, GoFood juga menginisiasi uji coba  penggunaan kemasan makanan mudah terurai yang terbuat dari serat tebu, sehingga dapat terurai hanya  dalam 90-180 hari. Program ini sementara telah diterapkan di sejumlah mitra usaha di Tebet, Jakarta  Selatan, seperti Circle K Tebet, I am Geprek Bensu, Doner Kebab, dan Fried Chicken Master.

Aktivis lingkungan penggagas Gerakan Diet Kantong Plastik (GDKP) Tiza Mafira mengatakan “Konsumsi  belanja daring selama pandemi meningkat, terutama dalam pembelian makanan. Saya mengapresiasi  inisiatif dari Gojek untuk penyediaan insulated bags kepada para driver. Saya harap tas-tas ini digunakan  maksimal oleh para driver sehingga keinginan masyarakat untuk tidak menerima wadah kantong plastik  dapat terjawab melalui inisiatif ini.”

GoFood
Foto: Gojek

Sejumlah inisiatif GoGreener lainnya yang telah dilakukan di dalam layanan GoFood antara lain  penggunaan paper bag untuk mitra usaha GoFood yang bisa didapatkan dari layanan GoFresh, menghadirkan opsi bagi pelanggan untuk tidak menggunakan alat makan sekali pakai, edukasi pelanggan melalui kolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Dinas Lingkungan Hidup di tingkat daerah serta organisasi lingkungan, seperti Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP), dan meningkatkan visibilitas mitra GoGreener di aplikasi.

Selain itu, GoFood juga telah bekerja  sama dengan Plastik Detox untuk memberikan pelatihan bisnis ramah lingkungan kepada para mitra usaha  melalui program Gojek Wirausaha, serta bersama World Wildlife Fund (WWF) Indonesia untuk  memberikan pelatihan kepada mitra driver melalui program Bengkel Belajar Mitra (BBM) mengenai  pentingnya pelayanan ramah lingkungan dengan menggunakan tas pengantaran agar mengurangi  penggunaan plastik sekali pakai. 

Baca juga, Rayakan Kemerdekaan Indonesia, GoFood Hadirkan Promo Rp1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here