Fakta menarik Tokopedia sepanjang 2018

0

Diva says – Tokopedia sebagai salah satu e-commerce terdepan di Indonesia memiliki visi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Sesuai dengan visinya, Tokopedia berkomitmen memberikan peluang yang besar terhadap UMKM di Indonesia untuk memulai bisnisnya secara online.

Hampir 10 tahun Tokopedia berdiri di Indonesia, ternyata ada fakta menarik tentang e-commerce yang satu ini selama tahun 2018. Fakta pertama adalah total Gross Merchandise Value (GMV) meningkat sebanyak 4 kali lipat dari tahun sebelumnya. Fakta kedua, total transaksi di luar pulau Jawa membludak hingga 66% dan 25% transaksi pengiriman barang dilakukan pada opsi same-day.

Beberapa fakta lainnya juga diikuti oleh kategori penjualan di Tokopedia, seperti kategori produk digital. Penjualan saldo tiket M-Tix yang termasuk ke dalamnya mencapai total penjualan 5 kali jumlah penduduk kota Padang. Sedangkan penjualan saldo E-Money di Tokopedia terhitung mampu untuk pembayaran tol Jakarta-Surabaya sebanyak 120 ribu kali.

Selain produk digital, produk di kategori gaya hidup juga mengalami peningkatan jumlah penjualan. Total penjualan pupuk tersebut dapat digunakan untuk menyuburkan lahan seluas 7 kali kota Medan. Sementara itu, produk stiker di Tokopedia berhasil terjual sebanyak 2 kali total penduduk Surabaya.

Untuk produk yang berada di marketplace, terdapat 16 juta botol minum yang juga berhasil terjual di Tokopedia selama tahun 2018. Ada pun total penjualan mangkok yang setara dengan mangkok bakso untuk seluruh warga Tangerang Selatan. Terakhir, total penjualan buah-buahan di Tokopedia cukup untuk pengiriman 135 ribu parcel buah.

“Memasuki tahun ke-10, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem kami menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) dimana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan kami akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline. Dengan evolusi ini, kami ingin mempercepat pencapaian misi kami dalam pemerataan ekonomi secara digital,” ujar Priscilla Anais, CEO Office Manager Tokopedia.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan