Perluas Program Edukasi “Finansiap”, GoPay Lakukan Kolaborasi dengan BEI

0
FinanSiap
Foto: GoPay

GoPay dan BEI memperluas program edukasi “FinanSiap” untuk mencetak investor ritel pemula yang cerdas. Hal ini dilakukan untuk mmeberi edukasi keuangan sekaligus pengelolaan aset yang lebih baik serta cerdas untuk mengingkatkan literasi keuangan.

Edukasi ini merupakan bagian dari perluasan program FinanSiap yang menyasar masyarakat kelompok usia muda. Saat ini, mereka menjadi kelompok investor retail terbesar di pasar modal Indonesia.

Kolaborasi yang diselenggarakan sebagai bagian menyemarakkan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tersebut  mempertegas komitmen GoPay, Gojek dan Tokopedia mewujudkan layanan jasa keuangan yang inklusif  bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

FinanSiap
Foto: GoPay

Program FinanSiap didesain untuk menjawab kebutuhan peningkatan literasi keuangan di tengah  masyarakat yang semakin melek teknologi serta investasi. Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek  Indonesia (KSEI), terjadi kenaikan jumlah investor pasar modal dari 2.484.354 pada tahun 2019 menjadi  3.880.753 pada akhir tahun 2020, dan bahkan mencapai angka 6.610.173 pada 15 Oktober 2021 lalu.

Data Per-September 2021, tercatat 59,23% dari total investor pasar modal merupakan kalangan anak muda di  bawah usia 31 tahun. Namun demikian, hasil dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK)  ketiga yang dilakukan OJK pada 2019 mengenai indeks literasi keuangan menunjukkan hanya 38% dari  total penduduk Indonesia yang memiliki literasi keuangan yang baik.

Program FinanSiap terdiri dari rangkaian konten edukasi yang dikemas secara ramah sehingga dapat  mudah dipahami oleh masyarakat umum dan investor pemula, dalam bentuk website, artikel, video,  webinar, infografis, serta podcast. Program ini melibatkan berbagai pakar dan ahli pasar modal sebagai  pemateri serta narasumber.

Materi edukasi FinanSiap yang tersedia di gopay.co.id/finansiap disusun ke dalam tiga modul yang  mencakup:

  1. Perencanaan Keuangan
  2. Pengelolaan Keuangan
  3. Pengenalan Jenis Investasi

Chief Marketing Officer GoPay, Fibriyani Elastria menjelaskan, “GoPay terus memperluas fungsi dan  penggunaannya untuk membantu pengguna mengatur keuangan untuk mencapai tujuan finansial di masa  depan. Melalui program edukasi FinanSiap yang telah kami mulai sejak Juli lalu, kami telah menjangkau 56 ribu penonton melalui diskusi virtual yang dengan para pakar keuangan dan investasi. Melihat  antusiasme anak muda yang sangat tinggi, kali ini, kami memperluas cakupan materi edukasi FinanSiap  termasuk tentang investasi saham di pasar modal. Materi edukasi ini juga akan kami perluas kepada para  pengguna dan mitra usaha (merchant) GoPay, Gojek, Tokopedia. Harapannya bersama BEI kami dapat  mengedukasi calon investor pasar modal agar dapat berinvestasi sesuai dengan profil risiko masing masing.”

FinanSiap
Foto: GoPay

Berkaitan dengan hal ini, Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi memberikan tanggapan, “Gopay,  Gojek, dan Tokopedia sudah menjadi bagian dari keseharian kita semua, yang tidak hanya memiliki  keterlibatan serta basis konsumen yang luas, tetapi juga ekosistem layanan yang lengkap. Program  edukasi “FinanSiap” ini sangat positif dan sejalan dengan target edukasi pasar modal yang selama ini  dilakukan oleh BEI. Untuk itu, kami menyambut baik kolaborasi ini untuk meningkatkan literasi dan inklusi  pasar modal sambil memastikan pesan yang disampaikan sejalan dengan misi kita untuk mencetak  investor ritel pemula yang cerdas. Kami berharap bahwa sinergi BEI dengan GoTo bersama kekuatan  ekosistemnya dapat membawa tingkat literasi keuangan yang lebih tinggi di kalangan masyarakat  Indonesia.”

Chief of Public Policy and Government Relations GoTo, Shinto Nugroho menambahkan, “FinanSiap  merupakan hasil kolaborasi dan dukungan nyata dari GoTo bersama dengan BEI untuk pencapaian target  pemerintah dalam mendorong tingkat literasi keuangan dan inklusi keuangan masyarakat, serta secara  khusus untuk meningkatkan jumlah investor ritel di pasar modal Indonesia khususnya anak muda,  sehingga mereka dapat menjadi investor yang cerdas dan bertanggung jawab. Peluncuran kolaborasi ini  juga menjadi bagian dari perayaan BIK sebagai langkah untuk membuka akses keuangan seluas-luasnya  bagi masyarakat.”

Lebih lanjut, Fintech and Payment Business Head, Vira Widiyasari, mengungkapkan, “Sebagai bagian  Grup GoTo, Tokopedia terus berupaya meningkatkan literasi dan manajemen keuangan masyarakat  melalui solusi investasi yang inklusif, mudah, cepat dan terjangkau, contohnya Tokopedia Emas dan  Tokopedia Reksa Dana di ekosistem Tokopedia Keuangan. Penetrasi produk investasi yang dinilai mudah  dipahami bahkan bagi investor pemula ini diharapkan bisa mendorong masyarakat mengenal produk  investasi lebih lanjut lainnya dan secara umum meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.”

Sebelumnya, kelas virtual FinanSiap telah dimulai sejak Juli 2021 dan diadakan setiap bulannya. Setiap  sesi FinanSiap ditayangkan lewat Instagram Live akun resmi @gopayindonesia dengan melibatkan  berbagai perencana keuangan serta figur publik, seperti Melvin Mumpuni, Felicia Putri, Rivan Kurniawan,  dan masih banyak lainnya. Materi yang dibahas di mulai dari cara mengatur prioritas keuangan selama  pandemi hingga tips berinvestasi dengan aman.

Baca juga: GoPay Luncurkan Program FianSiap


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan