Inovasi Tokopedia untuk Aplikasi iOS dan Android

0
UMKM

Bantu UMKM dan permudah akses pengguna, Tokopedia membawa beragam inovasi digital untuk aplikasi iOS dan Android-nya. Apalagi kita masih di tengah pandemi seperti saat ini.

Tokopedia sendiri kini telah berhasil membantu lebih dari 11 juta UMKM. Serta, memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan. Memang sudah seharusnya, e-commerce tersebut selalu menghadirkan inovasi digital baru pada platformnya.

Untuk menghadirkan beragam inovasi tersebut, tentunya tak mudah. Tokopedia memiliki Rico Harisin dan Toito selaku Head of Engineering Tokopedia. Keduanya terlibat dalam proses pengembangan aplikasi Tokopedia dari nol.

Rico bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi Android Tokopedia, menyaakan bahwa ia dan tim berhasil melihat perilaku pengguna dalam berbelanja menggunakan Artificial Intelligence (AI), machine learning dan tekonologi manajemen data. Hal tersebut guna memberi pengalaman yang dapat dipersonalisasi pengguna agar dapat memnuhi kebutuhan mereka.

Pengguna Andorid kini dapat memanfaatkan beragam fitur. Mulai dari Dark Mode, Chromecast Support, Voice Assistant hingga NFC. Dimana Paradiva dapat membeli dan update saldo kartu uang elektronik dengan lebih mudah dan cepat di Tokopedia.

Dalam memberi pengalaman berbelanja yang lebih nyaman, Tokopedia juga menghadirkan teknologi Picture-in-Picture yang memungkinkan pengguna untuk menonton konten di kanal video streaming Tokopedia PLAY. Tentunya, bisa dilakukan sambil berbelanja di platform Tokopedia secara bersamaan.

“Ada juga Dynamic Features dimana aplikasi Tokopedia akan hanya mengunduh fitur yang benar-benar digunakan pengguna. Fitur ini bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat Android, mengurangi rata-rata ukuran aplikasi sebesar 27%, dari 49.9MB menjadi 36MB,” tambah Rico. 

Sementara pada aplikasi iOS, Tanito menyatakan bahwa ia dan tim terus meningkatkan personalisasi dan rekomendasi. Berikut juga dengan metode pembayaran serta sistem pengiriman yang telah disesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan konsumen.

“Salah satu inovasi terbaru kami, yaitu fitur Voice Over, mempermudah tunanetra pengguna Tokopedia dalam menggunakan aplikasi Tokopedia, baik dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menciptakan peluang bisnis online, khususnya di tengah pandemi” tambah Tonito. 

Melalui Widget Tokopedia di iOS 14 yang dihadirkan oleh Tonito dan tim, pengguna dapat merasakan kemudahan mengakses halaman utama Tokopedia tanpa harus membuka aplikasi. Kini, pengguna pun dapat mengakses aplikasi Tokopedia langsung dari Apple Watch mereka.

Selain itu, ada juga berbagai fitur seperti In App Events iPad Layout Optimization, NFC, hingga Shared Shopping yang memberikan pengalaman berbelanja melalui FaceTime sembari berbagi penggunaan aplikasi dengan teman. 

Baca juga: VENTENTY Luncurkan Aplikasi untuk iOS


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan