Warung Mitra Tokopedia Mungkinkan Masyarakat Bayar SPP

0
Mitra Tokopedia

Gadgetdiva.id — Tokopedia memungkinkan masyarakat bayar SPP melaalui warung atau toko terdekat yang ada dalam ekosistem Mitra Tokopedia. E-commerce tersebut juga telah bekerja sama dengan Infra Digital Nusantara (IDN).

Mitra Tokopedia sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan individu, pegiat usaha tradisional seperti warung dan usaha sejenis lainnya dapat menyetok barang dagangan dan berjualan produk digital. Kini, warung-warung yang telah menjadi Mitra Tokopedia memudahkan masyarakat untuk membayar uang SPP anak mereka.

“Lewat kemudahan ini, kami ingin membantu menjaga kontinuitas pendidikan para pelajar di seluruh penjuru Indonesia karena Tokopedia percaya, pendidikan yang lebih baik akan membawa kehidupan yang lebih baik,” kata Head of New Retail Tokopedia, Doni Nathaniel Pranama.

Menurut Doni, peluncuran ini juga menjadi salah satu wujud Tokopedia untuk berdayakan pegiat usaha tradisonal. Khususnya, melalui teknologi.

Untuk itu, Tokopedia bekerja sama dengan InfraDigital Nusantara (IDN) guna menghadirkan layanan ini. Manfaatnya adalah para pelajar di lebih dari 6.000 institusi pendidikan yang tergabung dalam jaringan IDN meliputi sekolah, perguruan tinggi, pondok pesantren dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM, dapat membayar biaya pendidikan melalui jutaan warung dan toko Mitra Tokopedia.

CEO InfraDigital Nusantara, Ian McKenna, menyampaikan bahwa IDN memiliki misi membantu setiap lembaga pendidikan dalam digitalisasi. “Kami berupaya mendukung lembaga pendidikan, yang berada di pelosok, dengan orang tua yang belum terhubung dengan bank. Kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan Mitra Tokopedia untuk menyediakan layanan ini.”

Cara membayar lewat Mitra Tokopedia pun mudah sekali, Paradiva hanya perlu mengunjungi warung Mitra Tokopedia terdekat. Setelah itu, menginformasikan nama sekolah dan nomor pembayaran atau nomor mahasiswa yang terdaftar.

Mangaat dari layanan ini juga telah dirasakan oleh Haula Afikri salah satu pemilik warung yang tergabung dengan ekosistem Mitra Tokopedia asal Wonosobo. Haula bercerita bahwa melalui ekosistem ini, dirinya dapat membantu masyarakat agar lebih mudah membayar sekolah.

 “Dengan adanya layanan baru ini, kami bisa membantu masyarakat agar lebih mudah membayar uang sekolah tanpa harus menempuh jarak jauh seperti biasanya. Selain itu, saya juga bisa  mendapatkan peluang pendapatan baru dari layanan ini,” kelas Haula. 

Hingga kini, Mitra Tokopedia sendiri telah digunakan oleh jutaan pegiat usaha tradisional. Guna melayani puluhan juta masyarakat di lebioh dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Baca juga: Tokopedia Bagi Tips Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan