#AmanBersamaGojek, Ciptakan Ruang Publik Aman Bagi Perempuan

0
AmanBersamaGojek

Gadgetdiva.id — Masih dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, Gojek membawa kembali kampanye #AmanBersamaGojek. Guna menciptakan ruang publik yang aman bagi mereka melalui layanan transportasi.

#AmanBersamaGojek ini berangkat dari sebuah survei pelecehan seksual di ruang publik selama pandemi COVID-19 di Indonesia. Survei ini telah dilakukan oleh Koalisi Ruang Publik Aman (KRPA).

Di samping itu, di tengah meningkatnya aktivitas online atau daring akibat pembatasan kegiatan selama  pandemi, fenomena kekerasan seksual secara online turut menjadi perhatian, di mana mayoritas terjadi  pada aplikasi media sosial dan aplikasi pesan instan (chat)

AmanBersamaGojek

Amanda Parkesit selaku Head of Global Transport Marketing Gojek menyatakan bahwa permasalahan yang ditemukan oleh survei KRPA terkait kekerasan seksual memerlukan tindak lanjut dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pihaknya membawa kembali kampanye #AmanBersamaGojek.

“Salah satu langkah konkret Gojek  adalah inisiatif #AmanBersamaGojek, yang bertujuan untuk menciptakan ruang publik yang aman dengan  berfokus pada tiga pilar utama: Edukasi, Teknologi dan Proteksi.2Sejak 2019, Gojek secara konsisten  menggandeng berbagai pihak yang memiliki visi yang sama untuk dapat bersama-sama memberikan  dampak yang bermakna dalam menciptakan ruang publik yang aman bagi masyarakat Indonesia.” 

Survei Pelecehan Seksual oleh KRPA

Berdasarkan Survei Pelecehan Seksual di Ruang Publik Selama Pandemi COVID-19 di Indonesia oleh  Koalisi Ruang Publik Aman (KRPA) yang dilakukan pada 2022 dan melibatkan 4.236 responden, didapati  fakta bahwa 78,89% responden perempuan pernah mengalami pelecehan seksual di ruang publik dan  lebih dari setengahnya mengalami pelecehan seksual di jalanan umum atau taman.

AmanBersamaGojek

“Kami mengapresiasi upaya komprehensif Gojek secara berkelanjutan  dalam upaya untuk turut menghapus kekerasan terhadap perempuan. Konsistensi dan keberlanjutan  inisiatif yang telah dijalankan, menunjukkan keseriusan Gojek dalam berkontribusi melawan kekerasan  terhadap perempuan guna menciptakan ruang publik yang aman. Kami berharap hal ini dapat  menginspirasi para pelaku usaha lain sebagai bentuk upaya bersama menciptakan ruang publik yang aman, ramah untuk perempuan dan anak,” jelas Indra Gunakan, Pit Deputi Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

Upaya dalam wuijudkan #AmanBersamaGojek

Peluncuran Pusat Edukasi dan Bantuan untuk Cegah Kekerasan Seksual 

Pusat Edukasi dan Bantuan diluncurkan dalam format halaman web sebagai sarana edukasi publik  yang komprehensif terkait kekerasan seksual, dikembangkan dari modul Tips Pintar yang terdapat  pada aplikasi mitra driver. Materi edukasi dikemas dengan ringan, misalnya, untuk  mempermudah publik mengidentifikasi jenis kekerasan seksual dan bagaimana cara  meresponnya, Gojek mengenalkan S.I.U.L dan B.A.N.T.U.

Selain memuat dua pengetahuan tersebut, Pusat Edukasi dan Bantuan memuat informasi tentang  definisi kekerasan seksual, fakta-fakta kekerasan seksual, serta langkah-langkah yang perlu  dilakukan apabila membutuhkan bantuan lebih lanjut. Termasuk bekerja sama dengan  CariLayanan.com, sebuah platform informasi yang dikelola oleh Perkumpulan Lintas Feminis  Jakarta untuk menyediakan informasi mengenai daftar lembaga pendamping kekerasan seksual  se-Indonesia.  

Penguatan Edukasi Terkait Topik Kekerasan Seksual 

Di tengah situasi pandemi yang semakin membaik, Gojek akan kembali mengadakan pelatihan  tatap muka terkait topik kekerasan seksual, sehingga diharapkan komunitas mitra driver bisa  terus menjadi pelopor untuk menciptakan ruang publik yang aman.

Pelatihan akan difasilitasi oleh Gerakan “Di Jalan Aman Tanpa Pelecehan (DEMAND)bagian dari Koalisi Ruang Publik Aman,  dengan turut menggandeng organisasi-organisasi yang punya fokus serupa di kota-kota di mana  pelatihan diselenggarakan. 

AmanBersamaGojek

Pelatihan juga akan diberikan kepada Tim Unit Darurat Gojek, khususnya yang bekerja di lapangan  sebagai salah satu garda terdepan Gojek dalam merespon kasus kekerasan seksual. Pelatihan  sejenis, secara berkelanjutan terus dijalankan untuk memastikan standar layanan dan penanganan yang baik dan berperspektif korban. 

Perluas Zona #AmanBersamaGojek di Indonesia 

Zona #AmanBersamaGojek yang merupakan ruang tunggu ramah perempuan, berlokasi di shelter  atau titik jemput milik Gojek dan tersebar di lokasi strategis, dekat keramaian serta berada di titik  transportasi publik, akan terus diperluas keberadaannya seiring perluasan fasilitas titik jemput  yang dimiliki oleh Gojek. 

Dengan dilengkapi materi edukasi publik yang mensosialisasikan ruang publik aman bagi  perempuan, fasilitas ini tak hanya menjadi ruang tunggu yang aman, tetapi juga sebagai sarana  edukasi bagi masyarakat luas, khususnya yang beraktivitas di sekitar area Zona  #AmanBersamaGojek ini. 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan