Gara-gara Shopee Ads, Seller Shopee Ini Rugi 28 Juta

0
622
Quick Commerce

Gadgetdiva.id — Seller shopee mengaku dirugikan oleh Shopee Ads. Hal ini dikarenakan biaya iklannya mencapai 28 juta atas iklan yang tak ia aktifkan.

Kejadian ini ditemukan oleh seller pada Senin kemarin (4/4). Dimana dirinya menemukan saldo penjualannya terpotong sekitar 28 juta rupiah.

Dirinya mengaku bahwa hal tersebut diakibatkan adanya salah satu produk yang tak pernah ia iklankan sebelumnya. Namun, produk tersebut aktif sendiri untuk diiklankan pada Shopee Ads miliknya. Mengakibatkan saldo penjualan tersebut terpotong selama satu hari penuh.

Informasi ini didapatkan dari sebuah postingan video dalam channel Youtube Ecommerce Shitposting. Video tersebut diunggah pada hari ini (5/4).

Seller Shopee alami kerugian 28 juta akibat Shopee Ads

Seller shopee yang tak diketahui namanya ini mengaku bahwa sebelumnya dirinya tak pernah mengaktifkan produk tersebut untuk diiklankan dalam Shopee Ads. Saat produk tersebut diklik, akan muncul iklan dengan harga yang cukup besar. Ia juga menyatakan bahwa dirinya tidak berfokus untuk menjual produk tersebut.

Saat dirinya mengaktifkan sebuah iklan, sebelumnya seller tersebut telah memilih kata kunci terllebih dahulu. Ia biasanya hanya menggunakan dua atau tiga kata kunci, setelah itu harga perkliknya diubah sendiri menjadi dua ratus atau tiga ratus rupiah saja.

Seller Shopee tersebut mengaku terkejut karena sistem dapat dengan sendirinya mengaktifkan iklan yang sebelumnya tidak pernah ia pasang. Iklan tersebut lalu diklik oleh banyak customer. Sehingga, saldonya terpotong dengan sendirinya.

Shopee ads

Jika iklan tersebut diklik oleh pengguna Shopee yang melihatnya, terjadi pemotongan saldo penjualan secara otomatis. Pemotongan tersebut terjadi secara terus menerus dalam kurun waktu satu hari. Hingga, mencapai angka sekitar 28 juta.

Hal ini terjadi dikarenakan dirinya menggunakan sistem isi saldo otomatis. “Memang benar saya mengaktifkan sistem otomatis. Supaya kalau habis (saldonya) saya tak perlu mengisinya secara manual,” ujar Seller tersebut. Pengisian tersebut selalu ia lakukan selama satu minggu sekali sebanyak Rp. 1.000.000.

“Gila fantastis sekali! Jerih payah saya diambil seperti ini. Seperti ini cara Shopee mengambil uang saya. Lihat, saya selalu topup satu juta rupiah itu sekitar satu minggu sekali. Ini pun sudah banyak sekali sebenarnya, iklan satu juta rupiah per minggu. Tetapi dalam sehari saya habis hampir dua puluh sembilan juta rupiah oleh produk ini yang saya tidak aktifkan,” pungkas seller Shopee tersebut.

Sebelumnya, seller tersebut juga mengaku bahwa dirinya sudah sering mengalami hal serupa. Dimana saldonya pernah terpotong mulai dari angka tiga juta rupiah, lima juta rupiah.

“Saya sudah kena beberapa kali seperti ini ya, Sebelum-sebelumnya, ada yang lima juta, ada yang lima juta. Lapor ke admin Shopee Ads selalu dia menyatakan saya yang mengaktifkan dan karena saya sibuk, saya mengalah saja. Saya anggap saya kalah berjudi,” tambahnya.

Namun, kali ini sudah mencapai dua puluh delapan juta, lanjut Seller tersebut, ia tidak terima dengan kerugian yang didapatkannya dari Shopee Ads tersebut.

“Saya tidak aktifkan produk ini sama sekali. Tapi mereka pasti akan menuduh saya mengaktifkan produk ini. Ini saya harus viral,” tegasnya kembali.

Dalam akhir video tersebut, seller Shopee tersebut menghimbau kepada seller lainnya. Supaya berhati-hati agar tidak mengalami kerugian akibat Shopee Ads seperti yang dialaminya saat ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini