DANA Connect Dukung Peningkatan Daya Saing UMKM di Pasar Global

0
DANA Connect

Gadgetdiva.id — DANA Connect kembali dihadirkan pada Selasa (24/5) lalu. Kali ini, tema yang diangkat ialah Tingkatkan Daya Saing UMKM di Pasar Global.

DANA Connect sendiri merupakan sebuah forum diskusi yang ditujukan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Mereka semua tergabung sebagai mitra DANA Bisnis.

Dengan mengangkat tema Tingkatkan Daya Siang UMKM di  Pasar Global, DANA Connect kali ini merupakan pentutup sekaligus bentuk hirilisasi dari rangkaian dukungan DANA pada Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kepulauan Riau #UMKMSiapEkspor pada akhir Maret hingga April lalu. Format disuksi panel ini berlangsung secara daring dan dihadiri oleh lebih dari 140 pelaku UMKM di Indonesia.

Acara ini ditutup dengan penyerahan penghargaan secara simbolis bagi Top 3 UMKM Kepulauan Riau yang memiliki jumlah transaksi DANA Bisnis tertinggi selama pendampingan intensif dalam 3 bulan Gernas BBI.

Pemerintah Indonesia Turut Dukung DANA Connect

DANA Connect ini juga turut didukung oleh pihak pemerintah Indonesia. Atase Perdagangan KBRI Tokoyo, Arief Wibisino menyatakan bahwa guna menembus pasar ekspor, UMKM harus memerhatikan kualitas, kuantitas dan konitnuinitas.

Lebih lanjut, mereka juga harus mendapat unsur storytelling. Terutama terkait kearifan lokal guna mampu menjadi nilai tambah UMKM. Sementara, menurut Shanti Shamsadani, Ketua Komite Tetap Bidang Ekspor UMKM Kadin menyatakan bahwa UMKM harus berinisiatif.

DANA Connect

“Kuncinya adalah UMKM harus berinisiatif, mau terus self-learning karena seperti yang kita tau akses menuju informasi dan pembelajaran terkait ekspor sudah mudah diakses di mana-mana.” tamba Shanti. 

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia telah menetapkan target kontribusi UMKM siap ekspor terhadap jumlah ekspor nasional sebesar 17% pada 2024, sehingga peluang pengembangan UMKM di masa mendatang semakin terbuka, yang juga membutuhkan dukungan dan partisipasi multi sektor.

Selain itu, perkembangan teknologi dan masuknya dunia ke era digital juga menjadi momentum tambahan bagi pelaku UMKM untuk dapat lebih mudah menembus pasar global. Oleh karena itu, suksesi UMKM Go Global yang berfokus pada aspek inovasi teknologi serta peningkatan kapasitas UMKM perlu diperluas, dari segi mutu SDM dan produk, standarisasi dan sertifikasi, hingga penguatan jejaring.

Agustina Samara, Chief of People & Corporate Strategy DANA Indonesia berkata, “Saya berharap, seluruh dukungan yang DANA berikan dalam rangkaian BBI Kepulauan Riau, termasuk DANA Connect pada hari ini, dapat memperluas wawasan seputar akses pasar global serta meningkatkan kapasitas terkait optimalisasi potensi ekspor dan akselerasi ke dalam pasar global bagi UMKM JuraganDANA di seluruh Indonesia, bukan hanya Kepulauan Riau. Bentuk edukasi dan sosialisasi mengenai pangsa pasar di luar negeri ini, juga berfungsi sebagai pematik bagi inovasi kedepannya di bidang sistem pembayaran, seperti QRIS Cross-Border yang masih dalam persiapan antar regulator dan pelaku industri.”

Pelaksanaan DANA Connect adalah satu dari berbagai komitmen DANA untuk senantiasa mengedukasi lebih dari 500.000 UMKM mitra DANA Bisnis. Melalui DANA Connect, DANA berharap dapat mendorong semangat pelaku UMKM agar dapat berdaya saing dan memaksimalkan kegiatan ekspor agar ikut berkontribusi dalam peningkatan perekonomian dan kesejahteraan nasional serta daerah.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan