Sambut Hari Anak Nasional, Tokopedia Bagi Tips Tingkatkan Kualitas Pola Asuh Anak

0
30
Tokopedia

Gadgetdiva.id — Dalam rangka Hari Anak Nasional, Tokopedia bersama Dokter Spesialis Anak berbagi tips seputar meningkatkan kualitas pola asuh anak. Tips ini dapat kamu terapkan sehari-hari, simak ulasannya ya, Paradiva.

Sebelum membahas tips tersebut, Tokopedia juga membagikan laporan terkait peningkatan transaksi dalam kategori Ibu dan Anak selama semester I 2022 di beberapa daerah Indonesia. Yakni, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Demak dan Jayawijaya.

Tren tersebut dapat dicapai berkat adanya berbagai insiatif seperti Tokopedia Parents. Merupakan ekosistem khusus yang membantu keluarga Indoensia mendapat informasi relevan dan belanja produk kebutuhan anak serta keluarga dengan lebih aman.

“Selama semester I 2022 kategori Ibu dan Anak masih menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia. Sejumlah produk seperti tas ransel, kaos, ASI booster, susu untuk ibu hamil dan mainan montessori menjadi beberapa produk paling laris,” ungkap Head of Category Development Tokopedia, Ramadhan Niendraputra.

Tokopedia

Tips meningkatkan kualitas pola asuh anak

Menyambut Hari Anak Indonesia yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, Tokopedia dan Doket Anak, dr. Citra Amelinda, Sp.A, M.Kes, IBCLC berbagi tips terkait meningkatkan pola asuh.

Terlibat di Kegiatan Anak

Periode emas anak dimulai pada 1.000 hari pertama. Terhitung dari sejak anak berada dalam kandungan sampai usia 2 tahun. Disebut periode emas karena pada masa ini tumbuh kembang anak berlangsung sangat pesat sehingga akan menjadi fondasi dasar kelak saat anak beranjak dewasa,” kata dr. Citra.

Terapkan Pola Asuh Responsif

“Dalam pola asuh responsif, orang tua diharapkan memaksimalkan anak untuk berkembang sesuai potensi terbaiknya. Orang tua sebaiknya tidak memaksakan kehendak atau bersikap otoriter, maupun terlalu cuek,” jelas dr. Citra.

Respon langsung dan perhatian orang tua terhadap anak juga sangat penting. “Saat anak mengajak berbicara atau bertanya, misalnya, jawablah dengan bahasa yang mudah dipahami dan berikan kesempatan agar anak merespon kembali. Jika anak masih bayi, perhatikan tatapan mata dan ocehan yang juga merupakan bentuk komunikasi anak kepada orang tuanya,” ujarnya.

Tokopedia

Dampingi Anak Saat Hadapi Masalah

“Dampingi anak ketika stres menghadapi masalah sambil membimbing mereka dengan brainstorming berbagai ide untuk memecahkan masalahnya. Pengalaman berharga ini dapat membangun kepercayaan diri dan kemampuan problem solving sesuai usia sejak dini,” saran dr. Citra.

Ajarkan Disiplin Sejak Dini

“Anak butuh rutinitas yang teratur karena hal ini penting dalam membentuk kebiasaan baik sehingga menimbulkan perasaan aman dan nyaman bagi anak. Orang tua dapat menerapkan jadwal yang teratur dan konsisten untuk tidur, makan hingga bermain sesuai dengan kebutuhan yang berbeda tiap usia,” jelas dr. Citra.

Pastikan Asupan Anak Berimbang

Pola asah, asih dan asuh juga meliputi asupan nutrisi yang baik sejak lahir. Berikan ASI dan MPASI yang bergizi dan adekuat untuk menunjang tumbuh kembang anak. Pastikan orang tua memberikan berbagai variasi makanan bergizi lengkap yang terdiri dari protein, karbohidrat, serat dan lemak dalam jumlah dan proporsi yang disesuaikan dengan usia,” tambah dr. Citra.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini