UMKM Perempuan Tokopedia Alami Kenaikan 2,5 Kali Lipat

0
24
UMKM Perempuan

Gadgetdiva.id — Beriringan dengan jumlah kenaikan penjual, jumlah UMKM perempuan Tokopedia juga turut mengalami lonjakan. Yakni sebesar 2,5 kali lipat.

Data tersebut disampaikan pada acara perayaan ulang tahun Tokopedia ke-13 kemarin (19/8) di Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut, Tokopedia melaporkan bahwa jumlah penjual dalam platform mereka mengalami kenaikan sebesar 7 juta dari tahun 2019 lalu. Kini, mereka memiliki sekitar 12 juta penjual lokal dalam platformnya.

Baca juga: Tokopedia Rayakan Hari Jadi ke-13

Dari 12 juta penjual lokal tersebut, terdapat kenaikan sebesar 2,5 kali lipat pada jumlah UMKM perempuannya. Hanya saja, pihak Tokopedia tidak menyebut berapa persentase dan jumlah total UMKM perempuan yang kini telah tergabung dalam ekosistemnya.

“Untuk UMKM perempuan sendiri ada kenaikannya di 2,5 kali lipat,” ungkap Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia.

UMKM Perempuan
Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia

Adapun wilayah yang mengalami lonjakan paling tinggi untuk pertumbuhan pelaku UMKM perempuan selama setahun belakangan. Yakni, Kabupaten Semarang dan Lampung Barat.

“Kemudian, Kabupaten Semarang dan Lampung Barat itu menjadi wilayah dengan pertumbuhan perempuan pelaku UMKM paling tinggi selama satu tahun belakangan ini,” imbuhnya.

Upaya Tokopedia dalam pemberdayaan UMKM perempuan

Tokopedia sendiri telah berupaya mendukung pemberdayaan UMKM perempuan dalam ekosistemnya. Yakni, dengan menghadirkan Kelas Perempuan Maju Digital yang dikhususkan untuk pegiat usaha perempuan lokal.

Diluncurkan bulan lalu, tujuan diadakannya program tersebut adalah untuk mengembangkan UMKM perempuan di Indonesia. Kegiatan tersebut dilakukan di Bali.

“Kita baru mulai di kota Bali, kedepannya kita akan mengadakan di kota-kota lainnya. Memang khusus teman-teman UMKM perempuan,” ungkap Rizky.

UMKM Perempuan
(Kik-ka) Herman Widjaja selaku CTO of Tokopedia dan Rizky Juanita Azuz selaku External Communications Senior Lead Tokopedia

Kelas Perempuan Maju Digital sendiri berhasil meraih sekitar 100 pelaku UMKM lokal perempuan. Di dalam kelas tersebut, para perempuan pegiat UMKM diberikan kiat-kiat terkait membangun bisnis dengan mengutamakan pemberdayaan perempuan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kini total penjual di Tokpedia sendiri sudah berhasil mencapai 12 juta penjual lokal. Dengan jumlah kenaikan sebesar 7 juta dari tahun 2019 ke 2022.

Sedangkan, hampir 100% jumlah penjual yang tergabung merupakan UMKM lokal di Indonesia. Sebanyak, 85% merupakan pegiat usaha baru dalam ekosistem Tokopedia.

“Kita percaya di Tokopedia uMKM adalah pegerak ekonomi di Indonesia. 13 tahun kita berharap bersama Tokopedia, bersama Indonesia kita membantu pemulihan ekonomi Indonesia,” tutur Herman Widjaja selaku CTO of Tokopedia.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini