5 Cara Meminimalisir Durasi Pengiriman untuk Bisnis

0
188
durasi pengiriman
Photo by Kira auf der Heide on Unsplash

Gadgetdiva.id — Durasi pengiriman menjadi penting bagi bisnis saat ini. Di Indonesia, para pengecer dan pemilik toko online memahami bahwa para konsumen semakin menuntut adanya waktu pengiriman barang yang tepat waktu, bahkan lebih singkat. Adanya kelambatan ini dapat secara kuat berpengaruh pada kepuasan mereka.

Oleh karena itu, tidak masalah apakah Anda seorang pelaku bisnis atau pemilik perusahaan, mengurangi durasi pengiriman adalah keinginan setiap pihak yang terlibat. 

Untuk itu berikut ini cara-cara meminimalisir durasi pengiriman untuk bisnis sebagai berikut:

Memperbaiki proses pemesanan produk

Proses pemesanan yang diperbaiki akan dapat menghindarkan adanya kelambatan. Ini mengharuskan adanya proses pengangkutan pesanan yang konsisten pada perusahaan Anda.

Ada 2 cara pendekatan logistik pada hal ini, pertama adalah fase pemrosesan pre-order dimana manajemen inventaris yang bagus cukup penting untuk menjawab pemesanan yang akan datang secara efektif. Dan kedua, fase pemenuhan dimana pada fase ini melibatkan secara tepat penggunaan data yang disediakan oleh para konsumen ketika menempatkan sebuah pesanan. 

durasi pengiriman
Photo by Maarten van den Heuvel on Unsplash

Batasi perantara untuk mengurangi durasi pengiriman

Memiliki berbagai pihak yang terlibat pada proses pengantaran dan pengiriman dapat meningkatkan risiko kelambatan dan bahkan dapat menambahkan keseluruhan waktu pengiriman. Setiap penengah tambahan dapat menaikkan syarat pemeliharaan dan penyimpanan, yang secara otomatis akan menambah waktu pengiriman. Karena itu. Anda perlu mempertimbangkan untuk membatasi perantara Anda yang sekiranya tidak terlalu penting, guna mengurangi waktu pengiriman produk. 

Gunakan layanan kurir untuk pengiriman yang sering dan jarak dekat 

Jika Anda ingin mempercepat proses pengiriman produk dan menjadikannya lebih efisien, khususnya untuk pengantaran jarak dekat, maka Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan jasa kurir. Tipe layanan ini menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi dan lebih mudah dengan harga yang sangat kompetitif, seperti yang selama ini ditawarkan oleh Ninja Xpress dan Shopee Xpress. Pengiriman jarak dekat lebih mudah dilakukan kepada para konsumen di rumah, kantor hingga di pusat-pusat perbelanjaan, sambil memastikan bahwa barang-barang pesanan Anda akan sampai dengan selamat. Ini juga akan memungkinkan pengiriman pada malam yang sama, dan pelacakan parsel yang lebih baik. 

Antisipasi periode puncak permintaan untuk durasi pengiriman

Di Indonesia ada waktu-waktu tertentu setiap tahunnya dimana jumlah pesanan barang akan meningkat, seperti waktu mendekati hari raya Lebaran, atau perayaan hari Natal dan hari-hari libur nasional lainnya. Periode super sibuk ini akan berdampak cukup signifikan terhadap semua industri dan layanan ekspedisi logistik.

Dan mengantisipasi lebih dulu periode-periode super sibuk seperti pada hari-hari itu akan memberikan Anda ketenangan hati. Anda tidak hanya dapat menjauhkan kegagalan pada pengiriman barang-barang, tapi juga perusahaan Anda bahkan dapat mengantarkan berbagai pesanan dengan cara yang lebih cepat dibandingkan dengan para kompetitor Anda.

Salah satu cara mengantisipasinya adalah sangat mudah. Anda perlu berpikir untuk mempekerjakan pegawai yang cukup memadai pada bagian pengiriman pesanan. Selain itu, Anda perlu melakukan pengawasan yang lebih dekat untuk menghindarkan kesalahan pada pengiriman. 

Kembangkan strategi logistik yang disesuaikan dengan kebutuhan para konsumen dan bisnis Anda.

Salah satu cara kelima yang akan dapat meminimalisir waktu pengiriman barang adalah dengan mengembangkan sejumlah strategi logistik yang bermanfaat. Salah satu strategi itu adalah penyimpanan barang yang dekat dengan para konsumen Anda. 

Sebenarnya strategi ini dianggap kurang praktis untuk setiap orang, tapi dapat dicoba di masa depan khususnya oleh perusahaan ekspedisi yang ingin meluaskan bisnis pengiriman barangnya ke luar negeri. Dan gudang-gudang penyimpanan produk yang dibangun sedekat mungkin dengan para konsumen Anda tentu saja akan dapat mengurangi waktu pengantaran. Hanya saja, Anda juga perlu memikirkan berapa biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menyewa lahan-lahan untuk dijadikan sebagai gudang penyimpanan barang-barang pesanan tersebut. 

Baca juga: Bikin To Do List, Pakai Kertas atau Digital?

Jadi kira-kira apakah Anda sudah cukup memahami pentingnya durasi pengiriman untuk para pelanggan bisnis Anda? Tidak ada salahnya menerapkan apa yang sudah dipaparkan di atas demi kepuasan dan kenyamanan para pelanggan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini