E-Commerce

Social Commerce Semakin Diminati, 86% Masyarakat Belanja Melalui Platform Media Sosial

post-img

Source : gadgetDiva

Baru-baru  ini, Populix mengadakan survei mengenai pengalaman dan kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menggunakan platform social commerce yang terangkum dalam laporan berjudul “The Social Commerce Landscape in Indonesia”.

Hasil survei menunjukkan bahwa 52% masyarakat Indonesia sudah mengetahui akan tren transaksi jual beli melalui media sosial atau yang dikenal sebagai social commerce tersebut.

5 Cara Meminimalisir Durasi Pengiriman untuk Bisnis

Social commerce kian populer karena menjadi opsi baru untuk berbelanja online secara mudah dan memungkinkan interaksi langsung dengan penjual sambil menjelajahi media sosial, tanpa harus berpindah aplikasi. Sementara di sisi penjual, penjualan produk dengan cara ini memungkinkan mereka untuk menjangkau calon pelanggan yang lebih luas.

Laporan survei menunjukkan bahwa 86% masyarakat Indonesia pernah berbelanja melalui platform media sosial dengan TikTok Shop (45%) sebagai platform yang paling sering digunakan, diikuti WhatsApp (21%), Facebook Shop (10%), dan Instagram Shop (10%).

Mayoritas masyarakat berbelanja pakaian (61%), produk kecantikan (43%), makanan dan minuman (38%), serta handphone dan aksesoris (31%) dengan rata-rata pengeluaran sekitar Rp 275.000 setiap bulannya.

"Social Commerce"

Masyarakat juga mengatakan akan tetap menggunakan TikTok Shop dan Facebook Shop, serta mempertimbangkan untuk lebih banyak menggunakan Instagram Shop dalam berbelanja di masa depan.

Dari segi pengguna, saat ini, TikTok Shop merupakan medium yang paling banyak digunakan oleh perempuan, sedangkan WhatsApp dan Instagram Shop paling banyak digunakan oleh orang laki-laki berusia 36-45 tahun.

Ke depannya, pengguna TikTok Shop akan terus didominasi oleh perempuan terutama mereka yang berusia 18-25 tahun di kota-kota kecil di seluruh Jawa. Sementara, Instagram Shop akan didominasi oleh konsumen dengan SES atas, dan WhatsApp akan lebih banyak digunakan oleh generasi yang lebih senior.

Sementara itu, di tengah munculnya berbagai platform social commerce dewasa ini, survei menemukan bahwa 46% masyarakat Indonesia masih belum mengetahui tentang platform social commerce. Di antara masyarakat yang mengetahui platform social commerce, 35% dari mereka mengatakan bahwa mereka belum pernah menggunakan platform tersebut.

Sementara itu, Evermos (22%), Kitabeli (14%) dan Dusdusan (12%) adalah tiga platform social commerce yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Dari segi demografi pengguna, sebagian besar pengguna ketiga platform tersebut justru berasal dari luar Jakarta, misalnya Evermos yang didominasi oleh masyarakat Bandung, Kitabeli didominasi oleh masyarakat Surabaya, dan Dusdusan yang didominasi oleh masyarakat Semarang.

Baca juga : Accenture Song Resmi Akuisisi Romp, Siap Berikan Pengalaman Branding Terbaik


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Survei: 77% Konsumen Kecantikan Peduli BPOM dan Keaslian Produk
E-Commerce

Survei: 77% Konsumen Kecantikan Peduli BPOM dan Keaslian Produk

Gadgetdiva.id — Konsumen kecantikan atau perawatan tubuh ternyata cukup peduli dengan serti..

5 Cara Meminimalisir Durasi Pengiriman untuk Bisnis
E-Commerce

5 Cara Meminimalisir Durasi Pengiriman untuk Bisnis

Gadgetdiva.id — Durasi pengiriman menjadi penting bagi bisnis saat ini. Di Indonesia, para ..

Daftar Harga Promo Produk Huawei 9 September 2022
E-Commerce

Daftar Harga Promo Produk Huawei 9 September 2022

Gadgetdiva.id — Turut serta menyemarakkan momen 9.9, ada serangkaian penawaran produk Huawe..

9.9 Flash Sale, Catat Rangkaian Promo ZALORA Ini
E-Commerce

9.9 Flash Sale, Catat Rangkaian Promo ZALORA Ini

Gadgetdiva.id — Harbolnas alias Hari Belanja Online Nasional akan hadir besok bertepatan de..


;