Diduga Alami Kebocoran, Lazada Pastikan Data Pengguna Aman

0
Lazada
BANGKOK, THAILAND - 2018/07/26: The Lazada application seen displayed on a iPhone. (Photo by Guillaume Payen/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)

Gadgetdiva.id — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melaporkan bahwa terdapat 5 insiden kebocoran data pribadi di Indonesia. Salah satunya terjadi pada Lazada.

Disampaikan melalui juru bicaranya, Lazada memberi tanggapan terkait laporan dari Kominfo tersebut. Pihaknya memastikan bahwa data pribadi setiap pelanggan aman.

Lazada selalu mengutamakan perlindungan data pribadi setiap pelanggan kami,” tulis Lazada yang dikutip dari pernyataan resmi yang diterima Gadgetdiva pada Kamis, 24 November 2022.

Konfirmasi Lazada Terkait Dugaan Kebocoran Data

Lazada sendiri menyatakan bahwa mereka memang menerima informasi dari salah satu penjual bahwa terdapat akses tidak sah ke akun tersebut. Namun, pihaknya telah bekerja sama dengan penjual yang bersangkutan untuk mengusut hal tersebut sekaligus membantu mereka memblokir akses akunnya.

Pihaknya menegaskan bahwa tak terdapat kerentanan dalam sistem atau proses dari Lazada yang menyebabkan akses tidak sah ke penual akun tersebut. Kejadian ini pun hanya terjadi pada satu akun penjual.

“Hasil investigasi kami menyimpulkan bahwa insiden ini hanya terjadi terhadap satu akun penjual ini yang disebabkan oleh kelalaian penjual tersebut dalam menjaga kerahasiaan informasi login akunnya sendiri, sebagaimana dikonfirmasi oleh penjual,” imbuhnya.

Kemudian, pihaknya pun melaporkan insiden ini kepada Kominfo sebagai bagian dari bentuk kepatuhan mereka terhadap peraturan yang ada di tanah air.

“Kami pun telah melaporkan insiden ini kepada Kominfo sebagai bagian dari bentuk kepatuhan kami terhadap peraturan yang ada di Indonesia. Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak Kominfo untuk memastikan insiden serupa tidak terjadi lagi,” tutur juru bicara Lazada.

Selain memberi edukasi terkait phising, Lazada juga menghimbau kembali untuk semua penggunanya supaya menjaga kerahasian username dan password mereka setiap saat.

“Lazada tidak akan pernah meminta pengguna kami untuk memberikan data tersebut dalam situasi apapun juga,” tutupnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini