E-Commerce

Shopee Pangkas Karyawan Lagi di Indonesia

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Shopee Indonesia kembali memberhentikan tenaga kerjanya pada awal Maret 2023 ini. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka.

“Shopee melakukan langkah penyesuaian sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi operasional,” tutur juru bicara Shopee Indonesia dalam pernyataan resminya, Kamis (9/3).

Shopee sendiri tak menyebut berapa jumlah karyawan yang diberhentikannya tersebut. Namun, mereka menegaskan bahwa proses ini dilakukan sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Tanah Air.

“Proses ini dilakukan mengikuti perundang-undangan dengan masa pemberitahuan 14 hari kerja sebelum tanggal kerja terakhir,” imbuh juru bicara tersebut.

Bagi karyawannya yang terdampak, mereka kana mendapatkan pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan dengan tambahan 1 bulan gaji. Sedangkan, untuk karyawan Muslim, mereka akan tetap mendapat Tunjangan Hari Raya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Para karyawan yang terdampak juga akan tetap dapat menggunakan asuransi kesehatan perusahaan hingga tiga bulan setelah hari kerja terkahir.

“Shopee Indoensia memastikan langkah ini tidak akan memengaruhi operasi bisnis dan layanan kami kepada seluruh Penjual, Pembeli dan Mitra kami,” kata Shopee.

Shopee Indonesia PHK Karywan di 2022

PHK karyawan Shopee Indonesia ini bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya, perusahaan tersebut juga sempat melakukan PHK terhadap sekitar 180 karyawannya pada bulan September 2022 lalu.

Kabar tersebut dikonfirmaasi langsung oleh Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira. Saat itu, dirinya menyatakan bhawa keputusan pemangkasan terhadap sejumlah karyawannya ini dilakukan karena kondisi global yang tak menentu.

Shopee

“Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan sebuah keputusan yang sulit,” tutur Radynal yang dikutip dari berbagai sumber.

Dikatakannya bahwa PHK karyawan yang dilakukan pada September 2022 lalu tersebut merupakan langkah terakhir yang harus ditempuh oleh Shopee Indonesia.

Kemudian, pihaknya juga disebut telah mencoba melakukan penyesuaian dengan beberapa kebijakan bisnis di tengah ketidakpastian eknonomi global saat itu.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Simak Ide Kegiatan Akhir Pekan Ramah Tanggal Tua ala Tokopedia
E-Commerce

Simak Ide Kegiatan Akhir Pekan Ramah Tanggal Tua ala Tokopedia

Dalam menyambut akhir pekan yang panjang ini, Tokopedia berbagi ide kegiatan yang dapat dilakukan ta..

Tokopedia Luncurkan Fitur Online Bayar Pajak Daerah
E-Commerce

Tokopedia Luncurkan Fitur Online Bayar Pajak Daerah

Gadgetdiva.id – Tokopedia, sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia, k..

Tarif Layanan Seller Naik 6 Persen, Ini Kata Tokopedia
E-Commerce

Tarif Layanan Seller Naik 6 Persen, Ini Kata Tokopedia

Gadgetdiva.id — Beberapa waktu lalu, Tokopedia mengumumkan akan menaikkan tarif layanan sel..

Erajaya Umumkan Kemitraan dengan DJI dan Fujifilm
E-Commerce

Erajaya Umumkan Kemitraan dengan DJI dan Fujifilm

Gadgetdiva.id – Erajaya, perusahaan terkemuka dalam industri teknologi, telah mengumumkan k..

Tokopedia dan TikTok Ungkap Tren Belanja Ramadan-Lebaran 2024
E-Commerce

Tokopedia dan TikTok Ungkap Tren Belanja Ramadan-Lebaran 2024

Gadgetdiva.id – Tokopedia dan TikTok, dua raksasa dalam dunia e-commerce dan media sosial, ..


;