Tokopedia: 5 Tips Usaha Hampers Ramadhan yang Ramah Lingkungan

0

Gadgetdiva.id – Penjualan hampers menjelang hari raya cenderung melesat signifikan. Di Tokopedia, pada minggu pertama Ramadan 2022 (periode data: 2-9 April 2022), penjualan hampers naik hampir 2,5 kali lipat dibandingkan seminggu sebelumnya. Hal ini diungkapkan oleh Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, Maisyalina Agustiana.

Pasalnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta pernah mencatat adanya peningkatan volume sampah sebesar 4% selama bulan Ramadan yang disebabkan oleh perubahan pola konsumsi selama bulan puasa.

Tokopedia menjawab hal itu dengan mendukung ‘Misi Nol Sampah GoTo 2030’, dan telah sukses menghadirkan gerakan Tokopedia Hijau.

Tokopedia

Berikut lima tips jualan online hampers Ramadhan yang lebih ramah lingkungan.

Gunakan kemasan ramah lingkungan sesuai prinsip 4R

“Kemasan ramah lingkungan adalah kemasan yang menerapkan prinsip 4R: reduce (mengurangi sampah), reuse (bisa digunakan berulang kali), repurporse (bisa dipakai kembali untuk tujuan lain) dan recycle (bisa didaur ulang),” jelas Maisyalina.

Ajak pembeli mendaur ulang hampers ramah lingkungan

Selipkan kartu ucapan atau catatan kecil yang berisi imbauan bagi pembeli untuk mendaur ulang atau memanfaatkan kembali kemasan dari hampers yang diterima.

“Sebutkan juga dampak apabila pembeli bersedia mendaur atau memakai ulang kemasan hampers tersebut untuk meningkatkan kesadaran lebih banyak masyarakat agar peduli lingkungan,” jelas Maisyalina.

Permudah pembeli cari hampers ramah lingkungan dengan fitur beriklan

“Penjual hampers Ramadhan dapat memasukkan produk paling populer di toko mereka ke dalam hampers ramah lingkungan yang akan dijual. Manfaatkan juga fitur Pelengkap Produk di aplikasi Tokopedia Seller untuk menambahkan kartu ucapan dan kemasan khusus,” saran Maisyalina.

Pelajari tips jualan online hampers Ramadhan lewat modul gratis

Ada beragam materi edukasi jualan online di Pusat Edukasi Seller Tokopedia, termasuk kurikulum #SIAPRAMADAN2023 yang bisa membantu pelaku usaha memaksimalkan penjualan di bulan puasa sekaligus mempermudah masyarakat #LengkapiRamadan lewat Tokopedia. Penjual dapat mengikuti berbagai tantangan menarik dan memenangkan jutaan saldo iklan TopAds.

Tingkatkan penjualan hampers ramah lingkungan lewat Tokopedia Hijau

“Penjual dengan produk ramah lingkungan, kemasan minim sampah dan usaha yang berdampak sosial bisa bergabung di halaman khusus Tokopedia Hijau untuk menjangkau lebih banyak masyarakat,” tambah Maisyalina.

Medan, DKI Jakarta dan Bandung tercatat sebagai beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual di Tokopedia Hijau pada awal 2023.

Sepanjang 4-18 April 2023, Tokopedia Hijau akan meng-highlight berbagai jenis produk ramah lingkungan, termasuk hampers Ramadhan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pilihan produk terkurasi dari para pegiat usaha ramah lingkungan, khususnya UMKM lokal.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan