Tips

Blibli Bagikan Tips Cegah Kejahatan Siber Saat Belanja Online

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – Blibli mencatat adanya tren kenaikan intaian bahaya siber (fraud) sebesar 15% di libur Lebaran dibanding periode biasa pada tahun lalu. Adapun jenis serangan siber yang paling banyak ditemukan adalah social engineering seperti phishing dan serangan malware.

Memahami potensi bahaya yang mengintai, Blibli konsisten mengedepankan keamanan bertransaksi demi menjamin kepuasan dan kenyamanan pelanggan.

Ganti iPhone ke Samsung Galaxy A54 5G? Ini Cara Pindahkan Datanya

Terlebih, Indonesia tercatat sebagai negara dengan nilai transaksi e-commerce dan pertumbuhan pengguna dompet digital terbesar di ASEAN. Namun, keamanan data privasi juga perlu peran aktif dari tiap pelanggan.

Maka dari itu, dengan banyaknya transaksi dan data konsumen yang terekam, Blibli mengajak pelanggan untuk selalu waspada terhadap peningkatan kejahatan siber dan berbagai modus yang mengintai.

Apa saja sih yang bisa kamu lakukan untuk melindungi diri kejahatan siber? Simak beberapa tips berikut ini untuk menghindari penipuan saat berbelanja di e-commerce dan mendapatkan pengalaman transaksi online yang lebih aman dan nyaman:

Jangan bagikan PIN atau Kode OTP jika melakukan verifikasi akun

Untuk menjaga keamanan akun konsumen, Blibli rutin memberikan sosialisasi kepada para pelanggan untuk bersama-sama menjaga keamanan untuk mengantisipasi serangan cyber security dengan tidak membagikan OTP ke siapa pun, mengganti password akun secara berkala, dan tidak memakai password yang sama pada situs yang berbeda.

Waspada nomor tidak dikenal yang mengirimkan link tertentu

Phishing merupakan teknik penipuan yang bisa dibilang paling sukses menjerat korban. Phishing dapat dijalankan dengan mengirim SMS, chat, hingga email dengan mengatasnamakan penyedia layanan.

Karena phishing sudah cukup umum dilakukan, konsumen perlu waspada jika ada nomor tidak dikenal mengirimkan link tertentu. Jangan sembarang klik tautan dari nomor yang tidak dikenal agar data kita tidak diambil oleh pelaku serangan siber.

Teliti dengan tidak mudah tergiur barang murah atau diskon besar 

Pelanggan dapat menjadi korban dari penipuan transaksi online karena terlena dengan promo besar-besaran dan harga barang yang sangat murah.

Pelanggan perlu menjadi smart buyer dengan lebih teliti dalam melihat produk dan toko online saat belanja online. Maka dari itu, Blibli memberikan jaminan produk 100% orisinal untuk membuat konsumen merasa tenang saat belanja online.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Lazada Bagikan Tips Sukses Jualan Online untuk Para Kartini
Tips

Lazada Bagikan Tips Sukses Jualan Online untuk Para Kartini

Gadgetdiva.id – Pemberdayaan perempuan menjadi salah satu fokus inisiatif program pengemban..

Ganti iPhone ke Samsung Galaxy A54 5G? Ini Cara Pindahkan Datanya
Tips

Ganti iPhone ke Samsung Galaxy A54 5G? Ini Cara Pindahkan Datanya

Gadgetdiva.id — Ganti iPhone ke Samsung atau ponsel Android lainnya, biasanya butuh effort ..

Cara Bikin Notifikasi Ponsel Bling-bling di Samsung Galaxy A54 5G
Tips

Cara Bikin Notifikasi Ponsel Bling-bling di Samsung Galaxy A54 5G

Gadgetdiva.id — Notifikasi ponsel di Galaxy A54 5G ternyata bisa dibuat ramai sedemikian ru..

Kaspersky Beber Kiat-kiat Menghindari Bahaya QRIS
Tips

Kaspersky Beber Kiat-kiat Menghindari Bahaya QRIS

Gadgetdiva.id — Baru-baru ini, kasus QRIS masjid diganti dengan orang yang tidak bertanggu..


;