E-Commerce

Sambut Hari Pelanggan Nasional, Intip Inovasi Customer Experience di Tokopedia Care

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – Di era experience economy, konsumen tidak lagi hanya menginginkan barang atau jasa, tetapi juga pengalaman mengesankan. Memaksimalkan nilai tambah pada pengalaman pelanggan (customer experience) menjadi hal yang sangat penting.

“Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia berupaya memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan lewat Tokopedia Care–pusat layanan pelanggan yang 100% berbasis digital dan tersedia 24/7 melalui berbagai kanal–sehingga pertanyaan pelanggan dapat dijawab secara cepat, tepat dan transparan,” ungkap Senior Vice President of Sales, Operations, and Product Tokopedia, Rudy Dalimunthe.

Erajaya Resmikan Gerai APPLE Premium Partner Ketiga di Indonesia

Rudy menambahkan, “Tokopedia Care menggabungkan tiga elemen dalam memberikan customer experience terbaik, yaitu (1) human touch lewat tim Customer First Squad atau CFS, (2) teknologi dan (3) voice of customer dengan mempertimbangkan umpan balik dari pelanggan.”

Customer Experience

Tokopedia sekarang sudah bisa diakses oleh masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia. Pelanggan Tokopedia pun mencakup pembeli maupun penjual. Maka untuk terus menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan, ribuan Nakama di Tokopedia termasuk CFS menciptakan berbagai inovasi di ranah customer experience.

“Misalnya lewat manajemen service-based dimana jalur penanganan pertanyaan pelanggan kini disesuaikan berdasarkan topik sehingga solusi yang ditawarkan Tokopedia Care bisa lebih akurat serta personalisasi customer experience yang memberikan pengalaman yang lebih sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan,” jelas Rudy.

Selain mengakomodasi pembeli, Tokopedia juga merupakan rumah bagi lebih dari 14 juta penjual dan hampir 100% pelaku UMKM lokal, yang notabene penyokong lebih dari 60% PDB nasional. Hal ini mendorong Tokopedia–melalui Tokopedia Care–senantiasa memberikan nilai tambah bagi penjual demi sekaligus membantu tumbuh kembang mereka.

Caranya dengan menghadirkan high-end service experience, yang mencakup (1) interaksi dalam aplikasi yaitu kurasi artikel bantuan yang dirancang khusus untuk penjual, (2) low-touch communication yang merupakan sistem customer experience berbasis digital dan (3) high-touch communication yaitu komunikasi lewat Relationship Manager (RM) dan CFS.

“Berkat sederet inovasi yang telah kami lakukan, Tokopedia Care berhasil memberikan solusi bagi pelanggan dengan makin cepat, tepat dan efisien. Produktivitas CFS juga makin meningkat. Hal ini bisa sekaligus mendukung misi besar Tokopedia dalam menciptakan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia,” tutup Rudy.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

IMMERSIVE TECH Resmikan Gerai Pertamanya di SURABAYA
E-Commerce

IMMERSIVE TECH Resmikan Gerai Pertamanya di SURABAYA

Gadgetdiva.id – IT (Immersive Tech) meresmikan toko pertamanya di Kota Surabaya yang  memb..

Erajaya Resmikan Gerai APPLE Premium Partner Ketiga di Indonesia
E-Commerce

Erajaya Resmikan Gerai APPLE Premium Partner Ketiga di Indonesia

Gadgetdiva.id – Erajaya Digital meresmikan Apple Premium Partner ketiga bertempat di Summar..

Testimoni TipTop Supermarket tentang Delivery Service Titipku
E-Commerce

Testimoni TipTop Supermarket tentang Delivery Service Titipku

Gadgetdiva.id – Titipku memiliki lini bisnis baru yang bernama Delivery Service Titipku. Li..

5 Ide Kegiatan 17 Agustusan untuk Meriahkan HUT ke-78 RI ala Tokopedia
E-Commerce

5 Ide Kegiatan 17 Agustusan untuk Meriahkan HUT ke-78 RI ala Tokopedia

17 Agustusan merupakan pesta rakyat yang tidak pernah sepi peminat. Tidak heran jika ecommerce me..


;