E-Commerce

Gen Z Jadi Salah Satu Kunci Perkembangan Tren Omnichannel di Tanah Air

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Sebuah temuan dari Kantar Asia menyebut bahwa ada empat faktor pendorong tren omnichannel di Indonesia. Salah satunya dipengaruhi oleh perilaku berbelanja Gen Z.

“Gen-Z yang menjadi pendorong utama berkembangnya omnichannel,” ungkap Regional Account Director Worlpanel Division Kantar Asia Helmy Herman dalam diskusi yang digelar oleh GDP Venture di Kebon Sirih, Jakarta pada Selasa (24/10).

Lazada Gelar Program Indonesia Sustainable Seller Acceleration Camp 2023

Menurut pemaparan Helmy, Gen Z memiliki keahlian di bidang digital. Mereka juga dinilai menghargai pengalaman berbelanja offline untuk konten yang mereka hasilkan.

Temuannya juga melihat penyumbang jumlah belanja online terbesar di Indonesia berasal dari generasi tersebut. Sayangnya, Kantar tak menjelaskan lebih lanjut terkait temuannya seputar Gen Z ini.

“Generasi ini (Gen Z) memiliki keahlian digital namun tetap menghargai pengalaman berbelanja offline untuk konten yang mereka hasilkan,” imbuh dia.

Adapun disampaikannya beberapa faktor lain yang memengaruhi tren tersebut di masa mendatang. Pertama, ialah peningkatan penggunaan internet di daerah pedesaan, didukung oleh infrastruktur pemerintah yang semakin berkembang.

Gen ZKemudian, diikuti dengan faktor semakin meluasnya pembayaran berbasis mobile yang semakin meluas. Hal ini tentu memberi kemudahan bagi para pengguna dalam berbelanja.

Lebih lanjut, temuan dari Kantar Asia juga melihat bahwa keberadaan saluran online dan offline dapat saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara keseluruhan. Kedua saluran ini menyajikan kenyamanan berbelanja yang berbeda.

Misalnya, dalam sektor FMCG, ditemukan sebanyak 50% dari masyarakat Indonesia berbelanja di lebih dari empat saluran, baik offline maupun online.

“Hal ini mengindikasikan bahwa tren omnichannel akan terus berkembang, terutama seiring meningkatnya akses internet di berbagai daerah,” kata dia.

Namun, lanjut Helmy, keselarasan dengan preferensi konsumen perlu menjadi fokus bagi pelaku usaha. Supaya, dapat memberikan pengalaman belanja terbaik melalui berbagai saluran yang tersedia.

Omnichannel merupakan pendekatan pemasaran multi-channel yang bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh konsumen. Baik itu saat membeli secara online, maupun membeli langsung dari toko fisik.

Konsep ini menghubungkan berbagai saluran pemasaran dan bisnis. Baik itu saluran online maupun offline. Keduanya akan terhubung ke dalam saluran pusat.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Menkop UKM Teten Masduki Mau Silaturahmi dengan CEO TikTok Pekan Depan
E-Commerce

Menkop UKM Teten Masduki Mau Silaturahmi dengan CEO TikTok Pekan Depan

Gadgetdiva.id — Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) RI Teten Masduki ungkap rencananya u..

Lazada Gelar Program Indonesia Sustainable Seller Acceleration Camp 2023
E-Commerce

Lazada Gelar Program Indonesia Sustainable Seller Acceleration Camp 2023

Gadgetdiva.id – Persoalan lingkungan turut mendorong Lazada Indonesia (Lazada) untuk juga b..

Alibaba.com Sasar Pedagang Terdampak TikTok Shop
E-Commerce

Alibaba.com Sasar Pedagang Terdampak TikTok Shop

Gadgetiva.id — Platform grosir Alibaba Group, Alibaba.com berencana menyasar para pedagang ..

ERAJAYA RESMIKAN DJI EXPERIENCE STORE TERBESAR DI INDONESIA
E-Commerce

ERAJAYA RESMIKAN DJI EXPERIENCE STORE TERBESAR DI INDONESIA

Gadgetdiva.id – Erajaya Active Lifestyle meresmikan DJI Experience Store ke-9, yang sekalig..


;