Deretan Inisiatif Tokopedia Dorong Geliat Brand Lokal Kecantikan Makin Bersinar

0
Rekomendasi 12 produk kecantikan

Gadgetdiva.id – Tokopedia mencatat jumlah transaksi lewat kampanye Tokopedia Beauty jelang akhir tahun 2023, khususnya pada September 2023, mengalami kenaikan hampir 5 kali lipat jika dibandingkan awal tahun 2023 pada Januari 2023.

Selain itu, kehadiran kampanye Tokopedia Beauty telah membantu deretan brand lokal kecantikan dan perawatan diri mengalami kenaikan penjualan yang lebih pesat. Studio Tropik adalah salah satu contoh brand lokal kecantikan asal Bogor, Jawa Barat, yang merasakan manfaat dari bergabung di berbagai kampanye di Tokopedia, termasuk Tokopedia Beauty.

Berkat mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia termasuk Tokopedia Beauty, produk Studio Tropik bisa mencapai luar pulau bahkan hingga Papua. Penjualan kami juga naik hingga lebih dari 2 kali lipat saat Desember 2023 dibandingkan November 2023,” ujar Mellisa Angelina Atmadja, Chief Executive Officer (CEO) Studio Tropik.

Sebagai perpanjangan dari Tokopedia Beauty, Tokopedia juga telah mengadakan Tokopedia Beauty Awards (TBA) di akhir 2023. Ajang penghargaan tahunan yang berlangsung sejak tahun 2020 ini adalah upaya Tokopedia untuk mengapresiasi produk-produk kecantikan dan perawatan diri pilihan masyarakat Indonesia.

Di penghujung 2023, Tokopedia bersama TikTok juga telah meluncurkan kampanye Beli Lokal bertepatan dengan momentum Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2023 lalu.

Kampanye Beli Lokal bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk belanja online produk brand lokal, termasuk produk kecantikan dan perawatan diri. Kampanye Beli Lokal dapat ditemukan baik di aplikasi Tokopedia maupun aplikasi TikTok, sehingga dapat memperluas jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM lokal ke seluruh Indonesia.

After Beaute adalah salah satu contoh pelaku usaha kecantikan lainnya di Tokopedia yang merasakan manfaat dari kampanye Beli Lokal. 

“Sebagai brand lokal kecantikan asal Lampung, After Beaute sangat mengapresiasi adanya kampanye Beli Lokal dari Tokopedia dan TikTok karena memberikan panggung yang lebih luas bagi produk-produk lokal. Berkat Beli Lokal, After Beaute bisa mengalami kenaikan penjualan hingga 30% di momen Harbolnas 12.12 2023 jika dibandingkan penjualan di bulan November 2023,” jelas Andhita Irianto, Pemilik Usaha After Beaute.

Di sisi lain, Tokopedia melihat salah satu brand lokal perawatan diri lainnya yang sedang naik daun, yaitu Tulus Skin, mengalami kenaikan penjualan berkat kehadiran kampanye Beli Lokal. 

“Tulus Skin terus menerima dukungan dari Tokopedia dan TikTok agar penjualan kami bisa terus melesat, termasuk lewat kampanye Beli Lokal. Di momen Harbolnas 12.12 2023 lalu, transaksi Tulus Skin bisa naik dengan signifikan jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” tutup Jessica Anggrainy, selaku salah satu Pemilik Usaha Tulus Skin.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan