Tips Tingkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan Ala Tokopedia

0

Gadgetdiva.id – Pada minggu pertama puasa (11-17 Maret 2024), terdapat sejumlah produk yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan di aplikasi maupun website Tokopedia dan platform ‘Shop | Tokopedia’ di aplikasi TikTok.

Tokopedia bersama TikTok pun membagikan lima tips meningkatkan penjualan di bulan puasa untuk para pelaku UMKM lokal.

Bundling produk

Strategi bundling produk bisa meningkatkan penjualan dan dapat diterapkan UMKM khususnya yang berjualan produk kebutuhan sehari-hari atau Fast Moving Consumer Good (FMCG). Pelaku usaha disarankan menggabungkan maksimal 3 produk dan menambahkan diskon khusus agar menarik minat calon pembeli.

Pelaku UMKM bisa memanfaatkan fitur Paket Bundling di Tokopedia maupun Shop | Tokopedia. Agar makin dilirik calon pembeli, gunakan nama unik yang identik dengan Ramadan. Misalnya, ‘Paket Beduk’ yang berisi produk yang berkaitan dengan buka puasa, seperti teh celup, gula pasir dan kurma.

Agar pembeli makin loyal, pelaku UMKM bisa menggunakan fitur ‘Produk untuk Hadiah’ di Tokopedia atau ‘Gift with Purchase’ di Shop Tokopedia pada aplikasi TikTok. Lewat fitur ini pelaku UMKM bisa memberikan hadiah kepada pembeli pada setiap transaksi.

Buat hampers edisi spesial Ramadan

Lakukan penamaan produk secara tepat dengan memakai kata kunci yang paling banyak dicari pembeli. Rekomendasi kata kunci untuk berjualan hampers, antara lain: hampers, hadiah, gift, kado, parsel.

Di sisi lain, pelaku usaha juga bisa memberikan kesempatan bagi pembeli untuk mengkustom hampers sesuai preferensi dengan mengaktifkan fitur Pelengkap Produk di Tokopedia. Fitur ini memungkinkan pembeli menambah kartu ucapan dan kemasan (bungkus kado, goodie bag, kemasan ramah lingkungan dsb) pada produk apa pun. Jadi, pembeli bisa mengirim produk itu sebagai hadiah.

Live streaming dengan konten yang menarik

Untuk menjangkau target audiens yang tepat, pelaku usaha dapat memanfaatkan fitur LIVE shopping di Shop Tokopedia. Beberapa tips untuk memastikan LIVE tersebut menarik untuk pengguna antara lain: pastikan untuk selalu menyambut audiens baru, menjaga konten tetap menarik, dan meningkatkan waktu tayang LIVE dan mendorong pembeli. Pelaku usaha juga dapat menyerukan promosi terus-menerus karena selalu ada penonton baru di ruang LIVE.

Di sisi lain, penjual di Tokopedia bisa memanfaatkan kanal streaming video ‘Tokopedia Play’ untuk melakukan live streaming dan memasarkan produknya dengan menambahkan beragam promo menarik.

Jangan lupa siapkan peralatan live streaming seperti tripod, membuat konten secara konsisten, berinteraksi dengan penonton dan promosikan live streaming sebelum mulai lewat media sosial.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan