Lindungi keamanan data pengguna, Blibli.com dapat sertifikat ISO 27001

0
e-commerce Blibli.com

Blibli.com saat ini meraih standarisasi terkait sistem manajemen keamanan informasi dalam mengoperasikan bisnis e-commerce. Hal ini menjadikan Blibli.com secara resmi menjadi aplikasi e-commerce yang meraih sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 yang disaksikan oleh Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) saat British Standard Institution (BSI).

Mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001, sebagai aplikasi e-commerce, Blibli.com dianggap sudah menerapkan berbagai strategi, termasuk di bidang arsitektur IT dan application programming interface (API) untuk memastikan ketahanan Blibli.com pada keamanan data, baik korporat maupun pelanggan.

Baca juga, Blibli.com gandeng Komunitas 1001Buku, Tingkatkan minat baca millennials

“Melalui standarisasi ini, Blibli.com juga ingin semakin meningkatkan kesadaran seluruh stakeholder dalam industri e-commerce mulai dari pelaku hingga pelanggan akan pentingnya mengutamakan data, bukan hanya data pelanggan tapi juga korporat,” kata Ongkowijoyo, selaku Vice President of Infrastructure and Technical Support Blibli.com.

Menjadikan keamanan siber yang menjadi tantangan di industri digital Indonesia, Blibli.com berupaya untuk memberikan keamanan bertransaksi di aplikasi bagi konsumen. Ancaman siber bisa menyasar perusahaan penyedia produk atau jasa digital dengan tujuan mendisrupsi pengoperasian bisnis.

Selain itu, ancaman siber juga bisa bertujuan untuk mengakses data para pengguna produk atau jasa digital tersebut untuk mencuri identitas atau menjual identitas para pengguna ke pihak ketiga.

Erna Damayanty, Managing Director BSI Indonesia mengatakan bahwa standar ISO/IEC 270001 pada awalnya merupakan British Standard 7799 yang diadopsi menjadi standard ISO yang telah diakui oleh 164 negara di dunia. Sertifikat ISO/IEC 27001 yang diberikan kepada Blibli.com pada hari ini diterbitkan oleh British Standard Institution yang merupakan creator dari standard ISO/IEC 27001 ini dan memiliki akreditasi internasional.

Persyaratan standar ISO/IEC 27001 ini sangat ketat, proses yang dilalui untuk mendapatkannya juga cukup sulit dan panjang. “Blibli.com telah mendapat sertifikat ISO/IEC 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi setelah melalui proses audit yang menyeluruh. Berhasilnya Blibli.com dalam mendapatkan sertifikat menandakan e-commerce tersebut telah memperhatikan keamanan data, baik yang menjadi milik korporat dan para pelanggan,” tambah Erna.

Erna menekankan bahwa standarisasi Manajemen Keamanan Informasi ISO/IEC 27001:2013 ini sangat penting bagi pelaku industri e-commerce. Dengan memiliki sertifikat standar manajemen sistem keamanan informasi ISO/IEC 27001:2013 yang diakui dunia, pelanggan dapat semakin yakin dan nyaman untuk berbelanja di Blibli.com.

Selain itu, Blibli.com tidak hanya menerima sertifikat ISO/IEC 27001: 2013, melainkan juga mendapatkan skor tertinggi di Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari BSSN. Untuk Indeks KAMI sendiri merupakan alat untuk menganalisa dan mengevaluasi penerapan keamanan informasi pada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Nah, paradiva harus sadar, nih keamanan siber atau kejahatan di dunia maya untuk kepentingan data pribadi dalam mengakses platform khususnya pada e-commerce, apakah aman atau tidak, ya!


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan