Silaturahmi virtual pakai 4G LTE Indosat, tak perlu keluar uang banyak

Silaturahmi virtual merupakan solusi di tengah pandemi dan malam Takbiran merupakan waktu terbaik untuk bisa berkumpul dengan keluarga, merayakan kemenangan. Namun pandemi Covid-19 memaksa kita untuk tetap di rumah dan tak bisa kemana-mana.

Virus corona menghantui namun tidak membuat kita menyerah untuk bersilaturahmi bersama sanak keluarga dan saling bermaaf-maafan. Cara yang terbaik adalah dengan menggunakan jaringan selular, menghubungi keluarga dan mengumpulkannya ke dalam satu layar smartphone.

Saya pun mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik menemui orang tua. Kebetulan, orang tua saya berada di Cirebon. Orang tua satu-satunya itu telah berada di Cirebon jauh sebelum PSBB diberlakukan. Dia pun mengaku merasa nyaman di kampung dan ingin merayakan lebaran di sana.

Malam takbiran ini, saya mencoba menghubunginya. Kebetulan, jaringan 4G LTE Indosat sedang bersahabat. Saat menguji jaringan menggunakan Ookla Speedtest, jaringan 4G LTE Indosat mampu menghasilkan kemampuan unduh sampai 42,2 Mbps. Sedangkan kemampuan unggah mencapai 41,8 Mbps.

silaturahmi virtual

Angka uji kecepatan ini memang wajar karena Indosat memiliki jaringan yang kuat di rumah kami. Kebetulan rumah kami juga berada di samping jalan raya di salah satu sudut Jakarta. Tidak heran jika kami tak kesulitan mendapatkan sinyal yang kuat.

Saat memencet tombol panggil melalui aplikasi video call WhatsApp, nomor orang tua saya kebetulan bukan Indosat. Namun tidak butuh waktu lama untuk terkoneksi. Setelah mengucap salam dan menanyakan kabar, saya memutuskan untuk menambahkan panggilan yang lain. Saya menghubungi adik dan kakak kandung yang juga berada terpisah, dipinggiran Jakarta.

10 menit kami habiskan untuk saling ghibah, tertawa, dan bercerita tentang apa yang kami lakukan selama terpisah beberapa bulan. Tak lupa, kami juga menggosipkan pemerintah dan kebijakannya dalam menanggulangi Covid-19 di negara ini.

Saat mengecek di menu penggunaan data, durasi 10 menit menelepon bersama 4 orang sekaligus menggunakan 4G LTE Indosat ternyata hanya menghabiskan sekira 126 MB. Jika menggunakan Freedom Kuota Harian sebesar 7GB yang harganya Rp19.900, itu artinya, kuota data sehari mencapai 1GB dengan harga sekira Rp2.800

Itu artinya, dengan 10 menit mengobrol ke empat orang sekaligus yang berada di beberapa titik berbeda, hanya membutuhkan biaya tak lebih dari Rp2800 perak. Bayangkan jika kita harus menemui mereka satu persatu. Perjalanan ke Cirebon butuh biaya sampai Rp200 ribu dengan durasi perjalanan 4 sampai 5 jam.

Nah, ini bisa menjadi pertimbangan untuk bisa melakukan silaturahmi secara virtual. Biaya murah, durasi tak terbatas, dan tentunya tak ada kekhawatiran membawa pulang Covid-19.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.