Sunday, 16 May 2021
More

    Latest Posts


    Begini cara memantau anak saat menggunakan smartphone

    Kali ini, Oppo A92 menyediakan fasilitas untuk keamanan akses aplikasi dan internet bagi anak. Paradiva selaku orang tua dapat memantau aktivitas anak menggunakan fitur Kid Space dan Parental Controls di Oppo A92 untuk membantu dalam mencegah anak mengakses konten terlarang.

    Oppo A92

    Mode Kid Space pada A92 merupakan fitur untuk mengendalikan secara penuh penggunaan smartphone oleh anak-anak. Paradiva bisa menentukan aplikasi yang boleh diakses oleh anak dan durasi penggunaan yang dapat diatur mulai dari 15 menit, 30 menit, dan seterusnya.

    Jika sudah terpasang, mode Kid Space tidak akan menampilkan aplikasi-aplikasi lain yang ada di smartphone kecuali yang sudah dipilih oleh paradiva. Selain itu, Kid Space juga memiliki fitur untuk mencegah anak melakukan pembelian items dari game atau aplikasi yang mereka mainkan dan juga membatasi penggunaan kuota internet.

    Sementara itu, untuk Parental Control berguna memonitor penggunaan smartphone secara terpisah jika anak memiliki ponsel pintar sendiri. Jadi, paradiva selaku orang tua bisa memantau aktivitas dalam menggunakan aplikasi dari perangkat yang terpisah. Cara ini bisa paradiva dilakukan dengan mengunduh aplikasi Family Link dari Google Play Store.

    Lewat aplikasi Google Family Link ini, paradiva dapat memantau dan membatasi aplikasi-aplikasi yang boleh diunduh oleh anak. Hal ini dapat mencegah anak-anak untuk tidak men-download konten atau game yang seharusnya belum boleh mereka tonton dan mainkan.

    Dengan fitur Kid Space dan Parental Controls yang ada di Oppo A92, paradiva tidak perlu lagi khawatir berbagi penggunaan smartphone dengan anak-anak kamu. Paradiva pun bisa mengendalikan penggunaan smartphone dan mengarahkan anak-anak untuk tetap bijak dalam menggunakan perangkat digitalnya.

    Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini lewat smartphone dan akses internet, anak-anak bisa berkomunikasi dengan guru atau teman mereka, bermain game atau menonton YouTube sebagai hiburan atau bagian dari edukasi.

    Meminjamkan gadget atau smartphone kepada anak-anak setidaknya bisa membantu mengurangi rasa bosan selama pembelajaran di sekolah belum kembali normal. Meski demikian, dampak dari era digital ini memberikan tantangan baru bagi paradiva. Anak-anak semakin mudah mendapatkan akses internet yang menyajikan konten beragam, mulai dari konten untuk anak-anak hingga dewasa.

    Akan tetapi, tantangan ini seharusnya menjadikan paradiva serta merta merasa phobia terhadap internet dan mengambil jarak dengan teknologi. Sebaliknya, kamu perlu mendampingi anak-anak selama proses belajar-mengajar secara online.

    Namun, paradiva harus ingat, ya bahwa Anak-anak juga perlu memperoleh transformasi digital secara positif sehingga mereka bisa lebih bertanggung jawab ketika mengakses internet melalui perangkat smartphone.

    Baca juga, Facebook kenalkan jenis grup terbaru, bisa berbagi pengalaman mengasuh anak!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR