5 Tips Ini Bantu Kamu Menghadapi Penyebar Hoax di Grup WhatsApp

0
emak-sebar-hoax

Diva says – Aplikasi yang menyediakan fitur group chat yang menjadi tempat kumpul para penggunanya ini merupakan salah satu wadah penyebaran berita hoax di media sosial lho. Paradiva mungkin sudah tidak asing lagi jika menerima berita hoax yang sering timbul di group chat pada aplikasi WhatsApp, terlebih kamu memiliki group chat keluarga.

Menyadari konten negatif dalam penyebaran hoax, Relawan Edukasi Antihoax Indonesia (Redaxi) atau Tim edukasi terkait penyebaran hoaks di dunia maya ini kerap mendapatkan pertanyaan, apa sikap yang harus dilakukan jika ada keluarga di dalam grup yang kerap menyebarkan hoaks, terutama orang tua atau nenek tanpa mengetahui kebenarannya.

Menanggapi hal ini, juru bicara Redaxi, Astari Yanuarti membagi tips menghadapi anggota keluarga yang menyebarkan berita hoax di grup. Simak yuk, 5 tips dibawah ini.

1.Menggunakan bahasa yang sopan saat mengingatkan, apakah berita yang di bagikan memiliki sumber atau tidak.

2. Jika info yang dibagikan terdapat berita hoax, sebaiknya sertakan bukti/klarifikasi. Bukti tentang berita hoax bisa kamu peroleh dari banyak sumber, misalnya grup-grup antihoaks atau instansi yang terkait, biasanya mereka rajin posting klarifikasi hoaks di medsos. Kamu juga bisa gunakan mesin pencari google/bing untuk mencari klarifikasi hoaks tersebut.

3. Sesekali postinglah ayat kitab suci sesuai agama masing-masing yang melarang perbuatan fitnah, menyebar kabar bohong, dan mencaci orang lain. Karena tiap agama melarang perbuatan tersebut.

4. Posting juga sesekali ancaman pidana bagi para penyebar kabar bohong, ujaran kebencian, dan fitnah, sesuai hukum di Indonesia.

5. Ajaklah keluarga untuk tidak memposting kabar-kabar yang tidak jelas sumber dan kebenarannya. Sebagai gantinya, perbanyak obrolan yang terkait aktivitas anggota keluarga masing-masing.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan