Monday, 14 June 2021
More

    Latest Posts


    Tutorial menggunakan fitur pengawasan orang tua di aplikasi TikTok

    Media sosial memang membawa banyak hiburan, namun tak berarti platform tersebut tak memiliki pengaruh buruk. Khususnya, bagi anak-anak yang masih membutuhkan pengawasan dari orang tua.

    Belakangan ini, baru terjadi insiden yang mengkhawatirkan dalam platform TikTok. Ada tantangan tidak sensitif yang membuat orang berpura-pura menjadi korban Holocaust. Yang lebih mengkhawatirkannya lagi, pengguna terus memposting ulang rekaman pria yang melakukan percobaan bunuh diri.

    Rekaman tersebut didapat dari seorang pria bernama Ronnie McNutt yang berusia 33 tahun. Namun, TikTok sudah tak bisa menghapus klip insiden terebut karena sudah terlanjur tersebar secara luas.

    Sebenarnya, TikTok memungkinkan orang tua untuk menetapkan batas waktu, memfilter konten dewasa dan menonaktifkan pesan langsung untuk akun anak-anak mereka.

    Ini artinya, para orang tua dapat tetap melakukan pengawasan terhadap ponsel anak-anaknya. Mereka dapat menyetel batas waktu dan filter konten di ponsel anaknya dan melindungi setelan tersebut dengan password.

    Tutorial menggunakan Fitur Pengawasan Orang Tua

    Untuk melakukannya, buka akun, lalu tap tiga titik di bagian kanan atas profil pengguna. Kemudian, pilih opsi Digital Wellbeing di sebelah ikon payung.

    Dari sana, pilih fitur yang ingin diaktfikan. Fitur tersebut akan mencakup Restricted Mode. Fitur ini dapat memblokir konten orang dwasa. Namun, anak-anak tetap akan menemukan konten dewasa yang tidak sesuai dari usia mereka saat menggunakan aplikasi sendirian.

    Nah, para orang tua dapat menguncinya dengan mengaktifkan password. Jadi, pastikan passwordnya tidak diketahui oleh anak-anak. Sehingga, mereka tak dapat menemukannya.

    Selain menggunakan Restricted Mode, tidak ada cara lain untuk memfilter konten di TikTok. Jadi, bagi kalian para orang tua, sebaiknya awasi aktivitas TikTok anakmu lebih dekat dan juga selalu update dengan berita terbaru.

    Tutorial Melaporkan Konten yang Tidak Pantas

    1. Buka profil akun yang ingin kamu laporkan.
    2. Klik ikon Settings, lalu ikuti langkah-langkah di aplikasi.

    Opsi ini akan berguna jika akun yang sama berulang kali memposting atau memposting ulang video yang menyinggung.

    Untuk melaporkan video secara individual, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

    1. Ketika videonya dimulai, klik ikon Share.
    2. Klik Report, lalu ikuti langkah-langkah pada aplikasi.

    Baca juga, Ikuti Tips ini untuk mengamankan akun TikTok kamu!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR