Friday, 16 April 2021
More

    Latest Posts


    Focus Mode di Smartphone, Bikin Anak Lebih Fokus Sekolah Online

    Saat pandemi berlangsung dan semua orang mulai belajar di rumah, penggunaan smartphone seolah tak terbendung. Pagi, siang, sore, malam, anak-anak tetap memegang smartphone, bahkan terbawa saat tidur. 

    Kemdikbud juga menyebut rata-rata siswa tidak bisa memahami pelajaran dalam kondisi kegiatan belajar jarak jauh karena mereka tidak berkonsentrasi secara penuh jika belajar di rumah.

    Sejatinya, fokus dalam pelajaran bisa menjadi komitmen semua anak jika orang tua mengenali teknologi yang ada di dalam smartphone yang digunakan anak. Di Samsung, sudah ada fitur yang dinamakan Focus Mode. Tak hanya ada di smartphone flagship tapi juga di smartphone dengan harga terjangkau, seperti Samsung Galaxy A01, A01 Core dan A11.

    Dengan fitur Focus Mode yang hadir pada Galaxy A01 Core, Galaxy A01 dan Galaxy A11, orang tua dapat membatasi jenis dan jumlah aplikasi yang dapat dioperasikan anak pada saat proses PJJ berlangsung. Sehingga, anak bisa mendapatkan konsentrasi yang lebih baik dan minim distraksi.

    Focus Mode diyakini dapat membantu pengguna mencapai learning goal selama di rumah. Sehingga bisa menekan keinginan untuk membuka Instagram, ataupun ramainya notifikasi chat di group Whatsapp.

    Tentu saja, fitur focus mode ini hanya berlaku bagi pengguna yang memiliki smartphone Samsung Galaxy. Lebih spesifik lagi smartphone terbaru yang sudah memakai antarmuka One UI 2.0 dengan sistem operasi Android 10.

    Cara mengaktifkannya pun cukup mudah. Pertama pengguna harus malukan pengaturan lewat menu setting di Samsung Galaxy. Masuk pada bagian Digital Wellbeing dan Parental Controls. Setelah itu, geser tampilan menu ke atas dan temukan icon Focus Mode.

    Pilih salah satu opsi antara Work Time atau Me Time, atau pengguna juga bisa memberikan nama sendiri untuk mode yang dipilihnya misalnya “Belajar Time”. Pilih mode yang kalian inginkan dengan memilih menu “add”, setelah itu tentukan aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk tetap fokus belajar. Misalnya Internet browser, untuk membantu mencari informasi lebih jauh mengenai suatu teori, atau aplikasi edukasi berbasis digital.

    Ketika sudah ditentukan, pengguna tinggal memilih start. Voila! Hanya aplikasi yang diijinkan saja yang akan dapat digunakan ketika mode “Belajar Time” dipilih sehingga bebas gangguan. Jika sudah selesai tinggal pilih akhiri Focus Mode dan semua aplikasi bisa kembali digunakan.

    Untuk mengakses Focus Mode setelah melakukan pengaturan, cara cepat untuk mengakses Focus Mode, cukup dengan 4 langkah berikut: buka fitur quick settings -> geser ke kiri -> cari ikon Focus Mode -> pilih mode yang diinginkan -> aktifkan.

    Semoga melalui penggunaan smartphone, anaknya bisa fokus belajar terus, ya bund!

    Baca juga, Fakta Android Go, Bikin Smartphone Samsung Galaxy A01 Core Makin Diandalkan

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR