Lindungi Pengguna Remaja, Instagram Luncurkan Rangkaian Fitur Baru

Lindungi Pengguna Remaja, Instagram Luncurkan Rangkaian Fitur Baru
Family

Lindungi Pengguna Remaja, Instagram Luncurkan Rangkaian Fitur Baru

Lindungi Pengguna Remaja, Instagram Luncurkan Rangkaian Fitur Baru

Lindungi Pengguna Remaja, Instagram Luncurkan Rangkaian Fitur Baru # Sumber : gadgetDiva

Instagram meluncurkan rangkaian fitur baru untuk melindungi remaja. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Adam Mosseri pada sebuah postingan blog Meta.

Konsentrasi Instagram belakangan ini adalah membuat platformnya aman digunakan untuk pengguna remaja. Kali ini, mereka meluncurkan fitur Take a Break, Parental Control dan Your Activity.

Tips Mengatasi Burnout Saat Dampingi Anak Belajar, Orang Tua Mesti Tahu

Fitur Take a Break sudah dapat digunakan oleh pengguna mulai bulan ini di Amerika Serikat, New Zealand, Inggris, Irlandia, Kanada dan Australia. Sementara, fitur Parental Control dan rangkaian fitur lainnya.

Sejatinya, rangkaian fitur ini memungkinkan pengguna remaja untuk mengendalikan akun mereka sendiri. Agar terhindar dari oknum-oknum yang ingin berbuat jahat.

Seperti tujuan yang digunakan Instagram dalam membuat fitur Take a Break. Simak Penjelasannya!

Fitur Take a Break

Seperti namanya, fitur Take a Break sendiri memungkinkan pengguna untuk rehat sejenak dari Instagram. Guna mencegah penggunanya kecanduan menggunakan aplikasi.

Dengan cara, membatasi waktu kamu dalam menggunakan aplikasi. Paradiva bisa memilih sendiri waktunya mulai dari 10 menit, 20 menit hingga 30 menit.

Jika waktu kamu menggunakan aplikasi melebihi batas yang sudah ditentukan, maka Instagram akan memberi notifikasi untukmu agar segera berhenti menggunakan aplikasinya.

Dalam fitur ini, Paradiva juga bisa mengatur waktu limit harian melalui opsi Daily Limit. Fitur ini akan menjadi pengingat saat waktu yang kamu habiskan di Instagram mendekati batas yang telah kamu tentukan. Sekaligus, menawarkan kemampuan untuk menonaktifkan notifikasi dari Instagram.

Fitur Parental Control

Rangkaian fitur Parental Control ini memungkinkan orang tua untuk melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan anak remaja mereka dalam Instagram dan memungkinkan mereka untuk mengatur batas screen time.

Sementara, remaja juga kan diberikan pilihan untuk memperingatkan orang tua mereka jika melaporkan seseorang. Alat ini menghadrikan pengalaman opt-in, dimana remaja dapat melilih untuk tidak mengirim lansiran dan tidak ada persyaratan bahwa mereka dan orang tua harus menggunakan parental control.

Instagram juga akan membuat pusat pendidikan untuk orang tua. Dimana mereka akan menyertakan sumber daya tambahan, seperti tutorial produk dan tips dari para ahli untuk membantu mereka mendiskusikan penggunaan media sosial dengan anak remaja mereka.

Fitur Lainnya

Selain meluncurkan fitur Take a Break dan Parental Control, Instagram juga meluncurkan fitur lainnya.

Sebelumnya, Instagram telah membuat fitur yang memungkinkan pengguna remaja menjaga jarak dengan pengguna dewasa. Kali ini, mereka kembali memperluas fitur tersebut.

Kini, meraka akan menonaktifkan kemampuan orang dewasa untuk tag atau mention akun remaja yang tidak mengikuti mereka. Serta, memasukkan konten mereka dalam Reels Remix atau Guides.

Instagram juga mengatakan mereka akan lebih ketat untuk merekomendasikan akun remaja dalam aplikasi di bagian seperti Search, Explore, Hashtag dan Suggested Account.

Mereka juga menyatakan sedang menajajaki gagasan untuk membatasi konten dii Explore dengan menggunakan fitur kontrol konten sensitif yang lebih baru.

Instagram juga mmpertimbangkan untuk memperluas fitur “Limit Even More”. Guna memasukkan tidak hanya Explore, namun juga Search, Hashtag, Reels dan Suggested Account.

Bulan Januari mendatang, Instagram juga akan meluncurkan sebuah fitur baru bernama Your Activity. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk menghapus foto dan video dari akun mereka, guna membersihkan jejak digital mereka.

Fitur ini akan ditawarkan sebagai bagian dari hub baru. Dimana pengguna dapat melihat dan mengelola aktivitas mereka dari Instagram.

Baca juga: Begini Cara Melaporkan Postingan Berisi Data Pribadi di Instagram


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Wajib Tahu, Ternyata Ini Lho Manfaat Pakai Lotion Bayi
Family

Wajib Tahu, Ternyata Ini Lho Manfaat Pakai Lotion Bayi

Kalau menurutmu lotion bayi dan cream bayi adalah dua produk yang sama, maka itu keliru. Karena k..

Tips Mengatasi Burnout Saat Dampingi Anak Belajar, Orang Tua Mesti Tahu
Family

Tips Mengatasi Burnout Saat Dampingi Anak Belajar, Orang Tua Mesti Tahu

Kegiatan belajar mengajar secara daring memiliki peran baru untuk orang tua. Tak jarang, banyak d..

Facebook Jeda Pengerjaan Pada Aplikasi Instagram Kids
Family

Facebook Jeda Pengerjaan Pada Aplikasi Instagram Kids

Facebook dikabarkan melakukan jeda pengerjaan pada aplikasi Instagram Kids. Kabar ini disampaikan..

HUAWEI MatePad T8 Kids Edition Hadir di Indonesia
Family

HUAWEI MatePad T8 Kids Edition Hadir di Indonesia

HUAWEI MatePad T8 Kids Edition hadir di Indonesia. Perangkat ini bisa didapatkan mulai tanggal 23..


;