7 Kebiasaan Aman untuk Anak di Era Digital, Jangan Terlalu Sering Main Gadget

0
159
anak di era digital

Gadgetdiva.id — Anak di era digital memang tak bisa lepas dari gadget. Setiap orang membutuhkan keterampilan tertentu untuk bertahan hidup di dunia digital saat ini. Orang dewasa cenderung mendapatkannya ketika teknologi baru datang, tetapi anak-anak saat ini praktis dilahirkan dengan ponsel cerdas di tangan mereka. Dan itu akan Kembali kepada orang tua untuk mengajari mereka bagaimana hidup di dunia yang terus-menerus dibombardir oleh arus informasi.

Berikut Kaspersky membagikan tujuh kebiasaan anak di era digital yang akan membantu anak paradiva beradaptasi dengan web.

1. Jadwalkan waktu tanpa perangkat

Ketika anak-anak menghabiskan banyak waktu menggunakan teknologi di era digital ini, mereka dapat memiliki rasa kecanduan. Menurut peneliti dari American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, kecanduan ini dapat menyebabkan masalah tidur, perubahan suasana hati, penambahan berat badan, citra diri yang buruk, dan masalah citra tubuh.

Baca juga: 12 Fitur Canggih Samsung Family Hub

Para ahli menyarankan untuk memperkenalkan anak-anak ke dunia online dengan secara bertahap meningkatkan waktu layar mereka dan menghapus batasan. Beberapa tip juga berlaku untuk anak-anak dari segala usia: Yang paling sederhana dan paling efektif termasuk tidak menggunakan perangkat yang dekat dengan waktu tidur dan membungkam perangkat semalaman. Anda juga harus menyepakati waktu lain ketika anak-anak tidak diperbolehkan menggunakan telepon mereka, seperti saat makan bersama keluarga.

2. Mengambil alih peran untuk mengisi daya

Meskipun teknologi maju secepat kilat, perangkat saat ini masih cenderung kehabisan daya dengan cepat. Ajaklah anak-anak meninggalkan perangkat mereka di suatu tempat di luar kamar tidur seperti di pintu masuk atau dapur untuk pengisian daya (charging)— perangkat akan selalu terisi baterai penuh di pagi hari, dan anak-anak Anda di era digital ini tidak akan dapat menonton Tren TikTok tepat sebelum waktu mereka tidur.

anak di era digital

Perlu diingat bahwa anak-anak cenderung terlalu sering menggunakan perangkat mereka di siang hari sehingga pada saat malam tiba, baterai ponsel mungkin sudah habis. Jika itu yang terjadi di rumah paradiva, pertimbangkan untuk membeli pengisi daya portabel untuk anak-anak, dan biasakan mereka untuk membawa pengisi daya saat akan keluar dalam waktu lama.

3. Perhatikan keamanan informasi dan lainnya untuk anak di era digital ini

Ketika anak-anak tenggelam dalam dunia maya, mereka rentan terhadap sejumlah bahaya, baik di Web maupun di dunia nyata. Mulailah dengan menekankan bahwa mereka tidak boleh menatap ponsel saat menyeberang jalan atau berjalan naik atau turun tangga.

Selanjutnya adalah keamanan online termasuk ancaman Internet seperti penipuan, pencurian data pribadi, virus, dan masih banyak lagi. Beri tahu anak-anak Anda untuk tidak mengunjungi situs web yang mencurigakan (dan mengajari mereka apa artinya), memasukkan kata sandi atau informasi pribadi apa pun di sana, membuka tautan yang mencurigakan, atau mengunduh aplikasi dari mana pun kecuali dari toko aplikasi resmi.

Tekankan bahwa mereka tidak boleh membagikan dokumen pribadi, informasi kartu kredit, atau foto yang dapat menempatkan mereka atau teman mereka dalam keadaan yang membahayakan.

Mungkin anak-anak tidak dapat mengingat dan mengikuti semua aturan tersebut secara langsung. Untuk mendapatkan bantuan, Anda dapat beralih ke solusi keamanan yang andal. Misalnya, Kaspersky Internet Security yang melindungi perangkat dari virus, phishing, dan penipuan online, dan Kaspersky Safe Kids membantu melindungi anak-anak dari konten berbahaya dan membatasi jumlah waktu yang mereka habiskan di perangkat mereka.

4. Batasi notifikasi berlebihan

Saat perangkat kita terus-menerus mengirimkan notifikasi, kita dapat dengan mudah kewalahan dan kehilangan konsentrasi. Bahkan orang dewasa pun terkadang kesulitan melawan godaan untuk memeriksa pesan, jadi bisa dibayangkan betapa sulitnya hal tersebut bagi anak-anak. Batasi peringatan di ponsel anak-anak Anda sehingga mereka tidak teralihkan dari tugas sekolah atau tugas lainnya — dan agar mereka dapat menyelesaikan pekerjaan rumah lebih cepat.

Informasi cara mematikan notifikasi bisa dilihat di sini

Sayangnya, Anda tidak dapat menghilangkan notifikasi dari semua aplikasi di semua perangkat sekaligus; Anda perlu mengonfigurasinya secara terpisah di ponsel dan laptop, dan setiap sistem operasi memiliki fitur khusus dan alat bawaan untuk melakukannya.

5. Mengikuti tata cara dalam dunia digital

Sama seperti di dunia nyata, aturan tidak tertulis mengatur perilaku Internet. Orang biasanya menguasainya hanya dengan berkomunikasi secara online, tetapi anak-anak membutuhkan bantuan untuk menghindari situasi yang membingungkan, jadi Anda harus mendiskusikan beberapa hal yang mungkin mereka hadapi secara online. Misalnya, diskusikan perbedaan antara berkomunikasi melalui email, di jejaring sosial, dan di aplikasi perpesanan.

Penting juga untuk menjelaskan perilaku yang dapat diterima. Satu aturan praktis adalah bertanya sebelum memposting — setiap kali — apakah saya dapat mengatakan ini secara langsung? Menulis penghinaan dan merendahkan orang secara online adalah tindakan lebih dari kasar; itu bisa menjadi konsekuensial.

6. Menata dan mengelola informasi dengan baik

Ada yang mengatakan telepon atau komputer yang terorganisir mencerminkan pikiran yang terorganisir. Lemari yang berantakan mungkin tidak terlalu memengaruhi kehidupan anak Anda, tetapi kehilangan kata sandi atau file hingga melupakan nomor telepon bisa menjadi masalah. Anak-anak harus belajar mengelola informasi sejak usia dini.

Lebih baik lagi, mereka harus membiasakan membuat salinan cadangan informasi yang paling penting. Maksimalkan drive eksternal — flash drive atau hard drive — atau penyimpanan cloud. Yang terakhir adalah topik penting yang layak didiskusikan secara terpisah. Cloud adalah sumber daya yang hebat, tetapi anak-anak harus berhati-hati dengannya. Terutama, mereka perlu berhati-hati untuk tidak mengizinkan sembarang orang mengakses file penting.

7. Jadwalkan detoks digital reguler untuk anak di era digital

Dengan teknologi digital yang hadir ke hampir setiap aspek kehidupan anak-anak, barangkali tidak mungkin untuk menghindari informasi yang berlebihan. Itu berarti anak-anak harus dapat menjauh dan menjadikan Internet sebagai bagian yang bukan prioritas dari kehidupan mereka — pertama dengan bantuan Anda dan kemudian dengan bantuan mereka sendiri.

Pertama dan terpenting, batasi penggunaan jejaring sosial — mereka cenderung menghabiskan waktu dan energi terbesar pada platform tersebut.

Cara yang lebih efektif, meskipun juga lebih rumit, untuk memerangi kelebihan informasi adalah detoks digital, disaat Anda menyimpan perangkat dan tidak menggunakannya dalam jangka waktu tertentu. Untuk hasil terbaik, lakukan ini secara rutin. Anda dapat menggabungkan detoks dengan wisata alam, olahraga, atau aktivitas bersama teman dengan tidak ada perangkat yang diizinkan.

Anak di era digital telah memaksa orang tua untuk menghadapi tantangan baru. Saat menghadapinya, ingatlah bahwa Anda dapat menjadi contoh terbaik bagi anak-anak Anda. Akan sulit untuk mengikuti aturan ini pada awalnya, tetapi seiring waktu kebiasaan yang baik ini akan tertanam dan membantu anak-anak Anda terhubung kembali dengan dunia di sekitar mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini