Kaspersky Safe Kids Lindungi Anak dari Situs Web yang Tidak Diinginkan

0
37
kaspersky safe kids

Gadgetdiva.id — Kaspersky Safe Kids telah diakui oleh AV-TEST sebagai fitur yang komprehensif dalam melindungi anak-anak di seluruh perangkat yang menggunakan Android, Windows, dan iOS. Pengakuan ini telah dilakukan sejak 2021 lalu.

AV-TEST mencatat tingkat deteksi kategori situs web yang tinggi dan kemampuannya untuk mengelola akses tersebut. Hasil pengujian juga menunjukkan keandalan tingkat tinggi dalam memblokir halaman web yang tidak pantas, yang menyediakan penjelajahan yang aman (safe browsing) untuk anak-anak.

kaspersky safe kids

Saat ini, anak-anak menggunakan perangkat sejak usia sangat dini (sekitar lima-sembilan tahun) yang memberi mereka akses ke Internet. Untuk menjaga pengalaman digital anak-anak tetap aman dan terlindungi, orang tua beralih ke aplikasi pengawasan orang tua. Aplikasi ini membantu melindungi anak-anak dari konten yang tidak pantas di web, mengatur waktu yang dihabiskan di perangkat, hingga memperlihatkan lokasi fisik anak, apabila gawai mereka memiliki aplikasi pelacakan yang terpasang.

Di antara seluruh pencapaian utama Kaspersky Safe Kids, AV-TEST secara khusus menyebutkan kemampuan tingkat tinggi pada perlindungan pada situs web. Kaspersky Safe Kids berhasil memblokir rata-rata keseluruhan 90% tautan yang berpotensi tidak pantas pada Windows dan 85% pada Android. Hasil tertinggi di antara kategori konten yang diblokir adalah “Konten dewasa”– di mana 100% tautan terdeteksi dan diblokir di Windows.

Perlu dicatat bahwa Kaspersky Safe Kids memblokir situs web dari 14 kategori meliputi: Konten dewasa; Alkohol, tembakau, narkotika; Sistem akses anonim; Video game; E-tailers, bank dan sistem pembayaran; Perjudian, lotere, undian; komunikasi internet; Pencarian pekerjaan; Media berita; Agama, relijius, asosiasi; Perangkat lunak, audio, video; Kekerasan, senjata, bahan peledak, piroteknik. berbeda dalam 15 bahasa seperti Arab, Denmark, Jerman, Inggris, Spanyol, Prancis, Italia, Jepang, Korea, Belanda, Portugis, Rumania, Rusia, Swedia, dan Cina.

Tes laboratorium juga mengungkapkan tingkat deteksi pemblokiran berlebih menurun secara signifikan pada tahun 2021 – turun menjadi 6,7% untuk Windows (dari 9% pada tahun 2020) dan 6% untuk Android (dari 8% pada tahun 2020).

Adapun fitur lain di Kaspersky Safe Kids, AV-TEST turut mencatat Application Control. Ini memungkinkan orang tua untuk memblokir aplikasi berdasarkan kategori di Android dan Windows. Pada perangkat iOS, opsi ini bekerja dengan menggunakan kriteria usia yang diatur di App Store. Misalnya, orang tua dapat membatasi akses ke semua aplikasi media sosial, atau aplikasi tertentu, dan membatasi jumlah waktu penggunaannya oleh anak-anak.

kaspersky safe kids

Menurut pengujian, Kaspersky Safe Kids juga memiliki fitur pelaporan yang komprehensif dan informatif. Ini menunjukkan hasil pencarian dan aktivitas terperinci di media sosial serta menyoroti konten web yang dikunjungi atau ketika terdapat upaya untuk menghindari aplikasi kontrol orang tua. Laporan tersebut dapat membantu orang tua secara efektif melacak aktivitas digital anak-anak, serta membantu untuk lebih memahami hobi dan minat mereka.

Kaspersky Safe Kids

Fitur penting lainnya yang disebutkan oleh AV-TEST adalah pemantauan mesin pencari, yang memastikan hanya konten yang pantas yang dapat diakses secara online; pagar geografis dan pelacakan lokasi gawai seluler anak serta pemantauan baterai perangkat dan peringatan baterai rendah; dan pembatasan waktu dan jadwal demi mendorong penggunaan perangkat secara seimbang.

“AV-TEST menguji Kaspersky Safe Kids untuk keenam kalinya pada tahun 2021. Pengawasan Orang Tua oleh Kaspersky terus meningkat dalam evaluasi setiap tahunnya. Fitur perlindungan baru diperluas dan yang sudah ada semakin ditingkatkan. Ini memberikan perlindungan yang sangat komprehensif dan dapat memberi orang tua beberapa kepercayaan dalam membiarkan anak-anak mereka berselancar secara online, serta memberikan beberapa perlindungan di dunia offline,” kata David Walkiewicz, Director Test Research di AV-Test.

“Aplikasi pengawasan orang tua melakukan lebih dari sekadar memberikan pengalaman online yang aman untuk anak-anak dengan memungkinkan orang dewasa mengelola akses ke konten yang tidak pantas. Dengan bantuan aplikasi tersebut, orang tua juga dapat membangun hubungan sehat antara anak dengan gawai sesuai dengan yang mereka butuhkan, dan menetapkan kebiasaan tertentu. Kami sangat senang bahwa Kaspersky Safe Kids diakui karena menyediakan alat perlindungan yang komprehensif untuk anak-anak dan perangkatnya, serta meningkatkan kualitas kategorisasi situs web yang lebih luas,” komentar Marina Titova, Vice-President, Consumer Product Marketing di Kaspersky.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini