Ikuti 6 Cara Ini Agar OPPO A96 Nyaman Digunakan untuk Orang Tua

0
OPPO A98
OPPO A96 di Indonesia

Gadgetdiva.id — OPPO A96 dapat digunakan oleh siapa saja. Mulai dari pengguna yang berusia 16 tahun hingga 60 tahunan.

Ini artinya, OPPO A96 ramah digunakan oleh orang tua maupun lansia. Hanya saja terkadang tampilan dan menu smartphone terlalu rumit dan membingungkan bagi mereka.

Hingga membuat mereka kesulitan untuk mengingat bagian mana saja yang sudah kita ajarkan sebelumnya. Misalnya, saat mengirim pesan di WhatsApp, mencari kontak nama, melakukan panggilan video dan lainnya.

Solusinya adalah dengan menyeting tampilan ponselnya agar semakin mudah digunakan oleh mereka. Untuk melakukannya, Paradiva dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini sehinggaa mereka jadi merasa terbantu dan dapat berkomunikasi lebih lancar.

OPPO A96

Mengatur ukuran dan tampilan font

Mengatur ukuran dan tampilan font menjadi lebih besar dapat memudahkan mereka agar lebih nyaman saat mengoperasikan perangkat. Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk mengubah tampilannya menjadi lebih besar.

Untuk mengubah ukuran font menjadi lebih besar, masuk ke menu personalization – Font & Display Size pada OPPO A96. Namun, sebelum melakukannya, perlu bagi kita untuk mengetahui perbedaan antara font size dan display size.

OPPO A96

Font size adalah ukuran font atau huruf yang akan ditampilkan. Sementara, display size merupakan ukuran perbandingan huruf terhadap elemen layar yang lain seperti, ikon dan gambar.

Paradiva dapat mengatur ukuran font menjadi medium, large maupun very large melalui slide yang tersedia. Kamu dapat mengatur display size ke posisi very large agar tampilannya lebih terlihat.

Menggunakan dark mode

Tampilan kontras dan kentara terkadang dapat membuat pengguna yang lebih tua lebih mudah untuk membaca dan melihat layar. Hal ini dapat diterapkan saat mengubah tampilan layar menjadi mode Dark.

Untuk mengubah tampilan OPPO A96 jadi dark mode langkahnya dengan cara masuk ke menu Setting. Lalu, plilh Display, kemudian pilih opsi dark untuk mengubah tampilan menjadi lebih gelap.

OPPO A96
OPPO A96

Paradiva bisa mengaktifkan mode eye comfort pada menu yang sama. Matikan tampilan auto rotate sehingga mereka selalu menggunakan tampilan layar dalam posisi vertikal agar tidak bingung.

Mengelompokkan Kontak Keluarga

Agar orang tua mudah menelepon, sebaiknya taruh kontak anggota keluarga dalam kelompok favorit. Caranya dengan buka aplikasi Contact, tekan agak lama pada nama anggota keluarga yang kamu pilih. Setelah itu akan ada menu jendela pop up yang muncul. Lalu, pilih add to favorit.

Masukkan shortcut dan perbesar ikon

Paradiva dapat menempatkan aplikasi yang paling sering digunakan oleh orang tua ke halaman paling depan. Misalnya, aplikasi Whatsapp, telepon, pengingat sholat dan lainnya.

OPPO A96

Paradiva juga dapat perbesar ukuran ikon. Caranya dengan menekan layar di sembarang halaman homescreen yang kosong, kemudian pilih menu ikon. Atur melalui slide ke ukuran maksimal (paling kanan).

Nyalakan dan pastikan fitur Find my Device selalu aktif

Sering kali orang tua merasa lupa menaruh perangkat mereka. Untuk memudahkan pencarian, Paradiva bisa aktifkan menu find my device pada perangkat OPPO A96.

Sebelum mengaktifkannya, pastikan terlebih dahulu apakah opsi tersebut sudah ada pada perangkatmu. Jika belum, kamu harus menginstal aplikasi Find My Phone terlebih dahulu pada Google Play Store.

Untuk mengaktifkannya, Paradiva bisa melakukan beberapa langkah. Buka menu Settings, lalu pilih Security > Find my device. 

Mengaktifkan simple mode

Menjadi cara paling mudah dan umum untuk menyiapkan OPPO A96 agar dapat digunakan oleh orang tua. Simple mode dapat kamu akftifkan melalui menu.

Caranya adalah dengan memijlih home & lock screen, setelah itu pilih home screen mode. Baru setelahnya pilih simple mode. Melalui mode ini, OPPO A96 sudah menyiapkan tampilan yang sesuai untuk orang tua sehingga homesreen menjadi lebih besar dan mudah dilihat.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan