Efek buruk terhadap anak ketika diasuh oleh kakek-nenek

0
Penelitian orang tua

Diva says – Sebagai peran seorang kakek dan nenek ketika dititipkan untuk mengasuh cucu, tentu saja mereka akan melakukan apa saja agar si cucu dapat bermain dengan tenang. Namun terkadang cara yang dilakukan untuk memanjakan seorang cucu tidak sepenuhnya benar.

Sebuah studi baru menemukan, dengan memberikan seorang anak untuk bermain Gadget merupakan masalah dalam masyarakat yang terus berkembang. Tetapi untuk  mengurangi  waktu yang dihabiskan seorang anak untuk bermain Gadget merupakan hal sulit.

Menurut penelitian dari Rutgers University, sebagian dari kegiatan kakek dan nenek dalam memanjakan cucu-cucunya adalah dengan memberikannya Gadget yang biasanya digunakan untuk menonton YouTube.

Bahkan di era yang sudah modern ini, cara yang dianggap baik untuk memanjakan cucu mereka adalah dengan memberikan mereka waktu seperti menonton TV, menggunakan komputer, atau memberikan mereka tablet atau smartphone.

Tentu saja cara seperti itu baik tetapi akan menjadi tidak baik apabila mereka membiarkan seorang anak melakukan aktivitas tersebut dengan waktu yang lama.

Sayangnya, masih banyak kakek dan nenek yang membiarkan hal tersebut walaupun cucunya sudah mempunyai aturan atau batasan waktu yang diberikan dari orang tua mereka.

Para peneliti memfokuskan masalah ini sering terjadi pada anak berusia 2 – 7 Tahun yang diasuh oleh kakek dan neneknya, setidaknya setengah dari hari mereka dihabiskan untuk bermain game atau menonton video.

Dalam hal ini lebih banyak seorang kakek yang mengizinkan hal tersebut terjadi. Banyak juga dari kakek dan nenek yang tidak memperhatikan jam tidur siang cucunya padahal hal tersebut sangat penting untuk tumbuh kembang seorang anak dibandingkan dengan bermain game atau menonton film dan video.

Hal tersebut semata-mata mereka lakukan hanya demi kesenangan para cucunya dan kurangnya pengetahuan akan penggunaan Gadget juga memicu hal tersebut terjadi. Maka dari itu pentingnya edukasi untuk orang tua, nenek dan kakek, bahkan terhadap anak, akan hal pemakaian Gadget sangat diperlukan.

“ Kakek dan nenek memainkan peran yang sangat penting dalam membesarkan cucu mereka. Kita perlu mendidik mereka tentang dampak Gadget pada kehidupan anak-anak dan penggunaan yang tepat yang akan bermanfaat bagi kesejahteraan cucu mereka. “ ujar salah satu ilmuan.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan